Disk Space Usage Membengkak (full)

Sudah pernah kan anda mengalami Disk Space Usage yang membengkak/full??

Saya baru saja mengalami kejadian di atas kemarin, senin (13 Agustus 2012). Saya sendiri kurang mengerti, kenapa bisa terjadi pembengkakan??

Berikut bukti jika Disk Space Usage milik saya mengalami pembengkakan :

Mengetahui hal ini saya cukup panik, buka Cpanel, cari tahu kenapa bisa bengkak. Deactive dan delete pluggins yang tidak perlu sudah di lakukan, tanya teman-teman dan google pun sudah dilakukan.

Menurut teman-teman blogger lain yang pernah mengalami kejadian yang sama, hal tersebut disebabkan karena kemungkinan ada spam atau email yang masuk kebanyakan, dan minta di hapus.. Saya cek mail dan spam dari file manager di cpanel, hasilnya tidak pengaruh. Saya coba hapus error log yang ada pada server domain saya, hasilnya berkurang (lumayan). Pada Public_html berkurang, tapi di other usage nya tidak berkurang. Terus kenapa???

Jalan terakhir saya mengadu ke Rumah Hosting yang merupakan tempat hosting stephanuschristiono.com. Saya bertanya, kenapa bisa terjadi pembengkakan pada disk usage server saya?? Berikut jawaban dari rumahhosting :

Mendengar jawaban tersebut, saya baru menyadari jika saya menggunakan shared hosting, di mana saya menggunakan kapasitas 500MB..  Dan kemungkinan ada client lain yang menggunakan server shared hosting yang sama dengan saya terjadi gangguan. Akhirnya saya terima sabar saja, sambil menunggu perbaikan. (karena pada hari minggu, terjadi masalah di IDC Indonesia – Neutral Data Centre yang ada di duren tiga Jakarta, yang menyebabkan banyak server situs nasional down dan baru bisa di nyalakan secara bertahap)

Setelah menunggu satu hari, hari ini saya cek kembali kondisi disk space usage server domain saya, dan hasilnya seperti berikut :

 Semoga apa yang saya alami ini dapat membantu teman-teman yang mengalami hal yang sama dengan saya… (pembengkakan disk space usage 

Rate this article!
Tags:

3 Responses

  1. author

    pras4 years ago

    Iya saya juga nih bang..
    Dah coba hapus file-file di /tmp tapi nggak ngaruh juga..

    Reply
    • author
      Author

      L13min4 years ago

      Hubungi layanan hosting anda… kirim support ticket aja.. di bantuin koq… hehe

      Reply
  2. author

    komarestima3 years ago

    sya juga ngalami gan thanks

    Reply

Leave a Reply