Blogger Bilang Jika Menulis Itu Mudah

Siapa bilang menulis itu sulit?
Siapa juga yang bilang jika menulis itu mudah?

Banyak orang khususnya para blogger seperti saya ini merasa jika menulis sudah menjadi bagian dalam aktivitas sehari-hari. Namun demikian, saya seringkali merasa jika menulis itu sulit.

Setelah merenung, saya akhirnya menemukan jawaban jika ternyata menulis itu tidak sulit. Bahkan menulis itu sangat mudah dan pasti kita lakukan setiap hari. Bagi teman-teman yang merasa jika menulis itu sulit, silahkan buktikan sendiri jika menulis itu mudah.

Oke, saya mau coba membuktikan fakta yang mengatakan jika menulis itu mudah.

Fakta pertama,
Sejak Sekolah Dasar (SD) kita sudah terbiasa untuk menulis.

Fakta pertama ini membuktikan jika kita telah memiliki jam terbang yang tinggi untuk menulis. Sebagai contoh, usia saya saat ini 27 tahun. Saya masuk SD usia 6 tahun. Maka, saya sudah terbiasa menulis selama 21 tahun. WOW, tidak terasa sudah lama juga. Hehe

Fakta Kedua,
Setiap hari kita pasti menulis.

Fakta ini seharusnya tidak perlu diperdebatkan lagi. Percaya atau tidak percaya, sadar atau tidak sadar, kita pasti menulis setiap hari. Toh menulis itu bukan berarti harus memegang alat tulis kemudian digoreskan di atas kertas. Dengan kita melakukan aktivitas SMS,,  Chatting, bermain dengan social media melalui smartphone, tablet maupun Laptop sudah cukup membuktikan jika kita pasti membuat tulisan setiap harinya.

Dari dua fakta di atas, saya dapat memastikan jika kita harus setuju dengan kenyataan jika menulis itu mudah. Namun, dibalik kemudahan dalam menulis tersebut, saya juga menganggap jika menulis itu tidak semudah yang dibayangkan.

Lha kok? Tadi bilang mudah, sekarang bilang sulit.

Oke, lagi-lagi saya mau memberikan fakta kenapa saya menganggap menulis itu sulit, khususnya bagi seorang blogger seperti saya ini.

Fakta Pertama,
Sudah punya media seperti blog, tapi tidak diupdate

Saya tidak mengatakan jika fakta pertama ini terjadi pada semua blogger, namun berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya pribadi, banyak blog yang akhirnya mati dan hilang begitu saja karena ditinggal pemiliknya tanpa ada update tulisan. Contoh tersebut membuat saya yakin dan percaya jika menulis itu tidak mudah, khususnya bagi para blogger seperti saya.

Fakta Kedua,
Dalam menulis kita perlu berfikir lebih, tidak bisa hanya menyalin.

Fakta kedua ini sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan membutuhkan jeda untuk berfikir sejenak sebelum menulis, membuktikan jika menulis itu tidak mudah. Bahkan mencontek yang dianggap sebagai cara untuk menduplikasi tulisan pun harus membutuhkan usaha. Hehe..

Dari dua pandangan mengenai menulis ini, saya merasa jika menulis itu  tetap mudah. Yang sulit hanya ketika kita kehilangan niat, semangat dan ide yang kemudian harua didokumentaaikan dan dituangkan dalam lembaran-lembaran kertas, artikel, maupun laporan-laporan. Hehe..

Ayo semangat menulis.. jangan sampai kalah sama anak SD..

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply