Menyerah Dari Antrian Luar Biasa Di Gudang Gramedia

Setelah kemarin saya sempat mendapatkan informasi dari WhatsApp dan juga sosial media Facebook tentang adanya acara ‘Hutan Buku’ hingga tanggal 30 September 2016 di gudang Gramedia Jogja yang ada di jalan raya Tajem 197 Maguwoharjo Depok Sleman, maka saya akhirnya mengajak Aileen dan mamanya untuk pergi ke sana.

Kebetulan, kami sebelumnya sudah pernah mengunjungi gudang buku Gramedia ini pada saat ulang tahun Gramedia sekitar 1 tahun lalu.

Foto 1 tahun lalu sewaktu cari buku di Gudang Buku Gramedia

Karena merasa sudah pernah, maka saya mengatakan jika biasanya gudang buku baru buka jam 9 pagi. Ya, sesuai dengan apa yang saya yakini itu akhirnya kami berangkat dari rumah sekitar jam 08.30 (kebetulan tempatnya ga jauh dari rumah, sekitar 10-15 menit saja).

Seperti biasa, saya mencoba mengabadikan kegiatan jalan-jalan yang kita lakukan dengan merekam video. Aileen pun sudah hafal dengan kata-kata awal yang selalu kita lakukan bersama saat membuat video (untuk vlog).

Sepanjang perjalanan, saya sempat menjanjikan akan membelikan buku Princes Sofia atau Frozen kepada Aileen jika di gudang buku yang akan kita kunjungi ada stoknya. Ya, respon dari Aileen cukup senang dan bersemangat karena beberapa bulan terakhir ia memang sedang punya idola baru. Hehe..

Setibanya di depan gudang buku Gramedia, sesuatu yang tidak pernah kami bayangkan terjadi. Ya, antrian panjang dan parkiran yang penuh menghiasi jalan dan halaman sekitar gudang buku. Uniknya lagi, antrian untuk masuk ke dalam gudang cukup berlapis. Lapisan pertama berada di luar gerbang (pinggir jalan raya), lapisan kedua sudah bisa masuk lokasi namun tetap harus menunggu giliran untuk dapat masuk dan memilih buku. Luar biasa lah pokoknya.

Antrian Gila di depan Gudang Buku Pagi Ini (10/9/2016)

Merasa sudah tanggung, saya menanyakan kepada Aileen dan mamanya apakah masih mau tetap mencoba bertahan atau memilih untuk putar badan dan mencari lokasi baru. Mereka berdua akhirnya memilih untuk mencoba bertahan.

Ya, bertahan di bawah terik matahari selama hampir 30 menit rupanya cukup membuat saya bosan. Bahkan mendengar dan menyaksikan secara langsung aturan untuk dapat masuk ke gudang buku rasanya sudah cukup membuat saya sedikit frustasi. Masuk ke dalam gudang per 10 orang rasanya bukan sesuatu yang menyenangkan, walaupun mungkin panitia sengaja melakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat berada di dalam gudang.

Nunggu antrian di depan gudang buku sama Aileen (10/9/2016)

Akhirnya untuk kedua kalinya saya bertanya kepada Aileen dan mamanya. Kali ini mamanya sudah cukup lelah menunggu dan memilih untuk pindah tempat saja, tapi Aileen dengan harapan yang besar untuk bisa pulang membawa buku Frozen ataupun princes Sofia membuatnya tetep pengen bertahan dan beberapa kali minta untuk masuk ke dalam.

Melihat kondisi yang kurang menyenangkan ini, kami berusaha untuk membujuk Aileen agar mau pindah tempat ke toko buku lain. Akhirnya kami berhasil.

Keberhasilan membujuk Aileen untuk move on ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sepanjang perjalanan Aileen rewel dan selalu meminta untuk kembali ke Gudang Buku Gramedia. Akhirnya dengan sedikit rasa “tega”, kami mencoba membawanya ke toko buku Toga Mas yang ada di ujung jalan Affandi Gejayan.

Di Toga Mas, kami langsung mencoba mencari buku dengan tema Frozen. Secara tidak sengaja, Aileen melihat buku yang cukup menarik buat dia. Ya, buku Frozen.. haha.. Sayang, melihat harganya sepertinya cukup membuat kami bergeming. Akhirnya kami mencoba mengalihkannya dengan buku-buku lain sementara waktu.

Sepertinya keberuntungan memihak kepada kami. Kami menemukan buku Frozen yang cukup bersahabat di kantong.. walaupun ga bersahabat banget sech.. wkwk..

Buku Frozen yang dibeli Aileen

Buku Frozen yang dibeli Aileen

***

Ada beberapa hal yang menurut kami menyebabkan Gudang Buku Gramedia benar-benar luar biasa ramainya seperti hari ini:

  • Infonya, gudang buku akan dialihfungsikan oleh Gramedia per tanggal 1 oktober 2016, jadi mungkin ini adalah kesempatan terakhir buat yang mau cari buku murah mulai Rp. 5000an tersebut.
  • Khusus hari ini, kami rasa ada hubungannya dengan long weekend sehingga cukup dimanfaatkan oleh banyak orang.

Walaupun hari ini kami gagal dan menyerah dari antrian yang ada di Gudang Buku Gramedia, namun masih ada kemungkinan untuk kembali ke sana di hari biasa. Haha..

Tags:

Leave a Reply