Banyaknya kedai kopi yang ada di Yogyakarta seakan-akan memanjakan para penikmat kopi. Namun demikian, hal tersebut dapat berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan oleh para pebisnis kedai kopi. Fakta menunjukkan jika semakin banyak kedai kopi yang ada, maka sudah pasti semakin ketat juga persaingan yang dihadirkan.

Melihat fakta yang terjadi tersebut, para pebisnis kedai kopi sepertinya harus memikirkan cara agar dapat tetap bertahan di tengah persaingan yang ada. Salah satu cara yang sangat mungkin dilakukan adalah dengan memberikan sebuah konsep dan ciri yang unik kepada para pengunjungnya.

Jika berbicara tentang kedai kopi di Yogyakarta dengan konsep dan ciri yang unik, maka saya merasa tidak boleh melewatkan salah satu kedai kopi yang bernama Unlock Coffeeshop & Escape Room.

Kenapa Unlock Coffeeshop & Escape Room?

Banyak hal yang menurut saya membuat kedai kopi yang beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 203 Yogyakarta ini menarik dan layak untuk dicoba.

Pertama,

Unlock Coffeeshop merupakan salah satu kedai kopi yang menawarkan konsep baru yang masih cukup jarang ditemui di Yogyakarta.  Konsep baru yang dimaksud adalah menjadikan kedai kopi sebagai tempat rekreasi kuliner maupun rekreasi escape game.

Jadi gampangnya gini. Ketika kita datang ke kedai kopi, kita tidak cuma bisa menikmati kopi ataupun kuliner yang ada, namun kita akan diberikan sebuah tempat yang cukup menarik dengan permainan seru.

Salah satu permainan seru yang diberikan itu namanya escape room, dimana permainan ini meminta kita untuk dapat bekerja sama dalam tim dalam menyelesaikan misi untuk keluar dari sebuah ruangan yang terkunci.

Kedua,

Sebagai sebuah kedai kopi, Unlock Coffeeshop sudah pasti ingin menunjukkan keunggulannya dalam menu variasi kopi.

Variasi kopi yang diberikan oleh Unlock Coffeeshop cukup banyak. Mulai dari Single/Double Espresso, Hot/Cold Cappucino, Hot/Cold Americano, Hot/Cold Coffee Latte, Hot/Cold Vietnam Drip, Hot/Cold Moccacino, Avocado Coffee, Avogatto Coffee, Irish Avogatto Coffee hingga Double Irish Avogatto Coffee.

Jika kita suka dengan single origin coffee, kita dapat memilih menu-menu seperti Red Cliff, Garung, Balong, Posong, Pine, Munut, Cepit, Duku, Jawa Dampit, Tempuran, Apina, Lanang, Luwak.

Nah, menurut saya ada yang cukup menarik dari variasi menu kopi yang diberikan oleh Unlock Coffeeshop khususnya pada single origin. Unlock rupanya benar-benar ingin memberikan ciri dan sesuatu yang baru yakni menghadirkan varian kopi dari Temanggung Jawa Tengah.

Saya sendiri baru tahu jika Temanggung sebenarnya memiliki kualitas kopi yang sangat baik, bahkan sudah mulai diakui oleh dunia. Maaf, sebelumnya saya hanya tahu jika Temanggung merupakan salah satu tempat penghasil tembakau. Hehe.

Jauh-jauh datang ke kedai kopi hanya untuk memesan kopi yang dibuat dengan cara menyeduh dengan air panas rasanya sayang banget. Untuk itu, sebagai sebuah kedai kopi Unlock Coffeeshop memberikan banyak pilihan cara pembuatan dan penyajian kopi yang dapat dipilih oleh pengunjungnya.

Beberapa pilihan seperti French Press, Handpresso, Standard Brewing Methods, V60, Aeropress, dan Syphon dapat menjadi pilihan.

Jangan takut akan kualitas kopi yang ada di Unlock Coffeeshop. Kualitas kopi yang digunakan benar-benar cukup baik karena mereka memperhatikan kualitas kopi yang digunakan dengan cara melakukan sendiri proses produksi kopinya mulai dari pemetikan biji kopi, pemilihan kualitas biji kopi, pengeringan biji kopi hingga penggorengan biji kopi (roasting).

Kenapa bisa demikian?

Semua itu tidak lepas dari owner Unlock Coffeeshop yang memang berasal dari Temanggung.

Ketiga,

Jika kita berfikir jika sebuah kedai kopi sebaiknya hanya menyediakan menu kopi saja, maka menurut saya itu pandangan yang salah. Memang banyak pengunjung yang datang ke kedai kopi untuk nongkrong sambil menikmati kopi, namun jika kedai kopi tersebut tidak menyediakan snack atau menu makanan rasanya sayang juga.

