Setelah lama tertunda akhirnya saya berusaha untuk menulis sedikit cerita tentang kegiatan kami beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 14 Mei 2017 dimana pada saat itu kami mengikuti Outbound di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang.

Walaupun secara tertulis cukup terlambat, namun sebenarnya kegiatan Outbound di Desa Wisata Ledok Sambi ini sudah saya ceritakan lewat VLog. Jika belum sempat melihat VLog kami saat di Ledok Sambi, maka silakan tonton video berikut. (jangan lupa subscribe, like sama comment juga) Hehe..

VLog Bagian 1

 

Sebenarnya kegiatan outbound kali ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh PG/TK/SD Alam Anak Prima Yogyakarta, sekolah Aileen dan Keenan.

Secara umum, acara di Ledok Sambi ini merupakan gabungan dari tiga event besar sekolah dimana terdapat outbound, family trip dan pentas tutup tahun. Namun mengingat situasi dan kondisi, maka akhirnya sekolah memutuskan untuk menggabungkan ketiga acara tersebut menjadi 1, namun dikemas dengan cara yang beda dan menarik. (dan menurut kami cukup sukses).

***

Oke sekarang saya coba cerita apa yang kami lakukan ketika mengikuti acara tersebut.

Pertama

Mengingat acara dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, maka saya, nyonya, Aileen dan Keenan berangkat sekitar pukul 06.30 WIB dari rumah. Kebetulan rumah kami tidak terlalu jauh dari tempat acara jadi sekitar 20-30 menit sudah sampai lokasi.

Setibanya di Ledok Sambi, rupanya sudah banyak keluarga dari teman sekolah Aileen dan Keenan yang sudah hadir. Semua orang tua dan guru kompak dengan menggunakan seragam acara family sport day yang berwarna biru kuning. Sedangkan para murid menggunakan seragam olahraga terlebih dahulu, karena seragam acara akan digunakan untuk pentas tutup tahun.

Setelah registrasi, kami akhirnya langsung lanjut menikmati welcome drink sambil duduk-duduk.

Tidak berselang lama, para murid dan siswa PG/TK/SD Alam Anak Prima diminta untuk berkumpul di tengah lapangan dan membuat lingkaran. Ya, gurunya mencoba membangunkan para murid yang terlihat masih banyak yang ngantuk. Maklum hari minggu biasanya memang enak untuk bermalas-malasan bangun pagi.

Dewa Wisata Ledok Sambi

Sedikit pemanasan dengan menyanyikan lagu yang membuat badan anak-anak bergerak rupanya cukup efektif membuat anak-anak bersemangat. Tidak lama setelahnya, para murid dibagi berdasarkan kelompok kelas yang kemudian dipisah dengan orang tua dan kelompok lainnya untuk melakukan kegiatan masing-masing. (Playgroup – TK – SD acaranya masing-masing)

Kedua

Setelah anak-anak pergi dengan kegiatan masing-masing didampingi oleh guru-gurunya, maka sekarang giliran orangtua murid yang melakukan pemanasan sebelum melakukan outbound.

Pemanasannya ternyata tidak beda jauh dengan apa yang dilakukan oleh anak-anaknya. Kami diminta untuk membuat lingkaran, kemudian melakukan nyanyian dan gerakan-gerakan layaknnya yang dilakukan oleh anak-anak ketika di sekolah. Seru dan cukup membuat badan sedikit panas.

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Agar semakin menarik dan mengakrabkan para orangtua, para guru melakukan beberapa cara dan berakhir dengan pembagian kelompok untuk outbound. Kebetulan saya sendiri berada di kelompok 5 aka kelompok “tikus”.

Outbound ini diikuti oleh 10 kelompok (5 kelompok pria, 5 kelompok wanita). Setiap kelompok diminta melewati 4 tantangan aka 4 pos yang masing-masing pos akan mencatat waktu dan poin dari masing-masing kelompok. Di akhir acara nanti akan diumumkan 3 kelompok terbaik. (kelompok saya jadi yang terbaik.. wkwk)

Pos pertama, 

Kami diminta untuk duduk berbaris dan berjalan menggunakan pantat, ya seperti ulat gitu lah. Kekompakan kelompok kami dimulai dari sini.. haha.. ya, dengan penuh semangat, kelompok kami rupanya dapat dikatakan cukup cepat (dengan catatan waktu yang cepat) menyelesaikan tantangan di pos ini.

