[L13minBola] – Rafael Benitez Resmi menjadi Pelatih Baru Chelsea

rafael benitez

Setelah kemarin memecat Roberto Di Matteo, tanpa waktu yang panjang Chelsea telah memiliki manager baru. Sama seperti yang sudah di prediksi oleh beberapa pengamat, manager yang tersebut adalah Rafael Benitez.

Menurut Situs resminya chelsea,

Chelsea Football Club dapat mengonfirmasi jika Rafael Benitez sudah ditunjuk menjadi manajer interim tim utama Chelsea sampai akhir musim.

Pemilik dan Dewan percaya bahwa Benitez adalah seorang manajer dengan banyak pengalaman yang signifikan pada level tertinggi sepak bola. Dia diharapkan bisa segera membantu kami untuk mencapai level tertinggi di musim ini.
Pelatih 52 tahun itu akan bertemu dengan para pemain di sesi latihan di Cobham besok.
Peraih dua kali penghargaan Manajer Terbaik UEFA ini datang dengan catatan yang luar biasa. Dia memulai kariernya sebagai manajer di Spanyol. Namanya mulai terdengar setelah dia membantu Valencia menjuarai Liga Spanyol sebanyak dua kali dan Piala UEFA. Dia kemudian menghabiskan enam tahun di Liverpool dan membawa mereka menjuarai Liga Champions dan Piala FA.
Berikut ini sedikit Profil dari Rafael Benitez :

Rafael Benitez memulai karirnya dengan menjadi staf Real Madrid dan menikmati sukses ketika menangani tim muda dan tim cadangan. Ia juga menjadi asisten pelatih tim utama di bawah Vicente Del Bosque.

Pada tahun 1995, ia menangani tim senior untuk pertama kalinya di Real Valladolid. Kemudian ia menjalani karir singkat di Osasuna dan lalu di Extremadura dan Tenerife, keduanya ia bawa ke divisi tertinggi liga Spanyol.

Tahun 2001 ia menangani salah satu klub besar di Spanyol, Valencia, yang sebelumnya kalah berturut-turut di final Liga Champions di bawah Hector Cuper. Dengan kedatangan Benitez, mereka memenangkan gelar La Liga pertama dalam 31 tahun, dan sukses tahun 2002 itu diikuti dengan gelar yang sama tahun 2004. Musim itu mereka juga memenangi Piala UEFA, mengalahkan Marseille di final yang berlangsung di Gothenburg.

Benitez lalu mengundurkan diri pada musim panas itu dan pindah ke Merseyside. DI musim pertamanya, ia dikalahkan di final Piala Liga oleh Chelsea tetapi mampu lolos ke final Liga Champions, salah satu final paling terkenal sepanjang masa. Liverpool sempat tertinggal 3-0 di babak pertama di Istanbul dari AC Milan asuhan Carlo Ancelotti. Benitez melakukan pengubahan taktik dan Liverpool kemudian menyamakan skor menjadi 3-3 sebelum memenangkan adu penalti.

Kesuksesan itu diikuti dengan gelar juara Piala Super UEFA setelah mengalahkan CSKA Moscow. Di musim keduanya, Liverpool finis di posisi ketiga di liga dan mengumpulkan poin tertinggi mereka di liga sejak era Liga Primer dimulai. Mereka juga lolos ke final Piala FA, dan menang adu penalti atas West Ham.

Liverpool terus dibawa ke final turnamen besar di tahun ketiganya, tetapi AC Milan berhasil membalaskan dendam 2005 dengan mengalahkan mereka di final Liga Champions 2007 di Athena.

Pada musim 2008/09, Liverpool finis di posisi kedua di liga, empat poin di belakang Manchester United, tetapi setelah perginya para pemain kunci dan banyaknya pemain yang cedera, Benitez kemudian meninggalkan Liverpool pada musim panas tahun 2010.

Ia lalu pindah ke Milan dan mengambil alih eks tim Jose Mourinho, Inter, dan langsung memenangkan Piala Super Italia. Pada Desember, mereka memenangkan Piala Dunia Antar Klub FIFA. Namun, manajer dan klub akhirnya berpisah sebelum Natal.

Tapi apakah, Rafael Benitez akan berhasil di chelsea, kita nantikan saja… Semoga pengalaman selama melatih Inter Milan dapat di jadikan pelajaran,. (alias tidak gagal Total)… hehe..
Tags:

Leave a Reply