Batoer Hill Resort & Resto

Batoer Hill Resort & Resto

Kolaborasi Indah Eksotisme Alam, Budaya Dan Kuliner Desa

Gunungkidul, salah satu kabupaten yang dimiliki oleh provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut sepertinya memang belum akan berhenti untuk berbenah dan memberikan tempat-tempat baru nan eksotik.

Deretan pantai berpasir putih, wisata pegunungan, pesona bukit bintang hingga wisata susur goa telah membuat gunungkidul menjadi primadona pariwisata DIY dalam beberapa tahun terakhir.

***

Jujur, pariwisata yang ada di gunungkidul memang benar-benar selalu menarik dan memanjakanku. Hampir 6 bulan lamanya aku tidak mengunjungi gunungkidul, khususnya ke tempat wisatanya. Rasa kangen untuk berwisata ke gunungkidul sering membuatku berharap akan adanya ajakan berwisata ke tempat baru yang ada di gunungkidul.

“Tapi sudahlah, mungkin itu hanya harapan dari khayalanku saja.” pikirku.

Harapan dan khayalanku ternyata berubah pada akhir bulan Juli lalu, tepatnya tanggal 28 Juli 2017.

Ardian Kusuma

Mas Ardian kusuma tiba-tiba mengirimkan pesan lewat WhatsApp Messenger yang isinya undangan Gathering Travel Blogger di Batoer Hill Resort and Resto”.

Berdasarkan informasi yang diberikan, acara blogger tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Agustus 2017 di daerah batur, putat, kecamatan patuk, gunungkidul.

“Asik, wisata gratis ke gunungkidul bareng teman-teman blogger jogja.” Batinku.

Perasaan kurang piknik ke gunungkidul dan adanya tawaran gathering travel blogger tersebut akhirnya benar-benar membuatku tanpa pikir panjang untuk memutuskan ikut acara tersebut. Bahkan, agar acara tersebut benar-benar tidak menggangu pekerjaanku di kantor, maka aku langsung memutuskan untuk mengambil jatah cuti pada tanggal 4 Agustus 2017.

Menunggu Jemputan

Jumat (4 Agustus 2017) sore sekitar pukul 15.00 WIB, mobil Avanza berwarna silver datang menjemput kami berlima di loby Jogja International Hospital (JIH), salah satu titik kumpul untuk pergi ke Batoer Hill Resort & Resto.

Aku, Mas Achmad Muttohar, Mbak Vika, Mbak Lusi dan Mbak Indah Juli serta kak Tio (anak mbak Injul) naik ke mobil dengan berharap dapat tiba dengan selamat dan segera bergabung dengan rekan-rekan blogger lain yang sudah lebih dulu tiba di salah satu resort baru yang ada di Jogja tersebut.

Tidak terasa, perjalanan kami cukup lancar. Jalan berkelok dan menanjak ketika kita memasuki daerah desa wisata Bobung memberikan cerita tersendiri bagiku untuk dapat mencapai Batoer Hill Resort yang katanya memiliki pemandangan indah dan kolam renang di tepi tebing tersebut.

Sambutan Hangat

Setibanya di Batoer Hill Resort & Resto, kami disambut oleh mbak Irma Devita, salah seorang pengelola Batoer Hill Resort & Resto yang juga seorang blogger.

Dengan raut wajah senang, mbak Irma langsung mempersilakan kami untuk mengeksplor apapun yang ada di resort dengan pemandangan cantik nan eksotik ini.

Tanpa banyak membuang waktu, aku akhirnya mengabadikan spot demi spot yang ada di resort ini. 

“Ternyata pemandangan cantik nan eksotik itu bukan hanya menurut kata orang saja, tapi benar-benar kenyataannya seperti itu.”

Mbak Irma Devita
Pendopo Joglo Batoer Hill Resort
Menara Pandang Batoer Hill Resort & Resto
Pemandangan Batoer Hill Resort
i

HAL-HAL MENARIK DARI

BATOER HILL RESORT & RESTO

KOLAM RENANG TEPI BUKIT

Menurutku, kolam renang yang ada di resort ini merupakan salah satu spot yang cukup menarik.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Pak Win selaku pengelola Batoer Hill Resort & Resto kepadaku saat makan bersama satu meja, ia mengatakan jika kolam renang di Batoer Hill sengaja dibuat berbeda dan berada di tepi bukit karena memang konsep seperti itu masih jarang ada di Yogyakarta. 

Tapi beneran, ini konsep yang unik dan menarik. Ketika kita berenang, kita bisa langsung menikmati pemandangan alam dengan view yang sangat cantik dan segar. 

Jika boleh menilai, eksekusi dari konsep kolam renang ini cukup sukses untuk dapat membuat Batoer Hill menjadi salah satu resort baru yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Kolam renang Batoer Hill Resort

LOKASI DI KAWASAN DESA WISATA

Pemilihan lokasi resort ini juga sangat baik karena berada di Desa Batur Dusun Putat, Kecamatan Patuk Gunung Kidul yang notabene merupakan salah satu Desa Wisata.

Salah satu desa wisata yang terkenal di sini adalah Desa Wisata Bobung, desa penghasil Topeng batik yang cukup terkenal. Selain itu juga masih ada spot wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi seperti Air Terjun Banyunibo dan juga Kampung Emas Plumbungan.

Dengan lokasi tersebut, maka Batoer Hill Resort & Resto sangat baik untuk dijadikan lokasi menginap bagi wisatawan yang ingin mengekslor wisata yang ada di daerah Batur tanpa harus memikirkan keterbatasan waktu.

Selain berada di desa wisata, resort ini juga berada di daerah bukit dengan ketinggian sekitar 700mdpl. Sebagaimana diketahui, penginapan di daerah pegunungan memang cukup digemari oleh banyak orang.

Suasana hening dan tenang yang diselimuti oleh pesona alam pedesaan benar-benar akan membuat setiap orang yang datang ke sini menjadi nyaman dan rileks.

SPOT PEMANDANGAN ALAM YANG INDAH DAN EKSOTIS

Pemandangan alam yang indah menjadi hal paling menakjubkan bagiku ketika sampai ke resort ini. Lokasi yang berada di atas bukit seakan tidak menghalangi siapapun yang ingin melihat pemandangan alam di sekitarnya.

Eksotisme resort ini semakin bertambah ketika waktu menginjak senja. Nyala lampu di sekitar Batoer Hill Resort yang diiringi oleh tenggelamnya matahari tidak bisa menenggelamkan suasana alam Batoer. Para pengunjung justru semakin dimanjakan dengan keindahan alam yang disajikan.

“Tempat ini sebenarnya sudah indah dari sananya, tidak diapa-apakan pun sudah indah.” ujar Pak Win.

Ya, memang begitu kenyataannya. Bahkan menurutku, hampir semua spot yang ada di tempat ini mampu memberikan pemandangan alam yang sama indahnya.

Jika kita senang berburu foto Milky Way, maka tempat ini bisa menjadi salah satu tempat yang indah untuk mendapatkannya. Ya disinilah keistimewaan dari Batoer Hill Resort.

Senja Batoer Hill Resort & Resto
Senja Batoer Hill Resort & Resto
Bungalow Batoer Hill Resort & Resto
Kamar Batoer Hill Resort
Kamar Batoer Hill Resort
Kamar Mandi di Batoer Hill Resort

BUNGALOW DENGAN BERBAGAI TIPE

Rate harga

Rp. 500.000 – Rp. 800.000

Sebagai sebuah resort, maka sudah pasti harus memiliki kamar yang dapat digunakan untuk menginap para pengunjung.

