Seperti yang telah saya tulis pada artikel Jalan-jalan ke Stonehenge The Lost Heritage Kaliurang, pada tanggal 15 Februari 2017 lalu kami juga melakukan Family Trip ke Agro Wisata Bhumi Merapi yang ada di kawasan wisata Kaliurang.

Sebagai informasi, Agrowisata Bhumi Merapi merupakan salah satu wisata edukasi yang ada di Yogyakarta. Kenapa bisa saya katakan sebagai wisata Edukasi?

10Bhumi Merapi

Oke, saya kasih sedikit info yang saya miliki. (sok tau mode on) wkwk

Agrowisata Bhumi merapi dikatakan sebagai wisata edukasi karena di tempat ini kita bisa memberikan edukasi bagi anak-anak kita tentang alam, tumbuhan dan binatang. Banyak tumbuhan, hewan yang dapat kita kenalkan kepada anak-anak di Agrowisata Bhumi Merapi. Kalau tidak percaya, silakan datang sendiri.. belum sempat parkir, anda pasti sudah di sambut oleh pasukan kuda.. haha

FASILITAS

Agrowisata Bhumi Merapi ini memiliki cukup banyak fasilitas bermain bagi anak dan keluarga. Beberapa fasilitas yang dapat kita temui di objek wisata ini adalah Area Kemah, Outbound, Area Kambing Etawa, Area Hidroponik, Area Kelinci, Area Mamalia dan Reptil serta Area BioGas..

6Bhumi Merapi

Oh iya, ketinggalan.. Ada juga area naik kuda, taman bermain anak dan pastinya area parkir dan toilet. haha

13Bhumi Merapi

Selain fasilitas tersebut, Agrowisata Bhumi Merapi juga menyediakan fasilitas lain dimana pengunjung dapat mengunjungi situs sejarah yang bernama Goa Ponggolo.

14Bhumi Merapi

Ehm, Goa opo meneh kui?? Saya aja yang tinggal di sekitar merapi baru tahu nama situs sejarah itu.. wkwk,..

Usut, punya usut.. Ternyata Goa Ponggolo merupakan Goa yang sudah berusia 200 tahun dan memiliki panjang sekitar 350 meter dengan aliran air yang cukup deras. Tapi soal tempat detil Goa ini.. Saya juga belum tau, karena belum memungkinkan kesana karena bos kecil (aileen dan keenan) pasti belum boleh ke sana.. haha

LOKASI

Terkait dengan lokasi Agrowisata Bhumi Merapi, saya tidak dapat memberikan ancer-ancer yang cukup jelas. Tapi yang pasti, objek wisata edukasi ini berada di Jalan kaliurang km. 20, Sawungan, Hargobinangun, Sleman Yogyakarta.

Kalo dari tempat tinggal kami saat ini berarti tidak jauh. Cuma 7 km ke arah utara.. haha.. (ane kan sekarang di jalan kaliurang km.13)

Biar tidak memberikan info yang keliru, silakan lihat map yang ada di bawah ini.

Selain lokasi tersebut, Agrowisata Bhumi Merapi ini rupanya memiliki luas lahan 5,2 Ha yang terdiri dari lahan pertanian, perkebunan dan peternakan. Untuk pemandangan, ga perlu kuatir. Sebagai objek wisata alam, tempat ini juga memberikan view yang cukup indah karena langsung berbatasan dengan kali kuning dan memiliki latar belakang Gunung Merapi.

Harga Tiket dan Jam Kunjung

Terkait dengan tiket dan jam kunjung, Agrowisata Bhumi Merapi mematok tiket masuk dengan harga Rp. 15.000,- per orang. Tiket masuk tersebut masih bisa bertambah lho, jika anda membeli tanaman hidroponik untuk dibawa pulang, atau membeli 1 dot susu untuk memberi minum kambing etawa, memberi makan kelinci atau bahkan naik kelinci.. (eh salah.. naik kuda maksudnya)

Untuk naik kuda, anda diwajibkan membayar tiket sebesar Rp. 15.000,- sekali naik sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Sedangkan untuk 1 dot susu dan makan kelinci, anda diharuskan mengeluarkan dana @Rp. 2.500,-. Kalau untuk membeli tanaman hidroponik, jujur saya kurang tahu harga yang dipatok karena belum sempat membeli pada saat kunjungan ke sana.

Jam kunjung Agrowisata Bhumi Merapi sendiri mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB. Jadi jangan dateng terlalu pagi atau kesorean.. nanti yang ada malah disuruh nyapu lokasi dulu.. hehe

Kesimpulan

Objek wisata Agrowisata Bhumi Merapi ini cukup layak anda datangi ketika sedang berlibur di daerah Yogyakarta atau sedang berwisata ke wilayah kaliurang.

Fasilitas outbound dan fieldtrip yang dimilikinya juga sangat cocok bagi perusahaan maupun sekolah yang membutuhkan tempat untuk membentuk karakter bagi anak dan rekan kerja di tengah jenuhnya rutinitas mereka.

Ruang Narsis

Seperti biasa, setiap mengunjungi tempat atau objek wisata kami selalu narsis untuk selfie dan mengabadikan moment. Untuk membuktikan keeksisan dan kenarsisan kami, maka foto di bawah sepertinya bisa menjawabnya. (jangan lupa follow IG @stchristiono dan Flickrnya ya) wkwk..

Agro Wisata Bhumi Merapi Yogyakarta

VLog kami di Agrowisata Bhumi Merapi

Berhubung pada saat kami mengunjungi agrowisata Bhumi Merapi pada tanggal 15 Februari 2017 lalu saya sedang selo (ada waktu), maka saya berhasil mendokumentasikan kunjungan kami di sana dalam sebuah vlog sederhana seperti di bawah ini..

error: Content is protected !!