[L13minInfo] – Asteroid Toutatis, Asteroid Kentang yang mendekat ke Bumi

Asteroid kentang

Kayana bulan desember 2012 itu isinya heboh terus. Kehebohan itu dikarenakan oleh isu Kiamat di tahun 2012 dari ramalan Suku Maya, Nostradamus, dll. Saya sendiri heran, kenapa masih banyak yang percaya dengan ramalan-ramalan tersebut ya?? Kalo percaya bahwa KIAMAT itu pasti ada sech boleh, karena tidak pernah menunjukkan waktu pasti kapan akan datang,. hehe… kalo percaya ma ramalan yang udah di sebutkan, lebih baik saya menikmati hidup saja… hehe

Kabar terbaru yang saya dapatkan dari surat kabar beberapa hari terakhir adalah mengenai akan datangnya Asteroid Toutatis, atau biasa di kenal dengan nama asteroid kentang (karena bentuknya mirip kentang). Menurut Kabar, Asteroid Toutatis akan akan mencapai titik terdekat dengan Bumi pada Rabu (12/12/2012).

menurtut kompas.com, berikut beritanya :

Pada 2012 ini perlintasan-dekat Toutatis akan terjadi pada 12 Desember 2012 pukul 13.40 WIB mendatang sejauh ‘hanya’ 6,95 juta km atau ‘hanya’ 18 kali lebih jauh dibanding Bulan,” kata astronom amatir Ma’rufin Sudibyo lewat Facebook, Selasa (4/12/2012).

Menurut Ma’rufin, titik di Bumi yang akan mencapai jarak terdekat dengan asteroid nantinya adalah Samudra Pasifik. Asteroid hanya akan tampak sebagai bintik cahaya yang sangat redup, bermagnitud +8. Magnitud menyatakan kecerlangan benda langit; semakin negatif, semakin terang.

Ma’rufin menegaskan, asteroid itu hanya lewat di titik terdekatnya dengan Bumi, tidak akan menumbuk Bumi. Jadi, melintasnya asteroid ini takkan menyebabkan kerugian bagi manusia, apalagi menyebabkan kepunahan massal alias kiamat.

Meski demikian, ia menguraikan dampak yang mungkin terjadi bila Toutatis menghantam Bumi. Jika asteroid ini jatuh di tanah sedimen gamping atau sejenisnya, asteroid akan melepaskan energi mencapai 84 kali bom Hiroshima.

“Asteroid bakal mengoyak titik tumbuknya menjadi kawah selebar 39 km dengan akumulasi panas mampu membakar obyek sejauh 700 km. Sementara itu, gelombang kejutnya mampu memorak-porandakan kawasan seluas 5,6 juta km persegi tanpa ampun,” papar Ma’rufin.

“Jika Toutatis jatuh di lautan, terbentuk megatsunami yang demikian masif sehingga pada jarak 10.000 km dari titik tumbuknya, gelombangnya masih setinggi 36 meter (periode 260 detik) yang menjalar secepat 200 km/jam,” tambahnya.

Dampak hebat lain adalah gangguan lingkungan. Bila diasumsikan bahwa asteroid memiliki kandungan belerang 6,25, maka saat tumbukan asteroid akan melepaskan 576 juta ton aerosol dan sulfat ke atmosfer. Senyawa itu akan menjadi penghalang sinar Matahari ke Bumi.

Jika ukuran molekul aerosol 0,1 mm, maka sinar Matahari akan berkurang 10 persen. Dampaknya, suhu Bumi menurun 7 derajat Celsius. Perubahan iklim mendadak akan terjadi. Gangguan ini berpotensi menewaskan 1 dari 100 orang.

Asterois Toutatis merupakan asteroid yang mengorbit Matahari di wilayah antara Bumi dan Jupiter. Benda langit ini melintas di titik terdekat dengan Bumi setiap 4 tahun, sesuai periode revolusinya mengelilingi Matahari.

Dan berikut ini sedikit Video mengenai Asteroid Toutatis pada tanggal 12-12-2012 besok :

Sumber asli silahkan menuju TKP

Tags:

One Response

  1. [L13minInfo] – Fenomena Tanggal 12-12-12 | Stephanus Christiono [dot] Com4 years ago

    […] Fenomena Asteroid yang mencapai titik terdekat dengan Bumi pada tanggal 12-12-12 […]

    Reply

Leave a Reply