Entah mengapa saya merasa jika hari ini (1/6/2017) merupakan hari yang cukup spesial bagi Indonesia. Spesial karena menurut saya jarang-jarang peringatan hari Lahir Pancasila terasa seperti HUT RI tanggal 17 Agustus.

Banyak hal yang cukup menarik dari peringatan hari lahirnya Pancasila tahun 2017.

Pertama..

Hari ini, Pancasila tiba-tiba terasa hidup kembali setelah sekian lama tertidur. Ya, tertidur karena gaung dari Pancasila terasa hilang selama bertahun-tahun hingga akhirnya Jokowi datang sebagai Presiden RI yang ke-7.

Kenapa begitu?

Apakah kamu merasa jika penanaman nilai Pancasila tidak seperti masih dalam masa Orde Baru di bawah pemerintahan Presiden Soeharto? Jika ia, maka kamu pasti bisa merasakan apa yang saya rasakan.

Saya ingat betul ketika saya masih SD hingga SMP, upacara bendera hari senin itu merupakan hal yang wajib ada di setiap sekolah. Sekarang?? boro-boro upacara bendera, banyak sekolah yang masuknya saja siang. (siang itu lebih dari jam 7 ya)

Jujur, bagi saya Upacara bendera setiap hari senin dan hari penting di Indonesia yang dulu saya alami benar-benar membuat saya merasa jika PANCASILA itu memang sesuatu yang penting. Dengan upacara bendera setiap hari senin itu pula saya selalu ingat 5 sila yang ada pada PANCASILA hingga kini. Jadi kalau ada kuis dari pakde Jokowi soal PANCASILA, pasti saya sudah pulang bawa sepeda. hehe.

Miris memang, ketika kita yang mengaku bangsa Indonesia tapi PANCASILA saja tidak hapal. Come on guys, PANCASILA itu ideologi dasar negara Indonesia. Lihat pada tahun 1960 ketika Presiden Soekarno dengan lantang menyerukan PANCASILA dalam sidang umum PBB, bagaimana reaksi dari orang-orang yang hadir di sana?

 

Fakta lapangan yang ada beberapa tahun belakangan benar-benar membuat saya heran dan bertanya-tanya, khususnya perihal kenapa upacara bendera hari senin jarang dilaksanakan di sekolah-sekolah. Tapi sudahlah, saya juga tidak meminta jawaban dari para pemimpin yang berwenang pada saat itu. Karena saya juga menyadari jika setiap perubahan pimpinan maka berubah pula aturan yang ada.

Oke, saya lanjut ke pernyataan sebelumnya dimana saya mengatakan jika Pancasila kembali hidup di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Beberapa hal telah membuat PANCASILA yang tertidur kembali terbangun berkat Presiden Jokowi.

Pertama, Presiden Jokowi pada tahun 2016 menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati hari lahirnya Pancasila. Alasannya apa?? bisa di cari sendiri di Google ya, banyak sekali referensi dan sumber beritanya.

Kedua, Karena telah ditetapkan sebagai libur nasional, Presiden Jokowi juga mewajibkan Upacara Bendera setiap tanggal 1 Juni. (nah, himbauan wajib untuk upacara sudah kembali lagi walaupun belum bisa dilaksanakan setiap hari senin. hehe)

Ketiga, Presiden Jokowi sering kali menjadikan Pancasila sebagai kuis kepada warga di daerah-daerah yang dikunjunginya. Tidak jarang masih banyak yang tidak mengetahui isi dari Pancasila. Cara ini saya rasa menjadi salah satu cara yang cerdik untuk kembali mengingatkan rakyat Indonesia kepada Pancasila.

Mungkin masih banyak hal lain yang telah diperbuat oleh Presiden Jokowi untuk kembali menghidupkan Pancasila, namun saya merasa tiga hal di atas sudah dapat mewakili yang lainnya.

***

Kedua…

Tagar Saya Indonesia, Saya Pancasila (#SayaIndonesiaSayaPancasila) memenuhi sosial media dan menjadi Trending Topik hari ini benar-benar membuat bulu kuduk saya sempat merinding.

Di tengah isu SARA, Radikalisme dan Terorisme yang tengah merajalela di Indonesia ternyata banyak sekali teman saya di Sosial Media baik Facebook, Instagram, maupun Twitter yang mengubah Profile Picture ataupun mengunggah foto mereka dengan tulisan “Saya Indonesia, Saya Pancasila” seperti yang diunggah pada situs presidenri.go.id. Benar-benar menunjukkan mayoritas rakyat Indonesia Nasionalis ditengah isu SARA, radikalisme dan terorisme yang sedang panas.

Saya Indonesia, Saya Pancasila

Sumber : presidenri.go.id

Tidak cuma mengunggah foto dengan tulisan Saya Indonesia, Saya Pancasila, banyak pula yang mengunggah dan menshare hal-hal yang berkaitan dengan Pancasila seperti lambang Pancasila, Isi Pancasila, hingga butir-butir nilai Pancasila. Bahkan banyak daerah yang mengadakan kegiatan khusus untuk memperingati hari lahirnya Pancasila tahun ini.

Selain itu video terkait dengan Pancasila pun banyak yang beredar di sosial media hari ini. Namun jujur saya paling kagum dengan video dari Presiden Jokowi seperti terlihat di bawah ini.

Pada video diatas Presiden Jokowi secara tegas mengatakan jika “Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran darah dan detak jantung kita. “

Ya, memang begitu seharusnya karena Pancasila merupakan dasar negara Indonesia.

Jadi jangan pernah mencoba untuk merubah Pancasila yang ideologi dasar negara dengan ideologi lain karena tidak akan pernah cocok dengan Indonesia dan pastinya akan mendapatkan perlawanan dari pemerintah Indonesia.

Masih butuh bukti dan fakta jika usaha untuk mengubah Ideologi selain Pancasila akan mendapatkan perlawanan dari Pemerintah?

Masih ingat waktu jaman pemberontakan DI/TII dan rencana pembentukan NII (Negara Islam Indonesia) di Indonesia? Kalau belum ingat, mungkin lebih mudah untuk mengingat nama Kartosoewirjo. Ya, salah seorang yang kecewa kepada pemerintah Indonesia era Presiden Soekarno yang akhirnya memproklamirkan Negara Islam Indonesia pada tahun 1949, tepatnya 7 Agustus 1949.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia saat itu? Pemerintah Indonesia pada saat itu langsung bereaksi dengan menjalankan operasi untuk menangkap dan menghukum mati Kartosoewirjo.

Please guys.. Jangan pernah berfikiran untuk mengganti Pancasila dengan Ideologi lain sebagai dasar negara. Walaupun negara kita mayoritas beragama Muslim, tapi ingatlah jika Indonesia itu memiliki 6 agama yang diakui. Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu itulah Agama di Indonesia.

Kita itu besar karena keberagaman dan Bhineka Tunggal Ika. Jangan pernah pisahkan kita dengan sahabat dan kerabat hanya karena kita beda pandangan dan kepercayaan. Kita di sini semua sama dan memiliki hak yang sama.

Overall… it’s very amazing day.

Saya Indonesia, Saya Pancasila. Selamat hari lahir Pancasila. Jayalah Indonesia.

 

error: Content is protected !!