Melihat hal tersebut, Unlock Coffeeshop juga memberikan menu fine dining dengan gaya western yang memiliki cita rasa tinggi dan cocok dinikmati bersama kopi.

Karena pada dasarnya memang ingin memberikan ciri dan konsep baru kepada para pengunjung, maka menu makanan yang diberikan oleh Unlock juga cukup “BEDA” dengan kebanyakan kedai kopi maupun resto yang sudah ada di Yogyakarta.

Unlock Coffeeshop memiliki beberapa menu unggulan yang dapat dikatakan cukup unik.

Menu pertama yang cukup unik tersebut adalah “Rice Pizza”.

Rice Pizza

Rice Pizza Teriyaki Tuna

Dari namanya saja sudah unik dan terdengar cukup aneh. Jujur, baru sekali ini saya tahu dan mencoba Pizza yang dibuat dari nasi.

Berhubung saya belum pernah mencoba Rice Pizza, saya harus mengatakan jika ide pembuatan menu ini cukup unik dan sedikit aneh. Walaupun demikian, saya juga harus jujur jika menu yang sedikit aneh tersebut cukup membuat lidah saya cukup nyaman karena rasanya enak dan tidak menghilangkan rasa Pizza yang biasanya saya makan.

Menurut manajemen Unlock Coffeeshop, ide rice pizza ini hadir dari pemikiran kebutuhan masyarakat Yogyakarta yang mayoritas menjadikan nasi sebagai pilihan makanan utama sehari-hari. Oleh karena itu Unlock mencoba untuk memodifikasi nasi tersebut dengan gaya western sesuai dengan konsep yang unggulkan oleh kedai kopi ini.

Menu unggulan kedua yang ada di Unlock Coffeeshop adalah “Spagheti Aglio Olio Sambal Matah

Spagheti Aglio Olio Sambal Matah

Sama halnya dengan Rice Pizza, menu Spagheti Aglio Olio Sambal Matah yang ada di Unlock Coffeeshop merupakan sebuah inovasi baru. Walaupun demikian, menurut saya menu yang satu ini tidak lebih gila dari ide membuat Rice Pizza. Hehe.

Jika melihat dari nama yang diberikan kepada menu ini, sudah jelas jika Unlock Coffeeshop berusaha untuk memadukan masakan dengan gaya western dengan Indonesia. (Pasta spagheti dicampur dengan sambal matah yang merupakan salah satu sambal favorit masyarakat Indonesia).

Boleh dibilang jika pada menu ini seperti melihat orang Italia sedang cari pasangan dari Indonesia. Jika sudah ketemu dan kemudian menikah dan punya anak, nanti anaknya jadi Indo (alias blasteran Italia-Indonesia). Pasti cantik sama ganteng itu.. Hehe..

Untuk rasa, Aglio Olio Sambal Matah ini menurut saya rasanya lebih baik dan lebih sukses daripada Rice Pizza. (pendapat pribadi berdasarkan selera)

Jika rice pizza membuat lidah saya cukup kaget dan merasakan suatu keanehan akan sebuah Pizza, maka lain halnya dengan Spagheti Aglio Olio Sambal Matah. Rasa dari spagheti aglio olio yang digabungkan dengan sambal matah bagi saya juara. Ya, juara pedas dan rasanya. Beneran enak pemirsa.

Rasa spagheti yang biasanya saya rasakan di masakan pasta ala Italia tidak hilang, begitu juga dengan sambal matah yang ada. Menurut saya, rasa pedas dari rempah-rempah yang digunakan sangat kuat dan membuat spagheti semakin nikmat.

Jika tidak percaya dengan apa yang saya katakan, silakan dicoba jika ada kesempatan.

Selain dua menu unggulan dan cukup unik di atas, masih banyak menu lain yang diberikan oleh Unlock Coffeeshop. Variasi menu lain seperti salad, soup, Italian Pizza, desert, snack dan juga main course dapat kita pesan di tempat ini.

Namun saran saya, jangan sampai tidak mencoba menu rice pizza dan aglio olio sambal matah yang ada di Unlock Coffeeshop. Sayang banget jika belum mencoba.

Terakhir soal menu makanan.

Jika anda datang ramai-ramai ke Unlock Caffeeshop, saya menyarankan agar anda datang ke pelayannya dan memesan menu yang namanya menu “kembulan”. Saya jamin anda akan mendapatkan pengalaman baru.

Sedikit tentang menu kembulan yang diberikan oleh Unlock Coffeeshop.

Menu Kembulan

Sebagaimana diketahui, yang namanya kembulan merupakan salah satu cara penyajian makanan dengan menggabungkan menu makanan dalam satu tempat yang besar. Tujuan dari kembulan sendiri adalah agar suasana makan semakin dekat dan akrab ketika tengah menyantap makanan.

Karena mengambil konsep unik, maka menu kembulan yang diberikan oleh Unlock Coffeeshop juga tidak mau dibilang biasa saja dengan menggunakan piring besar. Mereka memilih menggunakan daun pisang yang panjang sebagai alas untuk menu yang disajikan. Jadi ingat ketika ikut pramuka di SMA dulu. Hehe.

Terkait dengan porsi pada menu kembulan, Unlock Coffeeshop cukup fleksibel dan dapat disesuaikan dengan pesanan. Namun pada dasarnya, mereka menyajikan menu kembulan ini untuk porsi 5 orang.

Dalam menu kembulan yang kami jajal, kami mendapatkan 1 menu yang berisi 5 porsi aglio olio sambal matah yang dilengkapi dengan beberapa sate taichan yang memang saat ini cukup kekinian dan juga 1 menu Rice Pizza.

Pokoknya saya jamin seru makan kembulan di Unlock Coffeeshop. Jangan sampai tidak mencobanya. Rugi.. hehe..

Keempat,

Tempat dan suasana di Unlock Coffeeshop cukup nyaman dan menarik. Tempat ini sendiri mengusung gaya Industrialis dan elegan. Dimana dilengkapi dengan sofa yang nyaman lengkap dengan akses koneksi Wi-Fi yang kencang.

Selain itu, Unlock Coffeeshop juga cukup detail dalam menata ruangannya demi kenyamanan dan memberikan privasi kepada pengunjung. Hal tersebut dapat dilihat dengan memperhitungkan jarak antara satu meja dengan meja lain.

Desain ruangan yang nyaman dan menarik di Unlock Coffeeshop membuat pengunjung nyaman untuk melakukan foto selfie dan berlama-lama nongkrong bareng.

Tagline Unlock Coffeeshop & Escape Room

Sebagai sebuah tempat yang ingin memberikan sesuatu yang berkesan, mudah dikenal dan diterima masyarakat, maka Unlock Coffeeshop & Escape Room mencoba untuk mengambil slogan/tagline:

“Lets eat, play & drink (#letseatplayanddrink)”

Intinya di Unlock Coffeeshop kita tidak Cuma bisa minum kopi, tapi bisa makan dan juga bermain. Beberapa permainan boardgame dapat dimainkan secara gratis. Jika kurang, kita bisa mencoba main Escape Room.

Untuk saat ini tema Escape Room masih Resident Evil, namun kabarnya ke depan akan mengusung tema adventure seperti Harry Potter.

Lokasi Unlock Coffeeshop & Escape Room

Lokasi dari Unlock Coffeeshop & Escape Room berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 203 Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letaknya di utara Hotel Hyatt Yogyakarta. Jika kita dari arah selatan, maka harap pelan-pelan jika sudah melewati hotel Hyatt. Silakan ke utara sedikit hingga menemukan Pondok Makan Pelem Golek di kanan jalan. Nah, Unlock Coffeeshop & Escape Room di utara pondok makan pelem golek (satu deretan di kanan jalan)

Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta dari Google berikut: (link)

Jam Operasional Unlock Coffeeshop & Escape Room

Unlock Coffeeshop & Escape Room buka setiap hari pada jam berikut:

Senin-Kamis : 11.00 – 23.00 WIB

Jumat-Minggu : 11.00 – 24.00 WIB

Info & Reservasi

Adakalanya kita ingin memesan tempat untuk melakukan sebuah rapat ataupun pertemuan lain. Untuk memfasilitasi tersebut, Unlock Coffeeshop & Escape Room bisa dihubungi melalui beberapa cara :

Phone                   : 08562928822

WhatsApp           : 0811256224

Instagram            : unlock_coffeeshop_escaperoom_

Facebook            : unlockcoffeeshopandescaperoom 

Bonus

Berhubung pada tanggal 22 April 2017 lalu saya dapat kesempatan untuk ngevlog bareng di Unlock Coffeeshop & Escape Room, berikut ini saya berikan sedikit video gambaran tentang lokasi dan situasi yang ada di sana. Semoga semakin mencerahkan.

klik Link

Kalau suka jangan lupa like dan subscribe channel youtubenya ya.. Alah, malah promosi.. hehe..

error: Content is protected !!