[L13minInfo] – 4 Pasangan Ganda Putri Badminton di Olimpiade 2012 terdiskualifikasi

Peristiwa memalukan terjadi di olimpiade London 2012 kemarin. Peristiwa memalukan tersebut terjadi pada cabang olahraga Badminton/Bulu Tangkis. Yang lebih mengecewakan, salah satu pasangan ganda putri andalan kita (Indonesia) –  Greysia Polii/Meiliana Jauhari juga terkena dalam kasus ini.

Kasus ini sendiri di alami oleh 3 pasangan lainnya, 2 pasangan ganda Putri Korea Selatan, dan 1 pasang ganda putri dari Cina. Berikut nama atlet yang terkena diskualifikasi :

  • Indonesia

Greysia Polii/Meiliana Jauhari

 

  • China

Wang Xiaoli/Yu Yang – Pasangan Juara dunia (peringkat 1 dunia saat ini)

  • Korea Selatan

Jung Kyung-eun/Kim Ha-na
Ha Jung-eun/Kim Min-jung

Mereka semua di diskualifikasi karena bermain tidak sportif karena terlihat dengan sengaja tidak mau mendapat/mengusahakan kemenangan (Sengaja Kalah). Cukup terlihat strategi yang di lakukan. Greysia/Meiliana dan Ha/Kim, berupaya keras mencegah diri menjadi juara grup C, agar tak berjumpa pasangan China, Wang Xiaoli/Yu Yang. Wang Xiaoli/Yu Yang diketahui sengaja mengalah dari duet Korea, Kyung Eun Jung/Kim Ha Na, dengan tujuan agar keduanya tak berjumpa pasangan China lainnya, Zhao Yunlei/Qing Tian di perempat final.

Berikut Link video pertandingan Wang Xiaoli/Yu Yang (China)  vs Kyung Eun Jung/Kim Ha Na (Korea Selatan)

Badminton Women’s Singles Group A – Korea v China Full Replay – London 2012 Olympic Games

Sangat terlihat jelas, dalam video tersebut, bahwa point sangat mudah di dapat (dalam set 1 hampir sebagian besar point di hasilkan  dari kesalahan pemain – salah servis) dan sangat terlihat bahwa, pasangan nomor 1 dunia dari china bermain di luar dari biasanya.

Mengetahui hal tersebut BWF langsung segera menyelidiki dan hasilnya ke 4 pasangan tersebut akhirnya didiskualifikasi oleh BWF.

Semoga BWF sendiri dapat mengintrospeksi diri mereka mengenai buruknya sistem turnamen dan semoga para atlet bulutangkis lainnya, maupun atlet cabang olahraga lain dapat mengambil hikmah dari kejadian ini.. hehe..

 

Tags:

3 Responses

  1. author

    elang ajib4 years ago

    walah,,walah,,akhirnya ke diskualifikasi toh,,kemaren saya juga sempet liat pas tanding sama korea itu,emang mainya pada gak niat,,sampe juri ngasih peringatan,,xixixixi…

    Reply
    • author
      Author

      L13min4 years ago

      Setuju banget pak ketua… Eh salah.. mas elang maksudnya… bener2 memalukan…

      Reply

Leave a Reply