Semua Agama Itu Baik dan Indah

Pernah ga kamu mengalami kejadian dimana salah satu anggota keluarga kita pindah agama? Atau mungkin teman atau sahabat kita pindah agama?

Kali ini saya hanya ingin bercerita tentang pandangan saya pribadi terkait masalah pindah agama. Walaupun pandangan saya ini dangkal, namun saya rasa cukup menarik. Ya menarik, karena ketika kita berbicara mengenai agama di Indonesia semuanya menjadi sangat sensitif. Hehe..

Oke, kembali ke pertanyaan awal. Saya pernah mengalami keduanya, baik dari sisi keluarga maupun dari sisi teman. Jika kamu mengalami apa yang saya alami tersebut, kira-kira bagaimana respon dan perasaan kamu?

Kalo saya sendiri pastinya merasa sedih dan sedikit menyayangkan keputusan yang diambil oleh mereka. Namun, setelah merasa sedih dan menyayangkan keputusan yang telah diambil, kita mau apa?

Pertanyaan terakhir ini sepertinya cukup menarik bagi saya. Kenapa bisa menarik? Karena bagi saya keputusan yang telah diambil seseorang itu tidak tergantung pada diri kita. Saya sendiri cukup yakin, keputusan yang diambil anggota keluarga maupun teman atau sahabat kita tentang pilihannya pindah agama telah dipikirkan matang-matang dan sesuai dengan suara hatinya.

So, kenapa kita harus mengomentari dan ikut campur dengan keputusan yang sangat personal pada seseorang?

Sejauh pengetahuan saya, Indonesia terdiri dari beragam agama dan juga aliran kepercayaan. Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Kong Hu Cu merupakan agama yang ada di Negara ini. Selain itu bahkan masih ada aliran kepercayaan seperti Kejawen, Animisme dan Dinamisne.

Banyaknya agama dan aliran kepercayaan itu seringkali memunculkan pertanyaan tentang agama dan aliran kepercayaan mana yang paling baik. Lagi-lagi pertanyaan itu menjadi salah satu pertanyaan yang sangat sensitif bagi saya pribadi.

Saya melihat Indonesia itu aneh. Saat ini banyak kelompok yang berkedok dan mengatasnamakan Agama untuk mencari keuntungan semata. Mayoritas kadang menganggap jika agamanya paling baik, minoritas pun seringkali menganggap hal yang sama.

Karena semua berangapan jika agamanya paling baik, maka sering kali timbul konflik berbau agama. Menurut pandangan saya, semua agama itu baik. Semua ajaran yang diberikan oleh agama itu baik.

Perbedaan soal cara pandang dan keyakinan pribadi seharusnya bukan menjadi pemicu konflik, namun seharusnya menjadi warna dan sesuatu yang indah bagi kita.

Semoga sedikit pandangan saya ini bisa membuat kita semakin rukun dan dapat tetap hidup berdampingan tanpa memandang agama yang dianut.

Come on, back to nature.. back to “BHINEKKA TUNGGAL IKA”. because we are Indonesia.

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply