Tidak terasa sudah sekitar 8 bulan saya memulai aktivitas baru yang namanya “VLogging“. Sebelum bercerita tentang pengalaman saya NgeVLog dan menjawab pertanyaan susah atau tidak ngeVLog, saya mau jujur dulu deh. Hehe..

Jadi gini, saya sendiri merasa belum pantas disebut sebagai VLogger layaknya bang Raditya Dika, mas Bayu Skak, Om Martin Johnson, Young Lex, mas Kaesang atau bahkan Awkarin yang fenomenal. Kenapa bisa gitu? Ya bisa dibandingkan aja jumlah Subscriber mereka semua. Wkwk.. Hampir sebagian besar VLogger yang saya sebutkan namanya tadi punya Subsciber di atas 100.000.. Wow ga itu? Sedangkan saya, sampai bulan maret 2017 ini baru punya Subscriber sebanyak 9.. Sedih kan??

Well, kita tinggalin masalah popularitas dan masalah jumlah subscriber. Sekarang saatnya saya cerita tentang pengalaman saya NgeVLog.

***

VLog Pertama

Sebenernya saya sudah cukup lama menjadi seorang yang dekat dengan alat yang namanya kamera, baik kamera digital bahkan kamera video. Mulai dari kamera HP, pocket, Action Cam, DSLR, Mirrorless, Handycam hingga Kamera Video yang gede kaya Panasonic MDH 2 sudah biasa saya gunakan. Tapi semuanya itu cuma berakhir di kepingan CD yang menurut saya tidak jelas keberadaannya, bahkan cukup sulit untuk diputar karena Laptop yang digunakan tidak mempunya optikal drive.

Merasa sayang karena banyak kenangan yang pernah saya jalani hanya berada di kepingan CD yang tidak bisa dibuka tersebut akhirnya saya mencoba untuk ikut tren kekinian pada yang namanya VLogging.

Saya memulai VLog sendiri sekitar bulan Juni 2016, tepatnya tanggal 9 Juni 2016 dengan video pertama yang berjudul #1 Bangun Tidur Gangguin Keenan. 

 

Oh iya, VLog pertama saya tersebut termotivasi oleh seorang VLogger Indonesia yang juga komikus bernama mas Wahyu Aditya atau biasa dipanggil mas Waditya. Hampir semua video yang diunggah ke YouTube Channelnya mas Waditya menceritakan tentang aktivitas keluarganya, khususnya anak-anaknya yang namanya mas Acan dan Mbak Acin.

Saking seringnya nonton VLog dari mas Waditya, saya merasa ada kemiripan antara keluarga mas Waditya dan keluarga saya. Ya, sama-sama punya 2 anak (co-ce). Atas dasar perasaan dan pemikiran saya tersebut, akhirnya saya memilih untuk mengabadikan cerita-cerita tentang keluarga melalui VLog seperti yang dimiliki oleh mas Waditya.

Intinya gini deh, apapun bisa menjadi cerita buat masa depan dan pastinya bisa buat seru-seruan bareng keluarga.

Sebagai info saja, hingga saya menulis artikel ini, saya sudah berhasil mengunggah 23 video di channel YouTube dengan url: https://www.youtube.com/stephanuschristiono, dan masih ada beberapa video lain yang masih ada di dalam dapur editing. Kalo suka dan mau Subscribe boleh koq. Hehe..

 

NgeVLog, Susah atau Tidak?

Mungkin banyak orang yang bertanya, ngeVlog itu susah atau tidak? Kalo menurut pendapat dan pengalaman yang saya miliki, saya menjawab jika ngeVlog itu tidak susah.

Koq bisa? 

Kadang ada pertanyaan tambahan tersebut, namun saya memastikan jika ngeVlog itu ga susah. Intinya cuma kita ngomong biasa, kita rekam pakai mode video dan kemudian kita gabung-gabungin itu hasil rekaman. Kalau sudah tinggal buat akun YouTube, terus upload deh itu video yang udah digabung.. Hehe..

Mas, ngomong mah gampang.. Prakteknya kan ga segampang omongannya om Mario Teguh.. kan perlu perlengkapan yang mendukung..

Yah, masih aja ada yang ga percaya dengan apa yang biasa saya lakukan. hehe.. Gini deh.. Saya perjelas dan pertegas sedikit.

Bagi saya pribadi, ngeVLog itu ga perlu alat yang canggih-canggih. Untuk awalan, kita cukup membutuhkan kamera dari smartphone yang kita miliki dan juga perangkat komputer dengan 1 software editing video. Software editing videonya terserah mau pakai apa, kalo saya sendiri menggunakan Adobe Premiere – (karena sudah kebiasaan dan nyaman dengan Adobe Premiere).

Sebagai gambaran, VLog pertama saya pada bulan Juni 2016 lalu menggunakan kamera dari smartphone Microsoft Lumia 640 LTE. Jadi kalo melihat gambarnya kadang-kadang kurang oke dan banyak semutnya, ya karena memang alat itu yang saya gunakan.

Jadi buat yang masih mikir NgeVLog itu susah, coba deh tinggalin pemikiran tersebut. Ga ada yang susah koq asal ada niat dan kemauan.. haha.. (sok-sokan bijak)

 

Perjalanan NgeVLog

Seiring dengan berjalannya waktu, saya akhirnya mulai suka membuat video untuk mendokumentasikan kegiatan keluarga, khususnya ngeVLog dengan artis idola saya yang masih imut-imut bernama “Maria Aileen Luisa Nathania” dan “Alexander Keenan Dikaracetta”, plus dengan artis rumah tangga yang kadang-kadang jadi buntut kalo lagi NgeVlog bernama “Stefani Santi Widhiastuti”. WKwk.

Beberapa alat untuk membuat Video akhirnya saya coba. Mulai dari menggunakan kamera smartphone Microsoft Lumia 640 LTE, kamera ActionCam Xiaomi Yi, Kamera Mirrorless Sony Nex 5 (yang baru aja laku kejual), kamera Pocket Canon G1X, hingga menggunakan Canon G7X yang mulai rutin saya gunakan mulai awal bulan Februari 2017.

Canon Powershoot G7X

Beruntung selama perjalanan ngeVlog saya hingga saat ini, anak-anak dan keluarga cukup mendukung juga. Bahkan mereka seakan-akan sudah akrab dengan kata-kata “HELLO MEN” yang memang menjadi kata-kata pembuka di hampir sebagian VLog yang pernah saya buat.

Intinya, semua VLog yang kita buat saat ini akan membuat kenangan bagi kita di masa datang. Selain bisa menginspirasi orang lain karena di open melalui YouTube, kita juga bisa membuat anak-anak belajar dari apa yang pernah dilakukannya dulu. Bahkan karena VLog yang telah kita buat ini, Aileen seringkali meminta untuk melihat videonya sebelum ia tidur dan bukan hal yang aneh jika tiba-tiba dia bercerita tentang hal yang ada di VLog yang ada wajahnya sendiri. Sepertinya dia bangga karena bisa pede di depan kamera ayahnya. Wkwk..

Kalo mau lihat kumpulan VLog yang pernah saya buat, bisa menuju halaman “Our VLog” yang ada di situs ini. Kalo mau Follow Twitter, Facebook, Instagram, Flickr juga boleh.. semuanya ada di @stchristiono.

 

 Selamat mencoba untuk ngeVLog ya.. Jangan lupa saya dikabarin kalo punya VLog lewat comment di bawah. Kan ga ada salahnya juga kalo saya nanti jadi subscriber VLog kamu..

error: Content is protected !!