Project Loon – Project Balon Udara dari Google

Google Project Loon

Sudah tahukah anda tentang Project Loon??

Project Loon merupakan salah satu project terbaru dari Google untuk mengatasi penyebaran akses internet di seluruh dunia yang masih belum merata. Google melihat salah satu kendala terbesar yang menghalangi penyebaran internet adalah maslah geografis yang menyulitkan infrastruktur, seperti hutan, gunung maupun pulau-pulau kecil yang sulit diakses.

Ide dari Google melalui project loon ini adalah menyebarkan koneksi internet menggunakan balon udara (baloon). Mas Kris mendapat informasi dari AllThingsD, balon-balon udara tersebut rencananya akan dilengkapi oleh peralatan elektronik bertenaga surya dan diterbangkan ke lapisan stratosfer pada ketinggian 20 KM, tapi masih berada jauh di bawah jalur orbit satelit.

Rencananya, balon-balon tersebut akan terhubung ke menara ISP (internet service provider) di darat. Rich DeVaul, sebagai kepala Arsitek Bidang teknis Project Loon ini mengatakan bahwa pada intinya, melalui project loon ini google mencoba menciptakan jaringan di langit.

Berikut sedikit video mengenai Project Loon :

Dari video di atas kita dapat melihat betapa hebatnya inovasi dan ide dari google.

Dalam blog resminya, google mengatakan¬†bahwa setiap balon Project Loon bisa memberikan koneksi internet wireless pada area dengan diameter 40 KM dan kecepatan transfer data yang dihasilkan disebut bisa setara dengan “koneksi 3G”. Balon-balon udara tersebut tidak menggunakan bahan bakar karena menggunakan panel surya. Untuk mengendalikan balon udara tersebut, google menggunakan sebuah program dengan algoritma khusus yang membuat balon dapat dikendalikan secara otomatis, dan balon dapat naik tutun mengikuti arah hembusan angin di lapisan stratosfer yang berbeda. Sungguh ide yang hebat.

Mari kita nantikan kelanjutan dari project Loon ini.

Tags:

Leave a Reply