UMP Jakarta 2,2 Jt.. Musibah atau anugerah?

Demo Buruh

Beberapa hari ini berita mengenai kenaikan UMP di Jakarta semakin panas. Setelah terjadi pergantian Gubernur, para buruh beramai-ramai mengusahakan untuk dapat kenaikan Upah melalui Demo yang di gelar beberapa waktu lalu. Para Buruh meminta kenaikan Upah Minimum Propinsi sebesar 2,7 juta untuk tahun 2013. Angka yang “Wow” buat saya sendiri…

Isu yang beredar saat ini, Jokowi mengambil angka 2,2 Juta untuk UMP jakarta 2013. 2,2 juta ini bukan lah angka yang kecil menurut saya karena kenaikan sendiri hampir 50% dari UMP jakarta sebelumnya yang sebesar 1,5jt di tahun 2012.

Segala kebijakan akan menghasilkan Pro dan Kontra, namun untuk masalah ini saya tidak akan menjadi orang yang Pro maupun yang kontra, karena saya sendiri sudah tidak bekerja di jakarta. Saya hanya ingin mencoba membahas sedikit dari apa yang saya pikirkan mengenai upah minimum Propinsi yang sebesar 2,2 juta tersebut.

Pertanyaan dasar saya adalah ” Apakah UMP 2,2 juta itu adalah suatu Musibah atau Anugerah??

Mari kita coba sedikit ulas dan kita pikirkan dari 2 aspek berikut :

Buruh

  • Apakah Buruh senang dengan kenaikan UMP jakarta menjadi 2,2 Juta??
    • Kemungkinan untuk saat ini sebagian buruh merasa senang, karena mendapatkan kenaikan Upah yang cukup besar.

Dengan kondisi dan pertanyaan di atas, saya berfikir sebenarnya kenaikan UMP menjadi 2,2 juta ataupun 2,7 juta sesuai dengan permintaan para buruh bukan menjadi kabar baik bagi para buruh…

Kenapa??

ini alasan saya :

  • Semakin besar Upah yang di terima oleh buruh, ada kemungkinan Perusahaan akan mengurangi pekerjanya (dalam hal ini kemungkinan akan terjadi PHK besar-besaran dari perusahaan)
  • Bagi buruh yang tidak mendapatkan PHK, kemungkinan akan mendapatkan pekerjaan yang lebih banyak di banding sebelum kenaikan upah. (perusahaan pasti menginginkan hasil produksi yang sama, dengan Sumber daya yang ada)

Pengusaha

  • Apakah Pengusaha senang dengan kenaikan UMP jakarta menjadi 2,2 Juta??
    • Untuk pengusaha pasti tidak akan senang, karena harus membayar upah yang tinggi untuk buruh.

Menurut saya wajar jika para pengusaha tidak senang karena upah buruh yang tinggi kadang tidak sebanding dengan kinerja para buruh sendiri.

Dengan kenaikan UMP ini saya yakin akan banyak perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawannya dan ada kemungkinan akan memindahkan perusahaannya ke daerah di luar jakarta yang memiliki cost lebih rendah.

Oleh karena itu saya masih bertanya-tanya, apakah kenaikan UMP jakarta adalah suatu anugerah atau malah suatu musibah bagi para buruh di Jakarta??

Apakah dengan kenaikan upah di jakarta akan semakin membuat orang di luar jakarta ingin kerja di jakarta?? haha… Welcome to the jungle wae neq memang ada yang berfikir seperti itu… hehe

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Jakarta sepertinya akan mempengaruhi harga-harga kebutuhan pokok lainnya dan kemungkinan kota yang ada di wilayah Bekasi, Depok atau Tangerang cepat lambat akan latah… hehe.. Ya kita tunggu saja bagaimana keputusannya.. Semoga menjadi keputusan yang terbaik bagi bersama… haha #ngimpi..

Tags:

Leave a Reply