[L13minStory] – Sedikit pandangan q tentang Fatwa..

Fatwa??
Apa sech sebenerna fatwa itu?!? Kenapa beberapa tahun ini ‘fatwa’ seakan-akan jadi artis ngetop.. Hehe..

Sebenerna aq tulis ini tuch karena benar-benar bingung dan sedikit gundah dengan kata ‘fatwa’..
Aq ngelihat dan merasa kata ‘fatwa’ itu terdengar begitu menakutkan..

Aq memang seorang nasrani yang kurang paham mengenai ‘fatwa’,. Dan aq sendiri sering bertanya-tanya dalam diri q sendiri : ‘sebenerna kalo buat pemeluk nasrani,fatwa itu ada ga ya?? Benar-benar berpengaruh terhadap suatu negara ga y?’ *itu hanya sekedar pertanyaan pribadi*

Ya,mungkin pertanyaan q di atas bermula dari kebingungan q terhadap fatwa..
Kebingungan q mengenai fatwa ada beberapa hal :

Kenapa fatwa bisa menjadi suatu yang terlihat superior??
Artinya : fatwa bisa mengendalikan orang di suatu negara..

Apakah fatwa itu hanya merupakan bentuk ketakutan semata??
Artinya : suatu lembaga mengeluarkan fatwa karena takut masyarakat na banyak berbuat dosa/perbuatan haram..
Ini cukup menarik dan menimbulkan pertanyaan pribadi kembali : ‘manusia mana yang suci ‘n tidak pernah berbuat dosa?’ apakah orang-orang yang ada di lembaga yang mengeluarkan fatwa itu benar-benar telah menjalankan apa yang akan ditetapkan sebagai fatwa??
Contoh : pada pengeluaran fatwa haram rokok.. Apakah seluruh anggota lembaga yang mengeluarkan fatwa,benar2 sudah tidak merokok?? Atau pada kasus fatwa haram facebook.. Fatwa haram rebonding, foto pre wedding..

Semuanya terasa sedikit janggal dan terasa lebih memaksakan sesuatu yang di anggap baik bagi 1 pihak,tanpa melihat pihak lain..

Puncak kegundahan q ada pada pemikiran :
‘apakah fatwa itu hanya untuk orang yang beragama muslim,atau bagi semua pemeluk agama di indonesia?’
Mungkin itu yang belum aq tau jawabannya.. Jika akhirnya fatwa itu berlaku bagi semua orang di indonesia,berarti aq pikir itu akan menjadi kiamat buat bangsa indonesia,karena BHINEKA TUNGGAL IKA benar-benar telah hilang dari negara indonesia..

Mungkin ini hanya sedikit pertanyaan,pemikiran dan perasaan gundah q melihat kejadian yang sedang terjadi d negara qta ini..

3 Responses

  1. author

    miphz7 years ago

    Makan ayam goreng halal atau haram? Tentulah belum tentu, karena jika ayam curian, ya haram. Kalau seseorang mentraktir makan ayam goreng sementara teman yang ditraktirnya hanya dikasih makan tempe, lain lagi hukumnya. Makan ayam goreng secara demonstratif di depan orang berpuasa malah bisa haram, bisa makruh, bisa sunnah. Haram karena menghina orang beribadah. Makruh karena bikin ngiri orang berpuasa. Sunnah karena ia berjasa menguji kesabaran orang berpuasa.Mari kita lebih membumi di dunia yang sementara ini. 😉

    Reply
    • author
      Author

      lieminblog7 years ago

      hahaha…. Semuanya memang kembali ke pikiran dan hati masing-masing… hehe

      Reply
  2. author

    Julius6 years ago

    itu memang sulit,dan kalau dibahas jadi puanjang, tidak perlu gundah masih banyak yg perlu dipikirkan,seperti yg ini koneksi up 156 kbps dapetnya cuma 30 kbps, capek nungguin monitor. ini sdh menyita sebagian pemikiran. gimana ha ha ha hhhhhh

    Reply

Leave a Reply