Pulsa Ponsel Tiba-Tiba Habis, Waspadai SMS Dari 99555 Dan 99520

Ceritanya bermula tadi pagi, Kamis (3/12/2015) sekitar pukul 09.00 WIB. Saya yang merasa baru kemarin malam sekitar pukuk 20.00 WIB mengisi pulsa di minimarket warna merah samping rumah, mencoba untuk SMS percetakan untuk menanyakan status Banner yang sedang saya pesan.

Oh.. no.. ketika saya send SMS, pesan di ponsel saya tiba-tiba ada tulisan “Can’t send Message Try Again“.

Merasa aneh dan curiga, saya langsung cek pulsa dengan menekan *555#. Eh, ga bisa. Rupanya sejak Indosat ganti nama dan brand menjadi Indosat Ooredoo, cara cek pulsa semua dialihkan ke *123#.

Setelah saya cek, rupanya pulsa saya tidak cukup untuk kirim SMS. Makin aneh dan curiga karena merasa baru isi pulsa dan belum dipakai sama sekali. Saya cek list SMS, rupanya saya kedatangan dua tamu tidak diundang setelah report pengisian pulsa kemarin malam yang telah berhasil.

Ya, dua tamu tidak diundang tersebut adalah SMS dari nomor 99250 dan 99555. Kedua nomor tersebut rupanya memang telah menjadi alat “Sedot Pulsa” dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Isi SMSnya seperti ini :

99250

Thx. Gadis Sexy di KONTEN CLUB dr PT.Andalabs, tarif Rp.8800/sms. Ayo klik http://blablaba utk unduh (tarif data berlaku). CS:*123*44*70#

99555

CS:0215764122 / hub *123*44#
TX tlh mbeli konten NEO Rp11,000, download konten klik: http//blablabla (Tarif GPRS berlaku) bukan pelanggan

Nah, karena curiga dengan dua tamu tidak diundang itu, maka saya langsung googling. Jreng..jreng..jreng.. rupanya banyak kasus serupa dan bukan cuma di provider yang saya gunakan saja.

Semakin penasaran, semakin spesifik juga saya cari info terkait kedua nomor tamu tak diundang tersebut. Akhirnya ketemu info dari forum icity Indosat ooredoo. Di forum tersebut rupanya ada yang membahas masalah yang sama dan juga balasan dari CS Indosat yang memberikan solusi dan langkah menyelesaikannya.

Judul Forumnya : pencurian pulsa oleh 99555,99155,99250,99774.
Rupanya ga cuma dua nomor tak diundang di ponsel saya yang suka curi pulsa, tapi masih ada nomor lainnya juga.

Dalam forum itu juga ada yang mengatakan jika untuk menghentikannya kita dapat menggunakan cara berikut :

Bisa melalui *726#
Atau
Cek semua layanan terlebih dahulu : ketik STATUS kirim SMS ke 726 (gratis)
Lalu..
* Stop semua layanan : ketik STOP kirim SMS ke 726 (gratis)
* Stop layanan i-Ring, caranya : ketik STOP kirim SMS ke 808
* Pengaduan SMS penipuan:
ketik SMS(spasi)Nomor Pengirim(spasi)SMS Penipuan kirim ke 726

Jika tetap tidak bisa bisa PM CS indosat di iCity, atau hubungi cs indosat via call, atau juga bisa mention @indosatmania/@indosatcare via twitter.

Karena kebetulan memang lagi ga ada pulsa, ya saya coba yang gratis. haha.

Setelah saya cek, rupanya saya tidak tergabung dalam layanan berlangganan apapun. Ah, masih belum bisa percaya dan sedikit ada perasaan “parno”, akhirnya waktu jam istirahat kerja saya langsung meluncur ke Griya indosat Yogyakarta yang ada di Jl. Jendral Sudirman, dekat Tugu Jogja.

Sampai di Griya, perjuangan berlanjut… Ya Gimana ga berlanjut, harus tunggu sekitar 40 orang untuk bisa ketemu sama mbak CS. wkwk..

Dengan penuh kesabaran dan niat tulus nan suci ini, akhirnya saya menunggu sambil ngegame hingga akhirnya nomor antrian saya dipanggil mbak CS yang namanya Shinta.Wkwk..

Ga panjang lebar, saya langsung minta mbak CS mengecek status nomor HP saya dari segala tamu tidak diundang. Mbak CS langsung bilang, banyak kejadian seperti yang saya alami dan akhirnya nomor-nomor maling pulsa tersebut saat ini di Blacklist untuk melindungi nomor saya pastinya.

Walaupun sudah di blacklist, mbak CS tetap mengingatkan jika masih ada kemungkinan akan mengalami hal serupa karena pihak ketiga alias oknum maling pulsa tersebut pasti punya cara lain untuk tetap melakukan aksinya.

Dan akhirnya, Mbak CS lupa kasih solusi kalo kejadian serupa datang lagi. Wkwk.. Rapopo lah, nanti kalo kena masalah sama lagi, mbak CS tak SMS live aja lah.. Siapa suruh kasih nomor HPnya ke saya, kan saya ga minta. :p

Pesan dan pelajaran penting yang saya tangkap dari kasus saya ini untuk semua yang mengalami kasus serupa :

Jangan ketik UNREG ketika SMS itu masuk ke ponsel kita. Walaupun ada perintah UNREG, namun sebenarnya itu merupakan cara oknum maling pulsa untuk membuat status kita menjadi REG.

Jika mau aman dan pasti, langsung saja datang ke Griya dan jelaskan masalahnya. Mbak-mbak CS pasti bantu dengan senyum koq.. wkwk.

Tags:

Leave a Reply