Pos Kedua,

Tidak jauh dari pos pertama, kami lanjut ke pos kedua. Jujur, saya lupa nama permainan/tantangan yang ada di pos ini. Namun gambarannya seperti ini. Kita diminta untuk memindahkan seseorang dari start ke garis finish tapi menggunakan 2 balok kayu. Jadi semacam estafet balok kayu gitu. Ya puji Tuhan, karena salah strategi orang yang dipindahkan dari kelompok kami merupakan orang yang memiliki badan cukup besar.. wkwk..

But it’s OK.. Show must go on… And… tantangan bisa kami lewati dengan aman terkendali.. Hehe..

Pos Ketiga,

Pos ketiga ini memiliki nama tantangan yang cukup panjang dan menggunakan bahasa Jawa. Pokoknya nama tantangan atau permainan di pos ini sulit untuk disebut. Wkwk.

Inti dari permainan ini sebenarnya saling bantu dan pegangan erat gitu.. Dimulai dari ngangkang, masuk ke kolong teman-teman kelompok tapi pegangan tidak boleh lepas, kemudian ambil bola sebanyak-banyaknya.

Lagi-lagi kelompok kami lancar jaya di Pos ini.

Pos Keempat,

Pos ini merupakan pos terakhir. Kalau pos ini saya ingat diminta untuk apa.. hehe.. Di minta niup bola pingpong melewati 4 gelas air.

Terlihat cukup mudah, tapi ternyata saya tidak bisa melakukannya.. wkwk.. Pekok tenan cah..

Walaupun saya gagal melakukan 2 percobaan, namun kelompok kami tetap menang, karena ada 4 anggota yang berhasil melakukannya.. hehe.

Berikut ini pasukan tikus kelompok 5 yang pada akhir acara berhasil berada di posisi 1 perolehan poin hasil outbound.

Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Ketiga

Setelah acara outbound selesai, acara pun dilanjutkan dengan adanya promosi dari Yovie music school yang berlokasi di Seturan Yogyakarta. Tapi maaf, saya tidak membahasnya di sini ya.. hehe

Oke lanjut saja ke bagian terakhir dari acara ini.

Acara yang paling ditunggu oleh para anak-anak akhirnya tiba. Ya, pementasan tutup tahun akhirnya mulai. Kali ini pementasannya mengambil cerita Film Disney “Moana”. Kebetulan Aileen juga terlibat di pementasan ini. Dia menari dengan aksesoris kepala bunga-bunga. Tapi jujur, sampai sekarang saya juga kurang tahu dia sebenarnya memerankan sebagai apa.. wkwk..

Menurut salah satu guru di sekolah Aileen dan Keenan, kisah cerita Moana cukup baik karena memberikan contoh untuk tidak merusak alam dan selalu menjaganya.

“Harapannya dari kisah cerita Moana, kita dapat mengambil contoh untuk tidak merusak alam dan selalu menjaganya, karena di dunia ini kita harus saling menghargai salah satunya menghargai dan menjaga alam,” kata Bu Hanum.

Untuk melihat pementasan tutup tahun dengan cerita “Moana” ini, silakan tonton video kami di bawah ya.. 😀

VLog Bagian 2

Oke, mungkin itu sedikit cerita tentang Outbound di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang yang terlambat ditulis cukup lama.

***

Terkait dengan tempat, saya cukup merekomendasikannya kepada yang ingin melakukan outbound di sini. Tempatnya oke, ada sungai dan memiliki lahan yang cukup luas. Selain itu juga tersedia beberapa pilihan paket. Jadi bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Info Desa Wisata Ledok Sambi:

Office:
Jl. Babarsari no. 9A, Catur Tunggal
Sleman, Yogyakarta.
Yetti 0819 0426 2581

Site:
Jl. Kaliurang km. 19,2, Ds. Sambi,
Sleman, Yogyakarta. PETA
Dini 0813 9232 2529

Website: ledoksambi.net
Email ledoksambi@gmail.com
fb: Ledok Sambi
t: @ledoksambi
Ig: Ledok Sambi
YouTube: ledok sambi

Jam Buka : 8AM–6PM

Peta lokasi: https://goo.gl/maps/g6MjJFS1NiF2

error: Content is protected !!