[L13minInfo] – Paus Benediktus XVI mengundurkan diri

Paus Benediktus XVI

 

Hari ini, tanggal 11 Februari 2013 banyak sekali teman-teman saya di facebook yang menulis update status / informasi mengenai Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri. Sebagai seorang kristiani, saya sendiri merasa kaget dan tertarik dengan berita tersebut. Menurut Pidato dari Paus Benediktus XVI, beliau akan mengundurkan diri pada tanggal 28 Februari pukul 20.00.

Berikut ini pidato pengunduran diri dari Paus Benediktus XVI (hasil terjemahan dari kompas.com) :

“Salam saudara-saudaraku. Saya mengumpulkan Anda sekalian pada Rapat Gereja, tak hanya terkait tiga kanonisasi, tetapi juga untuk menyampaikan keputusan penting mengenai kehidupan Gereja. Setelah menelaah kesadaran saya berkali-kali di hadapan Tuhan, saya telah sampai pada suatu kepastian bahwa kekuatan saya, akibat usia tua, tak lagi memadai untuk menjalankan pemerintahan Santo Petrus. Saya sadar sepenuhnya bahwa pemerintahan ini, terkait sifat spiritualnya yang penting, harus dijalankan tak hanya dengan kata-kata dan kebajikan, tetapi juga tak kurang dengan doa dan penderitaan…. “

“Untuk memimpin pemerintahan Santo Petrus, dan mewartakan kitab suci, kekuatan fisik dan rohani sangatlah penting. Kekuatan ini, dalam beberapa bulan terakhir, terus merosot. Dalam beberapa hal, saya harus mengakui ketidaksanggupan saya untuk menjalankan tugas kepausan yang telah dipercayakan kepada saya. Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma, dan penerus Santo Petrus, yang telah dipercayakan kepada saya oleh para kardinal pada 19 April 2005, pada 28 Februari 2013 pukul 20.00. Maka, takhta Roma, takhta Santo Petrus, terhitung tanggal 28 Februari 2008 pukul 20.00, akan kosong. Selanjutnya, konklaf (sidang pemilihan paus) untuk memilih paus yang baru akan digelar…”

“Saudara-saudaraku, saya mengucapkan terima kasih yang mendalam atas semua cinta dan kerja yang Anda berikan kepada saya selama menjalankan tugas-tugas kepausan. Saya juga meminta maaf untuk semua kesalahan. Saat ini, marilah kita percayakan Gereja Suci untuk memilih Gembala Agung kita, serta memohon Tuhan Yesus Kristus dan Bunda Suci Maria, untuk mendampingi para kardinal untuk memilih paus yang baru. Saya juga akan tetap sepenuh hati melayani Gereja Suci Tuhan di masa mendatang melalui kehidupan yang didedikasikan untuk doa.”

Sebagai catatan menurut wikipedia, Paus Benediktus XVI :

Sri paus Benediktus XVI terlahir dengan nama Joseph Alois Ratzinger, terpilih sebagai Paus Gereja Katolik Roma pada 19 April 2005. Dia adalah Uskup Roma, pemimpin Negara Kota Vatikan dan Gereja Katolik Roma termasuk Gereja Katolik Timur dalam komuni dengan Takhta Suci. Dia dilantik sebagai Paus secara resmi saat Misa Pelantikan Paus pada 24 April 2005.

Pada tanggal 11 Februari 2013 Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya sebagai paus atas alasan kesehatan. Ia menyatakan akan menempati posisi paus sampai tanggal 28 Februari 2013. Dengan pernyataan ini, ia adalah paus ketiga dalam sejarah kepausan Katolik Roma yang mengundurkan diri.

Tags:

3 Responses

  1. author

    Bimakuru4 years ago

    [oot] ganti theme tho om, ngopo je ?

    Reply
    • author
      Author

      L13min4 years ago

      Golek sing simple.. SEO FRIENDLY wae om..

      Reply
  2. [L13minInfo] – Paus Baru telah terpilih dan memilih nama Paus Fransiskus I | Stephanus Christiono [dot] Com4 years ago

    […] Fransiskus I ini saat ini telah berusia 76 Tahun. Paus Fransiskus I ini merupakan pengganti dari Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri pada tanggal 28 Februari […]

    Reply

Leave a Reply