Prosesi Agung HUT Gereja HTKY Ganjuran – 28062015

Hari ini saya mau sedikit cerita tentang acara yang saya dan keluarga ikuti saat kebetulan sedang berada di rumah Simbah hari Sabtu dan Minggu kemarin.

Berhubung saya dan keluarga seorang Kristiani, maka sudah wajar jika kami pergi ke gereja pada hari Minggu. Hari minggu tanggal 28 Juni 2015 sepertinya menjadi hari minggu yang cukup spesial bagi kami.

Bukan hanya karena kami kebetulan sedang berada di Bantul, hari Minggu kemarin kami diperbolehkan untuk pergi ke Gereja HTKY Ganjuran untuk mengikuti acara Prosesi Agung HUT Gereja HTKY ke-91.

Acara Prosesi Agung di gereja HTKY sendiri merupakan acara rutin tahunan, dimana acara ini merupakan acara puncak dari rangkaian acara yang telah diadakan sebelumnya dalam memperingati HUT Gereja.

Dalam acara Prosesi Agung ini ada beberapa hal yang tidak biasa dan jarang ditemukan di gereja lainnya. Selain acara dilaksanakan di pelataran candi yang ada di dalam komplek gereja, prosesi agung ini juga dilaksanakan secara tradisional dengan menggunakan pakaian adat Jawa, dipimpin oleh lebih dari 10 orang Romo dan diakhiri dengan acara grebeg gunungan layaknya acara yang biasa dilakukan di Kraton.

Gunungan yang ada dalam acara prosesi agung ini juga bermacam-macam dan jumlahnya cukup banyak. Saya sendiri melihat ada gunungan yang berisi persembahan seperti alat doa, makanan, serta hasil panen seperti salak, padi, palawija.

Seperti acara grebeg yang ada di Kraton, semua gunungan tersebut juga menjadi rebutan pada akhir acara. Masyarakat menilai dan beranggapan jika gunungan tersebut akan membawa berkah bagi yang memperolehnya.

Sangat beruntung rasanya saya bisa kembali mengikuti acara besar dari Gereja yang menjadi tempat pengkukuhan saya sebagai seorang Katolik. Semoga suatu saat nanti saya dan keluarga dapat kembali diberi kesempatan untuk mengikuti acara prosesi agung ini.

Berikut ini ada sedikit hasil dokumentasi dari acara prosesi agung HUT Gereja HTKY Ganjuran yang saya abadikan.

Silahkan lihat di ALBUM FOTO FACEBOOK

Tags:

Leave a Reply