Pengalaman memilih tempat kursus di Yogyakarta

kursusHari ini saya mau cerita-cerita aja tentang pengalaman memilih tempat kursus di yogyakarta.

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja ke ceritanya.. hehe..

Beberapa bulan lalu saya sempat diminta oleh atasan saya untuk memilih tempat kursus. Saya sendiri bingung harus memilih di mana, karena kebetulan saya belum lama pindah ke Yogyakarta. Selain bingung memilih harus kursus di mana, saya juga cukup kebingungan memilih materi kursus apa yang harus saya ambil.

Saya bertanya kepada teman kerja saya mengenai anggaran untuk kursus, kursus apa yang sebaiknya saya ambil untuk mendukung kerja saya dan tempat mana saja yang pernah melakukan kerja sama dengan instansi yang saya tempati sekarang. Teman kerja saya memberikan beberapa info tempat kursus dan mengusulkan agar saya mendalami desain, multimedia dan editing video. Selain itu, atasan saya sendiri mengusulkan agar saya lebih dapat mendalami tentang moodle. Berikut ini beberapa tempat kursus yang akhirnya saya cari tahu informasinya  :

Sedikit ulasan dan pendapat saya mengenai ketiga tempat kursus di atas :

Inixindo jogja

Menurut saya, ini tempat terbaik diantara tempat 2 tempat kursus lain yang saya cari informasinya.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, pengajar/tutor dari inixindo jogja cukup baik dalam memberikan materi sesuai dengan kompetensi bidangnya. Terkadang mengundang pengajar dari inixindo jakarta.

Saya tidak mengambil kursus di tempat ini. hehe..

Alasannya :

  • Anggarannya tidak cukup. (wkwkwk)
  • Tidak ada Materi yang diinginkan seperti desain, multimedia, editing video, dan moodle tidak tersedia dalam semester ini.

Kesimpulan :

Tempat kursus IT yang saya rekomendasikan. namun siapkan biaya yang cukup. Karena cukup lumayan biaya yang harus di keluarkan, namun kalo ikut istilah sech kaya gini. “ada uang ada barang, ono rego ono rupo“. Sebanding lah.

 Bugs Training Center

Untuk Bugs Training Center (BTC) sendiri saya mendapatkan informasi langsung dari teman satu ruangan saya, di mana teman yang bersangkutan pernah kursus macromedia flash di sana.

Menurut teman saya, disana cukup baik dan keuntungannya dapat private (secara khusus) dan bersedia di undang ke instansi kami.

Setelah mencari informasi secara langsung ke Bugs Training Center, baik melalui telepon maupun langsung ke lokasi, akhirnya saya mengambil kursus e-learning moodle. (Walaupun dengan sedikit ragu, apa pengajarnya lebih mengerti tentang moodle daripada saya. hehe.. dan apakah yang diajarkan di moodle dapat sesuai harapan saya. Karena saya sendiri sudah terbiasa menggunakan moodle, hanya ingin mengetahui lebih dalam secara langsung mengenai aktivitas pada kursus moodle)

Sedikit Cerita mengenai pengalaman saya kursus di BTC (Bugs Training Center)

Lokasi Tempat ada di Ruko Cakra Kembang (jalan kaliurang depan Natasha Skin Care), Sebelum saya kursus saya menanyakan kepada CSnya mengenai silabus yang akan diajarkan mengenai moodle. Setelah cocok, akhirnya saya langsung bayar dengan biaya 1.200.000 untuk 12 kali pertemuan. Dengan jadwal 3x seminggu (selasa, rabu dan jumat)

Pertemuan pertama saya pada tanggal 19 November. Pengajar moodle saya bernama Yohanes Rifai. Karena penasaran dengan instruktur saya, saya mencari tahu di website BTC sendiri, dan saya menemukan jawabannya. Saya sendiri cukup terkejut dengan info yang saya dapatkan.. Instruktur saya pendidikannya D1. (dalam hati saya bertanya, apakah benar-benar mampu mengajarkan sesuai dengan yang saya harapkan).

Setelah berjalan beberapa pertemuan, hasil pertemuan dan evaluasi saya pribadi tentang kursus di BTC mengenai moodle ini adalah BURUK. hahaha.. Sorry saya katakan seperti ini, karena ini hanya evaluasi pribadi dan apa yang saya rasakan ketika saya menikuti pelatihan.  Kenapa saya bilang buruk??

  1. Pengajar kurang kompeten menurut saya  (terlalu banyak di tinggal mainan ponsel dan sibuk sendiri di komputer belakang saya)
  2. Menjelaskan banyak yang salah menurut saya, kesannya sok tau tapi salah. (secara pengertian informasi yang ada di moodle)
  3. Kurang bisa berinteraksi dengan peserta kursus. Suasana menjadi garing dan kurang menarik.

Kesimpulan :

Saya tidak mendapatkan ilmu lebih dari kursus moodle di sini. Hehe..  Gapapa lah.. itung-itung ngisi waktu dan menunaikan tugas negara. hehe

Fastnetgama

Untuk Fastnetgama saya mendapatkan informasi dari google. SEO nya lumayan nech kayanya. wkwkwk. Tapi kualitas kursusnya gimana ya?? haha. Karena akhirnya saya mengambil kelas design dan multimedia di sini selama 1 semester. wkwkwk.

Alasan saya mengambil disini :

  • Coba-coba karena penasaran
  • Anggaran biaya masuk (malah kesannya terlalu murah)

Saya akan ulas sedikit mengenai pengalaman saya kursus disini.

Lokasi Fastnetgama sendiri ada di selatan Apotek Gajah Mada, tepat di ujung pertigaan bersandingan dengan warnet.

Waktu kursus di fastnetgama selama 1 semester 1 minggu 3x pertemuan (selasa,kamis,sabtu)

Pertemuan Design dan multimedia di mulai dengan pelatihan office. wkwkwk. katanya sudah sepaket. (nggo opo jal?? ra nyambung to). Oke lah kalo memang sudah aturannnya seperti itu.

Pelayanan CS dan karyawan di sini saya katakan kurang, kenapa?? Setiap jika saya datang, lampu ruangan tidak dinyalakan, kemudian Instruktur sendiri datangnya selalu telat dan sering mengubah jadwal. Instrukturnya bernama Mas Arif (entah CV nya seperti apa, sepertinya seorang parttimer) . haha..

Dari awal saja, kesannya sudah tidak baik, selanjutnya gimana ya?? ya gitu dech.. (ra sah diomongke) wkwkwk.

Kesimpulan :

Harga boleh murah, namun kualitas dan fasilitas juga sebanding. Pengajar yang saya dapatkan kurang dapat menjelaskan materi (gawe soal we sok salah).

Mungkin itu sedikit pengalaman saya memilih tempat kursus di Yogyakarta. Semoga dapat membantu memberikan informasi kepada teman-teman lain yang akan mencari tempat kursus komputer di wilayah Yogyakarta. 😀

Tags:

4 Responses

  1. author

    tomi3 years ago

    lah trus akhirnya kursus dimana masbro?

    Reply
    • author
      Author

      L13min3 years ago

      Wah mas nya ga baca sampai selesai nech.. wkwkwk… Aq jadinya di BTC ma Fastnetgama.. Cuma formalitas wae lah.. ilmune mbuh kie…

      Reply
  2. author

    Hanif Mahaldi3 years ago

    wah, padahal mau ikut fastnet, harga selangit tapi kalau ternyata kurang pas rasanya ya buang2 waktu dan uang. 😀

    Reply
    • author
      Author

      L13min3 years ago

      Mungkin itu tergantung dengan pengajarnya mas. Karena pengalaman saya hingga saat ini untuk pelatihan Microsoft Office, saya lebih banyak memperbaiki apa yang diajarkan oleh instruktur. Dua kali UJIAN Microsoft Access dan Microsft Exel (semua soal saya perbaiki dan saya kritik karena soal ujian yang dibuat salah). Bukan mau merasa lebih hebat, tapi saya kasihan dengan teman-teman lain yang membayar kursus dengan harga mahal, namun yang didapatkan bukan sesuatu yang benar.

      Reply

Leave a Reply