Uniknya Rosario Dari Rusia

Jika anda merupakan seorang penganut agama Katolik, anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Rosario. Sebagai informasi, rosario sendiri merupakan sebuah alat bantu untuk menghitung jumlah doa salam maria layaknya sebuah tasbih yang sering digunakan oleh penganut agama lain untuk berdoa.

Namun, pernahkan anda mengamati lebih detail rosario yang ada saat ini? Jika belum, maka cobalah amati karena rosario sebenarnya memiliki banyak variasi bentuk dan jenis. Sebagai contoh, ada rosario yang berbentuk kalung, gelang, bahkan hingga gantungan seperti cincin.

Walaupun memiliki banyak variasi bentuk dan jenis, namun secara umum fungsi utama rosario tetaplah sama yaitu untuk membantu menghitung jumlah doa salam maria.

Ada hal menarik yang saya temui pada hari ini tentang rosario. Secara kebetulan, hari ini saya baru saja diberi oleh-oleh sebuah gelang rosario dari seseorang yang sempat pergi ke Rusia.

Saat pertama kali sama melihat gelang rosario yang diberikan, sama bertanya-tanya karena bentuknya agak sedikit berbeda dengan yang pernah saya lihat dan temukan di Indonesia.

Rosario Rusia

Berikut ini 2 bagian yang berbeda dari gelang rosario tersebut.

  • Jumlah manik-manik yang ada di dekat Salib hanya terdapat satu buah. Padahal pada umumnya jumlah manik-manik yang ada di dekat Salib terdiri dari 5 buah.

Rosario Rusia

  • Bukan Gambar Bunda Maria yang ada di rosario, melainkan seperti gambar Yesus yang digendong oleh Santo Yusuf (untuk gambar ini saya hanya menduga).

Rosario Rusia

Dari keunikan tersebut saya menjadi bertanya-tanya tentang Rosario ini. Kenapa ada perbedaan seperti itu? Cara penggunaannya bagaimana?

Jika biasanya setelah salib (Doa Aku Percaya) dilanjutkan dengan Doa Kemulian dan Terpujilah lalu Doa Bapa Kami dan Tiga kali Salam Maria serta dilanjutkan kembali dengan Doa Kemulian dan Terpujilah lalu Doa Bapa Kami, terus jika pada rosario yang baru saja saya dapat doa tersebut bagaimana?

Mungkin sampai sekarang pertanyaan tersebut masih menjadi pertanyaan pribadi saya. Namun demikian saya sekarang menjadi lebih tahu, jika rosario itu terdiri dari banyak macam jenis dan variasi bentuk.

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply