Di tengah gempuran dari wahana permainan modern seperti Transstudio, Dunia Fantasi (DUFAN), dan sejenisnya, kehadiran “Pasar Malam” ternyata masih mendapatkan tempat tersendiri di hati rakyat Indonesia.

Walaupun masih mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia, namun sebuah ironi tentang pasar malam saya rasa akan muncul ketika kita bertanya kepada anak-anak yang sudah terbiasa tinggal di kota besar layaknya DKI Jakarta maupun Bandung.

Kenapa saya bisa yakin dengan apa yang saya tuliskan di atas??

Bagi saya penyebabnya adalah karena ada anggapan jika jalan-jalan dan berbelanja di pusat perbelanjaan seperti mall lebih menarik daripada harus datang berdesak-desakan di tengah tanah kosong untuk menikmati pasar malam. (ini anggapan saya lho ya.. kalo beda ga usah dipermasalahkan karena ini pendapat pribadi.. hehe)

Oke, kayanya saya lebih baik cerita lagi daripada cuma mempermasalahkan tau atau tidaknya anak dengan Pasar Malam.. hehe..

 

Pasar Malam itu apa?

Menurut saya, pasar malam itu merupakan salah satu hiburan rakyat yang biasanya berlokasi di suatu tanah kosong dan berlangsung selama beberapa hari.

 

Ciri Pasar Malam

Pasar malam, khususnya di daerah saya (Yogyakarta dan sekitarnya) biasanya memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Berikut ini ciri dari pasar malam:

Biasanya buka mulai dari pukul 17.00 WIB

Karena namanya pasar malam, maka wajar jika kegiatan yang dilakukan baru dimulai saat hari mulai senja. Waktu operasional mereka biasanya berada mulai sekitar pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Berlokasi di suatu tanah kosong

Kalau masalah lokasi, kita tidak dapat memastikan lokasi pasti dimana pasar malam akan hadir. Hal tersebut disebabkan karena pasar malam biasanya bersifat nomaden. Mereka menjadikan lapangan ataupun tanah kosong di suatu tempat sebagai lokasinya.

Ada banyak wahana permainan

Pasar Malam 4

Walaupun namanya pasar malam, transaksi yang dilakukan tidak hanya berupa jual beli barang. Pasar Malam merupakan sebuah budaya dan hiburan rakyat. Oleh karena itu sudah pasti banyak wahana permainan seru bagi rakyat yang ada di sana.

Tuh buktinya, foto saya di atas ga kalah sama yang ada di Transstudio dan DuFan kan?? hehe

Ada banyak yang berjualan (namanya juga pasar ya.. hehe)

Pasar Malam 10

Sama seperti namanya, sudah pasti di pasar malam akan banyak transaksi jual beli. Barang yang dijual biasanya barang-barang seperti perlengkapan rumah tangga, perlengkapan anak, pakaian, makanan (jajanan pasar, dll), hingga binatang dan mainan.

Lampu Sorot Raksasa

Untuk memberikan informasi kepada warga sekitar jika di daerahnya sedang ada pasar malam, maka pengelola biasanya menggunakan media Lampu Sorot. Nah, jika anda melihat ada lampu sorot di langit pada malam hari, maka kemungkinan besar di sana sedang ada Pasar malam.

 

Wahana Permainan Pasar Malam

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, Pasar malam menyediakan banyak wahana permainan bagi rakyat khususnya bagi anak-anak. Uniknya, saya merasa jika wahana permainan yang ada di pasar malam tidak kalah dengan wahana permainan yang ada di tempat sekelas Transstudio maupun DuFan lho. hehe..

Berikut ini beberapa wahana permainan yang biasanya ada di pasar malam:

Kereta anak

Pasar Malam 13

Wahana permainan ini, merupakan permainan yang paling disukai oleh anak saya yang bernama Aileen (3). Kenapa? Jelas karena ia perpendapat jika wahana ini paling aman dan kebetulan ia suka dengan yang namanya kereta api.

Komedi Putar

Komedi Putar

Komedi Putar Pasar Malam – Image source: Keepo.me

Sepertinya komedi putar merupakan salah satu wahana permainan wajib ada di pasar malam. Ya, wahana ini merupakan salah satu wahana yang aman dan menarik bagi anak. Pada komedi putar biasanya terdapat banyak pilihan menarik yang berupa karakter hewan, karakter kendaraan. Dengan naik wahana ini anak seakan-akan telah naik binatang atau kendaraan yang dipilihnya.

Pancing Ikan dan Mandi Bola

Pancing ikan pasar malam

Pancing ikan pasar malam – image source: Tribunnews.com

Wahana permainan ini merupakan salah satu wahana favorit bagi anak-anak. Kenapa?? pasti tau kan alasannya.. hehe.. Kesukaan anak dengan air dan bola-bola akan membuatnya betah untuk berlama-lama di wahana ini. Jadi harap sabar ya kalau anaknya ga mau pindah dari permainan pancing ikan dan mandi bola. hehe

Bianglala

Pasar Malam 6

Siapa yang tidak mengenal wahana permainan Bianglala. Wahana permainan ini sepertinya menjadi ciri khas dan juga salah satu raja di setiap pasar malam. Kenapa? ya, ukurannnya yang besar membuat Bianglala menjadi salah satu wahana permainan yang sangat mencolok.

Kora-kora

Kora-kora

Wahana Kora-kora di pasar malam – image source: Tribunnews.com

Permainan yang satu ini merupakan salah satu yang tidak disenangi oleh anak saya yang namanya Aileen (3). Wahana yang berbentuk perahu raksasa ini benar-benar memberikan tantangan tersendiri bagi yang ingin mencobanya. Suaranya yang keras dengan ayunan yang cukup kuat sering membuat pengunjung yang menaikinya merasakan pusing dan mual-mual yang luar biasa. Jadi kalau mau naik wahana yang satu ini siapkan mental dan juga fisik anda ya.. haha

Ombak Banyu

Wahana Ombak Banyu Pasar malam

Ombak Banyu – Image Source: Pinterest/klikmg.com

Tidak berbeda dengan Kora-kora, wahana ombak banyu juga memberikan sensasi tersendiri bagi yang menaikinya. Wahana ini membuat kita merasakan suasana ketika tengah di atas perahu yang sedang diombang-ambingkan oleh ombak. Perasaan mual dan pusing juga biasanya akan dirasakan oleh penggunanya setelah mencoba wahana ini.

Tong Setan

Wahana Tong Setan

Tong Setan – image source: Tribunnews.com

Tidak semua pasar malam menyediakan wahana yang satu ini. Wahana permainan Tong setan merupakan salah satu wahana yang menampilkan atraksi pengendara sepeda motor yang berputar-putar di dalam sebuah tong berukuran raksasa dengan diameter yang tidak terlalu besar. Karena wahana ini membutuhkan nyali besar dan personil yang cukup terlatih, maka tidak semua pasar malam menyediakan wahana Tong Setan ini.. (wahana langka) hehe

Bom-Bom Car

Pasar Malam 12

Nah, kalau wahana yang namanya Bom-bom car pasti tidak asing di telinga kita. Wahana ini memperbolehkan kepada kita untuk mengendarai sebuah mobil-mobilan. Namun sayang, tidak semua pasar malam menyediakan wahana ini.

 

Mungkin itu sedikit ulasan yang dapat saya berikan tentang pasar malam. Jika kamu merupakan seseorang yang sedang berlibur ke daerah Yogyakarta dan sekitarnya kebetulan melihat tanda-tanda ada pasar malam, maka saya menyarankan kepada kamu untuk mencoba mendatanginya. Suasana yang khas dari pasar malam akan memberikan pengalaman dan cerita yang berbeda bagi kamu. Ga ada salahnya mencoba salah satu hiburan rakyat yang sudah sejak lama ada di Indonesia ini.

Kalau mau lihat sedikit dokumentasi saya ketika di pasar malam, bisa lihat di album Flickr saya @stchristiono di bawah:
Pasar Malam Lapangan Klidon

 

Oh iya, jangan lupa juga untuk tidak melewatkan pasar malam tahunan yang bernama Pasar Malam Perayaan Sekaten jika kamu kebetulan ada di Yogyakarta pada satu bulan sebelum peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Acara Pasar Malam Sekaten ini biasanya diadakan selama satu bulan penuh dan berlokasi di Alun-alun utara Kraton Yogyakarta.

Facebooktwittergoogle_plus
error: