Tips Memilih Mesin Cuci Piring Yang Berkualitas

Penggunaan mesin cuci piring di Indonesia memang masih sangat jarang. Namun, mesin canggih ini bisa menjadi alternatif jitu buat kamu yang disibukkan dengan rutinitas pekerjaan dan tak punya cukup waktu untuk melakukan pekerjaan rumah yang wajib ini.

Mesin Cuci Piring

Mesin Cuci Piring

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan mesin ini diantaranya dapat menghemat waktu, hemat air, dan lebih higienis karena tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Selain itu, cara kerja mesin cuci piring ini pun cukup mudah dan tidak ribet. Hal ini memungkinkan kamu untuk mencuci piring sesuai waktu luang yang kamu punya. Kamu pun tak perlu ambil pusing untuk masalah perawatannya.

Nah, buat kamu yang punya rencana membeli mesin cuci piring ini, beberapa tips memilih mesin cuci piring di bawah ini bisa anda jadikan panduan agar terhindar dari kualitas mesin cuci piring yang abal-abal.

Kenali jenis mesin cuci piring

Ada 3 jenis mesin cuci piring yang dijual di pasaran, yaitu:

  • Portable dishwaser

Mesin cuci piring yang satu ini sangat fleksibel, bisa dipindah dan ditempatkan dimanapun.

 

  • Countertop dishwasher

Jenis ini memiliki ukuran kecil, dan recommended banget buat dapur ukuran mungil.

  • Built-in dishwasher

Alat cuci piring ini pemasangannya bersifat permanen, jadi tidak bisa dipindah.

Ukuran

Tips memilih mesin cuci piring ini wajib kamu perhatikan. Pilihlah ukuran mesin cuci piring yang sesuai dengan ukuran dapur dan jumlah keluarga kamu. sebagai referensi kamu bisa membeli mesin ukuran 18 inci yang ideal untuk keluarga berjumlah tiga orang atau ukuran 24 inci yang bisa memuat 14 piring.

Perputaran mesin cuci

Semakin cepat mesin berputar, semakin cepat pula proses pencucian piring dikerjakan. Normalnya, kita membutuhkan waktu sekitar 80-100 menit. Waktu rotasi ini disesuaikan dengan kemampuan rotasi mesin cuci piring itu sendiri.

Perhatikan material mesin cuci

Dishwasher yang terbuat dari bahan besi stainless sesuai untuk rumah dengan kadar air alkali yang tinggi. Sedangkan untuk kualitas air yang standar, mesin cuci piring dari bahan plastik adalah solusinya. Dishwasher dengan bahan ini juga mudah untuk dibersihkan.

Hindari mesin cuci piring yang berisik

Untuk mengetahui kadar polusi suara yang ditimbulkan dari dishwaser, kamu bisa melihat spesifikasi pada bagian mesin atau buku panduannya. Usahakan untuk memilih mesin di bawah 44 desibel. Mesin cuci piring yang berisik akan mengganggu aktifitas kamu.

Demikian beberapa tips memilih mesin cuci piring yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply