Malam ini, saya ngobrol-ngobrol  dengan teman saya ( Septo + Eric ).  Ada sesuatu yang menarik dan membuat kami penasaran karena menurut dosen Eric terdapat suatu misteri dan keajaiban dari Allah mengenai gereja / kapel yang memiliki tangga yang unik dan penuh misteri. Eric sendiri belum mengetahui nama jelas nama dari gereja / kapel tersebut. Karena saking penasarannya, maka saya pun langsung berjelajah di dunia maya dan akhirnya saya menemukan nama dari gereja / kapel yang di katakan oleh Dosen tersebut. Nama tempat itu adalah Kapel Lorreto.

Kapel Lorreto terdapat di kota Santa Fe daerah negara bagian New Meksiko Amerika Serikat. Keunikan dari kapel lorreto terdapat pada tangga yang ada di dalamnya.

Menurut beberapa sumber yang saya dapat kapel ini dibangun pada tahun 1878. Ketika kapel selesai dibangun, para biarawati menyadari tidak ada tangga yang bisa membawa mereka ke bagian atas kapel.

Pada saat itu mereka (para biarawati) tidak bisa berbuat apa-apa, kemudian para biarawati hanya bisa berharap akan ada pertolongan dari Allah melalui Santo Yusuf yang mana menurut kitab suci adalah seorang tukang kayu.

Pada saat para biarawati melakukan novena kepada Santo Yusuf, tiba-tiba mereka dikejutkan dengan datangnya seorang pria asing yang dengan sukarela datang menawarkan diri untuk membantu membuatkan tangga. Ia menggatakan bahwa dirinya adalah seorang tukang kayu.

Pria asing itu membuat tangga seorang diri dan tidak ada yang mengetahui bagaimana cara pria itu membuatnya. Tangga yang dibuat pria asing itu tanpa menggunakan paku atau alat perekat serta tidak ada satu pun tiang penopang/penyangga padahal tangga yang dibuat merupakan tangga dengan bentuk spiral. Selain itu tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan tangga itu selesai dikerjakan karena pria itu menghilang tanpa meminta imbalan dari jasa pembuatan tangga.

Menurut rumor yang beredar di Santa Fe mengatakan bahwa pria asing yang membuat tangga kayu itu adalah Santo Yusuf sendiri yang di utus Allah untuk menjawab doa para biarawati.
Karena misteri yang ada mengenai tangga kayu tersebut, saat ini kapel lorreto menjadi sebuah tempat ziarah.

Selain itu tangga kapel lorreto memiliki beberama misteri lain, diantaranya hingga saat ini para arsitek, pakar bangunan, dan ilmuwan tidak mengerti akan keseimbangan tangga tersebut, tanpa adanya tiang penyangga sebagai pusat bagi anak-anak tangga. Menurut hasil penelitian, jenis kayu yang digunakan pun tidak ditemukan di area Santa Fe.
Yang membuat tangga ini lebih menarik adalah 33  jumlah anak tangga yang seolah-olah menggambarkan umur Yesus ketika berada di dunia.

” Berbahagialah engkau yang tidak melihat tapi percaya”

error: Content is protected !!