Pekan Suci

Mengenang Sengsara Yesus Dalam Satu Minggu

Sekilas Tentang Masa Prapaskah dan Pekan Suci

Jika sebelumnya saya pernah menuliskan artikel mengenai masa prapaskah, maka artikel kali ini merupakan kelanjutan dari apa yang pernah saya tuliskan sebelumnya.

Kenapa?

Ya, karena pekan suci merupakan salah satu bagian dari masa prapaskah yang dijalani oleh umat katolik.

Sebelumnya, saya telah menulis jika pada masa prapaskah terdapat beberapa hari penting seperti hari Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, hingga Sabtu Suci.

Jika hari Rabu Abu merupakan hari yang menandakan awal dari masa prapaskah yang juga masa puasa dan pantang selama 40 hari yang dijalani oleh umat Katolik, maka pada pekan suci akan diawali dengan hari Minggu Palma.

Terus yang dimaksud Pekan Suci itu apa?

Menurut saya yang seorang Katolik yang masih kurang taat ini, Pekan Suci merupakan minggu yang cukup kelam. Pada minggu ini, kita diajak untuk mengenang kembali sengsara Yesus sebelum Dia wafat di kayu salib untuk menebus dosa manusia dan kemudian bangkit dari antara orang mati.

Dalam pekan suci ini dimulai dengan perayaan Minggu Palma yang kemudian dilanjutkan dengan Tri Hari Suci yang meliputi Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah.

***

MINGGU PALMA

Sebagaimana yang telah saya ungkapkan sebelumnya, hari minggu palma merupakan awal dari perayaan pekan suci.

Pada hari Minggu Palma, umat Kristiani merayakan prosesi Yesus ke Yerusalem yang terjadi beberapa hari sebelum kematiannya.

Menurut Injil, orang-orang dari Yerusalem memegang cabang pohon dan dedaunan Palma, dan sebagainya di jalan untuk menyambut Yesus saat ia mengendarai seekor keledai memasuki kota Yerusalem.

Sebagai upaya untuk mengenang peristiwa tersebut, maka umat Kristiani saat ini melakukan hal yang sama, dimana menggunakan daun palma sebagai simbol dan pada hari ini mereka biasanya masuk ke dalam gereja dengan melakuan perarakan sambil membawa daun palma.

KAMIS PUTIH

Sesuai dengan namanya, perayaan Kamis Putih dilaksanakan pada hari Kamis.

Pada perayaan Kamis Putih, umat Kristiani memperingati Perjamuan Terakhir Yesus bersama dengan murid-murid-Nya pada malam sebelum kematian-Nya.

Selama makan, Yesus memecahkan roti dan anggur dan membagikan pada muridnya mengatakan “Inilah tubuh-Ku, yang dikurbankan bagi-Mu.”

Orang Kristiani menganggap acara ini menjadi inti dari Ekaristi yang merupakan salah satu sakramen dari 7 sakramen yang terdapat dalam kepercayaan umat Kristen.

Perayaan Kamis Putih yang dilakukan oleh Gereja Katolik saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu perayaan yang memiliki durasi waktu cukup lama. Beberapa peristiwa dilakukan dalam perayaan ini.

Z

Upacara Pembasuhan Kaki

Pada perayaan Kamis Putih ini, biasanya terdapat upacara pembasuhan kaki yang dilakukan oleh Imam.

Upacara tersebut dimaksudkan untuk mengenang Yesus yang juga membasuh kaki para rasul pada saat sebelum dilakukannya Perjamuan Terakhir.

Z

Upacara Perarakan Sakramen Mahakudus

Selain terdapat upacara pembasuhan kaki, pada perayaan Kamis Putih juga terdapat upacara Perarakan Sakramen Mahakudus.

Upacara ini dimulai dengan pembersihan altar dan kemudian dilanjutkan dengan pemindahan Hosti yang telah ditempatkan pada Monstrans.

Setelah perarakan selesai biasanya dilanjutkan dengan tuguran dan adorasi.

JUMAT AGUNG

Apa yang berbeda di gereja atau di tempat lain saat Jumat Agung? Suasana yang sunyi, nyanyian tanpa musik, altar yang kosong, tabernakel terbuka lebar, lampu merah yang menandakan kehadiran Tuhan dipadamkan.

Ya, Jumat Agung adalah hari di mana kita memperingati sengsara dan wafat Kristus.

Pada hari itu, seluruh umat Katolik diharapkan untuk bertobat melalui tindakan pantang dan puasa. Satu hal penting yang perlu dipahami adalah seluruh perayaan yang kita lakukan pada Jumat Agung bukanlah Perayaan Ekaristi melainkan ibadat.

Mengapa demikian? Karena pada hari Jumat Agung, tidak ada peristiwa konsekrasi yang biasa dilakukan Imam saat Doa Syukur Agung. Pada hari Jumat Agung itu, justru Yesus sendiri yang dikorbankan sebagai penyelamat manusia.

Komuni yang dibagikan pada ibadat Jumat Agung adalah Hosti yang telah dikonsekrasikan pada malam sebelumnya (Kamis Putih). Hal khusus lain yang perlu diperhatikan, sakramen yang boleh diberikan pada hari Jumat Agung hanyalah Sakramen Tobat/Rekonsiliasi dan sakramen perminyakan orang sakit.

Sama halnya dengan perayaan Kamis Putih, pada perayaan Jumat Agung juga terdapat beberapa upacara khusus yakni upacara penghormatan/penciuman Salib.

PASKAH

Paskah merupakan puncak dan akhir dari rangkaian pekan suci.

Pada perayaan paskah dibagi ke dalam dua hari yakni Malam Paskah (sabtu malam) dan Minggu Paskah.

Walaupun demikian, sebenarnya ada satu kegiatan lain yang dinamakan Sabtu Sunyi. Sabtu Sunyi ini sendiri dilaksanakan pada hari sabtu pagi hingga malam sebelum malam paskah.

Malam Paskah

Malam Paskah adalah saat di mana kita merasakan sukacita sambil berjaga-jaga menantikan kebangkitan Tuhan. Yesus yang wafat akhirnya beralih dari alam kematian menuju kebangkitan.

Malam Paskah biasa juga disebut dengan vigili Paskah.

Perayaan Malam Paskah seringkali dikatakan sebagai perayaan terpanjang dalam liturgi Gereja Katolik. Hal itu disebabkan banyaknya simbol/lambang liturgis yang dikenangkan saat perayaan ini dilakukan.

Berikut ini beberapa upacara yang ada pada malam paskah:

R

Upacara Cahaya

R

Liturgi Sabda

R

Liturgi Baptis

R

Liturgi Ekaristi

Minggu Paskah

Minggu Paskah disebut juga Hari Raya Kebangkitan Tuhan dan merupakan hari raya dari segala hari raya umat Kristiani.

Hari ini adalah puncak peringatan liturgi Gereja Katolik. Minggu paskah menjadi hari yang amat istimewa karena Yesus telah bangkit dari kematian dan mengalahkan dosa dan maut dengan kebangkitan-Nya.

Melalui kebangkitan-Nya, Yesus mau menunjukkan bahwa Ia sungguh-sungguh Putera Allah dan memberi harapan pada kita tentang adanya kerajaan Surga.

Oh iya, pada perayaan Minggu paskah biasanya terdapat bingkisan yang diberikan oleh gereja kepada anak-anak. (tapi tidak semua gereja ada ya)

Selain itu, setelah perayaan Ekaristi di gereja, biasanya diadakan lomba-lomba seperti menghias telur paskah atau mencari telur paskah.

}

JADWAL MISA PERAYAAN PEKAN SUCI 2017

Berhubung saya sendiri merupakan salah satu umat katolik yang ada di Paroki Keluarga Kudus Banteng Yogyakarta, maka saya akan secara khusus memberikan informasi tentang jadwal misa perayaan Pekan Suci 2017 di Gereja Keluarga Kudus Banteng. Hehe..

Berikut ini jadwalnya:

Minggu Palma


Sabtu:

  • 16.30 WIB

Minggu:

  • 05.30 WIB
  • 07.00 WIB
  • 09.00 WIB
  • 16.30 WIB

Kamis Putih


Kamis :

  • 18.00 WIB
  • 21.00 WIB

Jumat Agung


Jumat:

  • 07.00 WIB
  • 14.00 WIB
  • 17.00 WIB

Paskah


Sabtu:
  • 18.00 WIB
  • 21.00 WIB
Minggu:
  • 08.00 WIB

Jika ada perubahan jadwal akan saya update. Jadwal yang saya tuliskan saat ini saya peroleh dari situs www.bkompelk.org

Facebooktwittergoogle_plus
error: