Internet Unlimited, Bukan Pilihan Terbaik – Siapa sih yang tidak mengenal internet di tahun 2017 ini? Kalo masih ada yang tidak mengenal internet mungkin anda termasuk salah seorang yang terlalu cinta dengan dunia monokrom dan poliponik.. (yang ini bercanda lho, jangan baper ya, soalnya takut nanti ada konpres lagi #eh).

Di era sekarang ini, menurut pengamatan saya Internet seakan menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak kalangan. Bahkan sejak bayi baru lahir pun saya rasa sekarang sudah dikenalkan dengan yang namanya internet, khususnya dengan yang namanya social media. Hayo ngaku.. bener atau bener??

Gampangnya begini.. Gimana si bayi baru lahir tidak dikenalkan dengan internet kalau orangtuanya saja gaul dan orang yang gadgetable dimana segala momen ingin diabadikan ke Facebook, Instagram, Flickr dan YouTube? (lagi curhat iki, soale iki aku banget)

meme sandang pangan casan

Image source: onsizzle.com

 

Seingat saya, Guru yang mengajar saya di SD dulu pernah mengatakan jika kebutuhan manusia itu dibedakan menjadi tiga yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier, dimana kebutuhan primer biasanya dikaitkan dengan yang namanya “Sandang”, “Pangan”, “Papan”. Tapi bagi manusia yang hidup di era digital dan internet seperti saat ini, kebutuhan primer tersebut mungkin sudah berganti menjadi “Sandang”, “Pangan”, “Casan”. (hidup tanpa casan seakan mati gaya, makanya kemana-mana bawaannya powerbank)

Terkait dengan era Internet, jujur saya beberapa kali dibingungkan dengan pilihan paket internet. Kebingungan pertama saya dapatkan ketika memilih provider yang memiliki koneksi internet yang baik, stabil dan pastinya bersahabat buat kantong.

Internet Unlimited

Setelah mencoba beberapa provider internet yang ada, saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan “SmartFren” dengan device Andromax M3Z. Provider tersebut saya pilih dikarenakan jaringan 4G yang cukup merata dan stabil di coverage area tempat saya tinggal, terlebih lagi ada bermacam-macam pilihan paket dengan bonus dan kuota yang saya rasa cukup menarik.

Internet Unlimited

Ketika masalah provider sudah tidak menjadi masalah untuk dapat mendukung koneksi internet di tempat saya, tiba-tiba masalah lain muncul ketika saya penasaran dengan banyaknya paket menarik yang ditawarkan oleh SmartFren. Akhirnya, ketika bulan Januari lalu setelah paket internet saya habis, saya memutuskan untuk mencoba paket baru.

Internet Unlimited

Sebagai informasi, sebelum saya memutuskan mencoba paket baru, saya menggunakan paket Volume Based yang sertakan pada device MiFi Smartfren yang baru saya miliki pada bulan desember 2016 dimana volume paket internet yang diperoleh adalah 30GB. (bulan berikutnya top up Rp. 100ribu untuk kuota 7GB + 12GB internet malam)

Nah, rasa penasaran akan paket lain dari SmartFren yang saya alami pada bulan Januari lalu ternyata membuat saya kecewa dan mati gaya. Setelah paket internet yang diberikan bersama MiFi saya habis saya memutuskan untuk mencoba paket “Internet Unlimited Rp. 100ribu dari SmartFren”.

Internet Unlimited

Pemilihan paket tersebut sebenernya tidak terlalu berpengaruh banyak dari segi cost yang saya keluarkan karena ketika perpanjang paket memang saya juga diharuskan menggeluarkan dana yang sama. Namun disini kesalahan fatal yang saya lakukan.

Dengan berbekal pengalaman menggunakan paket Internet Unlimited ketika masih menggunakan modem usb dan masih ada dijaringan 3G yang lancar dan aman terkendali, saya tergoda untuk mencoba paket Internet Unlimited di jaringan 4G. Apalagi banyak yang mengatakan jika paket Internet Unlimited untuk jaringan 4G tidak akan maksimal. Saya ngeyel pengen coba dan membuktikan sendiri.

Internet Unlimited

Hasil pembuktian akhirnya menunjukkan kebenaran dari banyak gosip tentang Internet Unlimited di jaringan 4G. Saya kecewa berat karena hampir 1 bulan ini saya cukup kesulitan mengaskes internet menggunakan device MiFi yang saya miliki. Kerjaan terhambat dan akhirnya lebih memilih menggunakan akses internet yang saya dapat dari Tethering smartphone yang terbukti lebih kuat dan baik kualitasnya.

Segala kesalahan itu terjadi ketika kita belajar dan mencoba sesuatu yang baru. Namun dari pengalaman saya ini, saya hanya ingin mengatakan jika Internet Unlimited, bukan pilihan terbaik untuk jaringan 4G. Jika tidak percaya, silakan anda buktikan. Semoga anda tidak mendapatkan kekecewaan yang sama seperti yang saya alami.

Semangat sharing..

Salam,

@stchristiono

Facebooktwittergoogle_plus
error: