“Kopi yang anda minum hari ini: Ben’s Perfecto. Artinya, sukses adalah wujud kesempurnaan hidup.”Ben (Filosofi Kopi, 2015)

Mungkin masih banyak yang ingat dengan kalimat yang diucapkan oleh Ben dalam film Filosofi Kopi dua tahun lalu di atas.

Film Filosofi Kopi yang diangkat dari cerita pendek “Filosofi Kopi” karya Dee (Dewi Lestari) pada tahun 2015 memang banyak memberikan arti kepada jenis-jenis kopi. Bahkan melalui film Filosofi Kopi juga kita menjadi lebih tahu beragam jenis kopi baru yang ada di Indonesia.

Dua tahun berselang, akhirnya pada tahun 2017 Filosofi Kopi datang kembali. Ben dan Jody benar-benar kembali dari perjalanan panjang berkeliling Indonesia untuk membagikan “kopi terbaik” dengan menggunakan Kombi Filosofi Kopi berwarna kuning yang dipilihnya dahulu.

Berbeda dengan Filosofi Kopi sebelumnya yang lebih mengangkat perjuangan Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) dalam membangun kedai Filosofi Kopi, maka Filosofi Kopi 2: Ben & Jody lebih mengangkat persahabatan keduanya. Namun demikian, tetap tidak lepas dari yang namanya “kopi & cinta”.

AKU DAN FILOSOFI KOPI 2 BEN & JODY

Sebuah kesempatan langka dan mungkin menjadi yang pertama dalam hidup saya ketika mendapatkan invitation untuk dapat mengikuti Gala Premiere Filosofi Kopi 2 Ben & Jody pada tanggal 4 Juli 2017 lalu di XXI Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Gila mimpi apa ya bisa ikutan acara beginian.. Keren ya.. Wkwk.. #Ndeso tenan aku..

Invitation tersebut tidak lain datang dari Kompasianer Jogja (KJOG). Dengan adanya invitation ini, maka saya dapat menjadi salah seorang yang menyaksikan film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody untuk pertama kalinya di seluruh Indonesia.

Kalo ikut gala premiere aja mungkin udah keren karena bisa ketemu langsung dengan para crew dan pemainnya. Lha yang sekarang saya ikuti.. bukan cuma ketemu para pemain dan crewnya, tapi juga jadi yang pertama nonton filmnya di seluruh Indonesia.

ALUR CERITA FILOSOFI KOPI 2 BEN & JODY

Setelah saya mengikuti Gala Premiere Filosofi Kopi 2 Ben & Jody tanggal 4 Juli 2017 lalu, saya melihat ada beberapa hal umum terkait cerita film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody.

JALAN BUNTU KELILING DENGAN KOMBI

Setelah sukses membangun kedai Filosofi Kopi, Ben dan Jody akhirnya memutuskan untuk menjual kedai dan kemudian berkeliling Indonesia untuk membagikan kopi terbaik dengan menggunakan Kombi Filosofi Kopi. Namun rupanya usaha mereka berdua mengalami jalan buntu.

Puncaknya terjadi di suatu malam di Bali, saat tiga anggotanya yaitu Aga, Aldi dan Nana memutuskan mengundurkan diri dengan alasan mereka masing-masing.

Kedai Filosofi Kopi

MIMPI BARU

Keluarnya Aga, Aldi dan Nana dari Filosofi Kopi akhirnya membuat Ben & Jody harus memikirkan jalan keluar agar Filosofi Kopi tetap ada.

Ben & Jody akhirnya memutuskan untuk memulai “mimpi baru” yaitu dengan kembali ke Jakarta dan kembali membuka kedai kopi kemudian berusaha menjadikan Filosofi Kopi kembali menjadi kedai kopi nomor satu.

TANTANGAN BARU

Mimpi kembali ke Jakarta untuk membuka kedai kopi rupanya memunculkan “tantangan baru” yakni menghidupkan kembali kedai Filosofi Kopi, namun tidak kehilangan filosofinya.

BERTEMU DENGAN 2 PEREMPUAN

Usaha menghidupkan kembali Filosofi Kopi memang mengalami banyak tantangan. Di tengah tantangan yang dihadapi Ben & Jody, mereka bertemu dengan 2 perempuan, yakni Tarra (Luna Maya) dan Brie (Nadine Alexandra)

TARRA

Tarra (Luna Maya) merupakan seorang pebisnis wanita yang jatuh hati pada kopi. Ia juga merupakan seorang wanita independen yang punya pendirian kuat. Masuknya Tarra dalam Filosofi Kopi membuat kedai Filosofi Kopi hidup kembali, bahkan dapat berekspansi hingga luar Jakarta.

Tarra Filosofi Kopi 2

BRIE

Brie merupakan seorang barista perempuan yang baru saja lulus dari Melbourne. Kecintaannya terhadap kopi sendiri terinspirasi dari Ben. Ia menganggap jika kopi adalah harta yang sangat berharga sehingga tiap penyajiannya harus dilakukan secara presisi. Cara tersebut bahkan ia anggap sebagai cara terbaik untuk menghargai para petani kopi.

AGA DAN ALDI KEMBALI KE FILOSOFI KOPI

Spoiler Alert! Tantangan untuk kembali menghidupkan kedai filosofi kopi di Jakarta benar-benar terjal, terlebih ketika di Bali mereka kehilangan barista seperti Aga dan Aldi.

Kehadiran Tarra di Filosofi Kopi benar-benar memberikan berkah bagi hidupnya kembali kedai Filosofi Kopi di Jakarta. Aga dan Aldi akhirnya mau untuk kembali bergabung ke Filosofi Kopi.

PERTARUHAN PERSAHABATAN

Ben - Jody

Spoiler alert! Hadirnya Tarra dan Brie rupanya benar-benar menguji persahabatan dari Ben dan Jody. Persahabatan mereka lagi-lagi diuji oleh hadirnya cinta kepada wanita di tengah mereka.

Jika sebelumnya Ben dan Jody terlibat cinta dengan El (Julie Estelle), maka kisah cinta yang ada pada Filosofi Kopi 2 Ben & Jody lebih kompleks karena melibatkan cinta segi empat antara Ben, Jody, Tarra dan Brie.

Kebayang kan, gimana pusingnya ada cinta segi empat di antara para pemainnya??

BEST QUOTES

Ada satu filosofi yang tidak pernah ditulis tapi selalu ada dalam setiap cangkir yang dibuat di kedai ini. Setiap hal yang punya rasa, selalu punya nyawa.“ – Ben (Filosofi Kopi, 2017)

Filosofi Tubruk
Filosofi Macciato
Filosofi Cappucino
Filosofi Perfecto

HAL MENARIK DAN PERLU DIKETAHUI

IDE CERITA

Jika pada film Filosofi Kopi sebelumnya ide cerita awal berasal dari cerita pendek “Filosofi Kopi” karya Dee (Dewi Lestari), maka pada sekuel film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody, ide cerita melibatkan user. Dimana user diminta untuk mengirimkan ceritanya di www.filosofikopi.id.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Chicco Jerikho ketika Gala Premiere, melalui program “Ngeracik Cerita” #benjodyidea tercatat lebih dari 2000 orang telah menyumbangkan ide cerita untuk Filosofi Kopi 2 Ben & Jody.

Dari sekian banyak user yang mengirimkan ide cerita, akhirnya terpilih 2 user yaitu yaitu Ni Made Frischa Aswarini dari Bali dan Christian Armantoyo dari Jakarta Selatan.

Karena berhasil menjadi pemenang, cerita yang Frischa dan Christian buat akan disusun ulang oleh Angga Dwimas Sasongko (Sutradara Ben & Jody), Jenny Jusuf (Penulis Skenario Ben & Jody) dan Dewi Lestari (Penulis Novel Filosofi Kopi) menjadi skenario Film Ben & Jody.

Selamat ya buat para pemenang. Ide cerita kalian keren dan kece..

#SAHABATSEJATI

MUSIC

Angga Dwimas Sasongko selaku Sutradara dan Glenn Fredly selaku musik Produser bahkan mengatakan jika musik merupakan bagian yang penting dalam sekuel film filosofi kopi ini.

Mereka juga mengatakan karena Filosofi Kopi 2 merupakan film dengan konsep SoundTrack based, maka nuansa/genre dari lagu yang ada akan mewakili perasaan/pemikiran di masing-masing karakter.

Kekuatan karakter Ben & Jody di film Filosofi Kopi membuat Glenn selaku musik produser memikirkan cara untuk mengeksplor karakter Ben & Jody melalui musik.

Dan akhirnya, Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) terlibat secara langsung untuk menyanyikan lagu “Sahabat Sejati” ciptaan Eross Candra (SO7)

Episode The Series

Selain membuat film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody, Visinema Pictures juga membuat 5 episode serial film pendek tentang Filosofi Kopi 2 Ben & Jody.

Kelima episode serial tersebut meliputi :

  • PILOT
  • Password Hoki
  • W.I.B (Waktu Indonesia Bagian Ben)
  • Coffee Vs Non Coffee
  • Finale
u

GALA PREMIERE PERTAMA DI YOGYAKARTA

Seperti yang dikatakan oleh Angga Dwimas Sasongko, Yogyakarta dipilih untuk menjadi yang pertama peluncuran film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody karena Angga Dwimas Sasongko merasa beberapa tahun terakhir merasa jika Yogyakarta tumbuh menjadi episentrum perfilman Indonesia. Banyak sutradara dan film maker berbakat yang lahir dari Yogyakarta

Selain itu juga Yogyakarta menjadi tempat shooting film Filosofi Kopi 2 dan tempat lahirnya sineas berbakat, Jogja dapat menjadi kantong baru apresiasi film indonesia.

Sebagai informasi, Yogyakarta merupakan kota yang memiliki kedai Filosofi Kopi selain di Jakarta.

DETAIL CAST & CREW

 

Sutradara : Angga Dwimas Sasongko
Penulis Skenario : Jenny Jusuf, Irfan Ramly, Angga Dwimas Sasongko
Produser : Anggia Kharisma, Chicco Jerikho, Rio Dewanto
Co Produser : Handoko Hendroyono, Ajeng Parameswari, Nurita Anandia, Ridla An-Nuur.
Cast : Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Luna Maya, Nadine Alexandra, Ernest Prakasa, Tio Pakusadewo, Joko Anwar, Whani Darmawan, Aufa Dien Assagaf, Muhammad Aga, Westny Dj, Melissa Karim.

13 JULI 2017

DI BIOSKOP SELURUH INDONESIA

error: Content is protected !!