Kapel Lorreto dengan misteri tangga kayu di dalam kapel

Malam ini, saya ngobrol-ngobrol  dengan teman saya ( Septo + Eric ).  Ada sesuatu yang menarik dan membuat kami penasaran karena menurut dosen Eric terdapat suatu misteri dan keajaiban dari Allah mengenai gereja / kapel yang memiliki tangga yang unik dan penuh misteri. Eric sendiri belum mengetahui nama jelas nama dari gereja / kapel tersebut. Karena saking penasarannya, maka saya pun langsung berjelajah di dunia maya dan akhirnya saya menemukan nama dari gereja / kapel yang di katakan oleh Dosen tersebut. Nama tempat itu adalah Kapel Lorreto.

Kapel Lorreto terdapat di kota Santa Fe daerah negara bagian New Meksiko Amerika Serikat. Keunikan dari kapel lorreto terdapat pada tangga yang ada di dalamnya.

Menurut beberapa sumber yang saya dapat kapel ini dibangun pada tahun 1878. Ketika kapel selesai dibangun, para biarawati menyadari tidak ada tangga yang bisa membawa mereka ke bagian atas kapel.

Pada saat itu mereka (para biarawati) tidak bisa berbuat apa-apa, kemudian para biarawati hanya bisa berharap akan ada pertolongan dari Allah melalui Santo Yusuf yang mana menurut kitab suci adalah seorang tukang kayu.

Pada saat para biarawati melakukan novena kepada Santo Yusuf, tiba-tiba mereka dikejutkan dengan datangnya seorang pria asing yang dengan sukarela datang menawarkan diri untuk membantu membuatkan tangga. Ia menggatakan bahwa dirinya adalah seorang tukang kayu.

Pria asing itu membuat tangga seorang diri dan tidak ada yang mengetahui bagaimana cara pria itu membuatnya. Tangga yang dibuat pria asing itu tanpa menggunakan paku atau alat perekat serta tidak ada satu pun tiang penopang/penyangga padahal tangga yang dibuat merupakan tangga dengan bentuk spiral. Selain itu tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan tangga itu selesai dikerjakan karena pria itu menghilang tanpa meminta imbalan dari jasa pembuatan tangga.

Menurut rumor yang beredar di Santa Fe mengatakan bahwa pria asing yang membuat tangga kayu itu adalah Santo Yusuf sendiri yang di utus Allah untuk menjawab doa para biarawati.
Karena misteri yang ada mengenai tangga kayu tersebut, saat ini kapel lorreto menjadi sebuah tempat ziarah.

Selain itu tangga kapel lorreto memiliki beberama misteri lain, diantaranya hingga saat ini para arsitek, pakar bangunan, dan ilmuwan tidak mengerti akan keseimbangan tangga tersebut, tanpa adanya tiang penyangga sebagai pusat bagi anak-anak tangga. Menurut hasil penelitian, jenis kayu yang digunakan pun tidak ditemukan di area Santa Fe.
Yang membuat tangga ini lebih menarik adalah 33  jumlah anak tangga yang seolah-olah menggambarkan umur Yesus ketika berada di dunia.

” Berbahagialah engkau yang tidak melihat tapi percaya”

Tags:

13 Responses

  1. author

    BimaSakti857 years ago

    pertamaxxx … 😀
    min poto ng sidebarmu rak nguati , akeh tikus do wedi kie manteb tenan hehehee

    Reply
    • author
      Author

      L13min7 years ago

      Wkwkwk… Asem tenan Comment ne… sing ono kie, para wanita tergila-gila… haha…

      Reply
      • author

        BimaSakti857 years ago

        ho’o para wanita berteriak
        “gila..gila..gila.. Limin gila.. ”
        weheheheh 😀

        Reply
      • author
        Author

        L13min7 years ago

        Wkakakak… wes biasa di bilang gitu, jadi ga kaget bim… haha

        Reply
  2. author

    anzo7 years ago

    Nais inpo gan…

    Reply
  3. author

    Ajun d'papua7 years ago

    Aduh, mas, aq ikutan yah. Tapi, lagi ngebahas apa ni? `
    aq ora ngerti

    Reply
    • author
      Author

      L13min7 years ago

      Gpp Koq mas, Ini cuma sekedar share aja… berhubung saya seorang nasrani, jadi saya ingin sedikit share aja tentang salah 1 tempat ziarah yang ada di dunia… sama halnya seperti Ka’bah dan Borobudur… makasih atas kunjungannya ya mas…hehe

      Reply
  4. author

    Ajun d'papua7 years ago

    Oh,iya.Tdk apa2.Kalau di papua,saya g tau dimana.Tapi kalau penyebaran agama nasrani,seingat saya bagian selatan meliputi Kaimana,Timika,Wamena,sampai merauke i2 KATOLIK sedangkan bagian utara meliputi Sorong,Manokwari,sampai Jayapura i2 Non Katolik. Saya sendiri pernah kuliah Politeknik Katolik Saint Paul.Hanya g sampai selesai, hehehe

    Reply
    • author
      Author

      L13min7 years ago

      Hehe… Indonesia yang katanya berlandaskan pancasila harusnya bisa saling belajar sejarah tiap agama,.. jadi lebih banyak pengetahuan agama di dapat… Saja juga pernah dengar cerita tentang beberapa keajaiban tentang Gereja di papua… tapi agak lupa tempatnya.. salah 1nya di daerah T4 jatuhnya pesawat merpati kemarin… (aq lupa nama t4 nya).. hehe

      Reply
  5. gereja lorreto (kekuatan srtruktur tanggayang fenomenal) « Be U'R SelF7 years ago

    […] :/liemien.wordpress.com  April 18, 2010  fr3derick Categories: Uncategorized Tags: kapel lorreto […]

    Reply
  6. author

    hantuceria7 years ago

    hmmmm artikel yg bagus kang… nambah inpo bgt…. nambah iman jg..

    Reply
    • author
      Author

      L13min7 years ago

      Ya lumayan… jadi penyejuk hati… hahaha

      Reply

Leave a Reply