Batoer Hill Resort sendiri menawarkan 12 unit bungalow dengan berbagai pilihan tipe mulai dari standard hingga VIP. Hingga saat ini pembangunan kamar sudah berjalan sekitar 85 persen. Dari total 12 bungalow yang ditawarkan, saya melihat hanya 1 bungalow VIP yang belum selesai dikerjakan.

Bentuk dari Bungalow sendiri cukup berbeda dengan resort yang biasanya kutemukan. Bahan kayu yang mendominasi setiap bungalow benar-benar membuat resort ini menyatu dengan suasana desa di sekitarnya.

Walaupun demikian, ketika kita masuk ke dalam bungalow, kita akan memperoleh fasilitas yang modern seperti televisi, AC, hingga kamar mandi dengan dukungan shower dan toilet duduk. Dengan fasilitas yang diberikan disetiap bungalow, Batoer Hill Resort ingin memberikan kenyamanan bagi para tamu yang menginap di sana.

Oh iya, ada yang ketinggalan tentang kamar dari bungalow di Batoer Hill Resort ini. Semua tipe kamar yang ada akan mampu memberikan pemandangan view alam yang sama indahnya. Jadi ketika kita bangun dari tidur di pagi hari dan membuka jendela kamar, kita akan langsung disambut oleh pemandangan alam pedesaan yang hijau dan segar. Istimewa.

KULINER KHAS PEDESAAN YANG NGANGENIN

Dari namanya saja Batoer Hill Resort & Resto pasti akan menyediakan menu kuliner. Namun kira-kira menu apa yang dapat kita temukan di sini? Itulah salah satu pertanyaan yang muncul bagi banyak orang, termasuk diriku.

Menjawab rasa penasaranku tersebut, tiba-tiba tumpukan piring yang berisi nasi lengkap dengan ayam suwir, gudangan, tempe, dan peyek hadir untuk ditengah-tengah kami.

“Ehm, sepertinya menu ini yang akan kita santap. Menu khas desa yang selalu ngangenin.” batinku.

Benar saja, piring-piring nasi lengkap dengan lauk pauknya tersebut memang  disajikan untuk menyambut kami di sini. Dengan menu pedesaan ini seakan membuat kita semakin menyatu dengan suasana alam di sekitarnya.

Hebatnya lagi, bahan baku resto diambil dari badan usaha milik desa dan memberdayakan masyarakat desa sekitar untuk mengolahnya. Ya, mungkin itu yang membuatku merasakan suasana dan rasa enak khas desa dari makanan yang ku santap.

Kuliner Batoer Hill Resort & Resto
Ingkung Batoer Hill Resto

kesenian Batoer Hill Resort & Resto

kesenian Batoer Hill Resort & Resto

KOLABORASI BUDAYA DENGAN MASYARAKAT DESA SEKITAR

Batoer Hill Resort & Resto sepertinya tidak dapat lepas dari eksotisme alam, budaya lokal dan masyarakat sekitar desa batoer. Ketiganya berkolaborasi menjadi satu bagian yang membuat harmoni semakin indah.

Keputusan dari pengelola resort ini untuk lebih banyak memberdayakan warga desa sekitar rasanya cukup tepat. Suasana desa wisata yang sudah melekat benar-benar tidak hilang ketika kita berada di Batoer Hill Resort.

Beragam kesenian bahkan menjadi daya tarik tersendiri di tempat ini. Alunan musik daerah yang dimainkan oleh beberapa pemusik lokal di tengah bangunan joglo seakan-akan membawa kita semakin menikmati suasana alam desa yang ada.

Eits, jika kita pergi ke Batoer Hill bareng-bareng, kita juga bisa lho minta lampion ke pengelolanya. Seperti yang aku lakukan bareng teman-teman blogger jogja.

Ke depan, Batoer Hill Resort juga akan membuatkan showroom kerajinan untuk masyarakat sekitar dan juga paket kesenian tersendiri.

MAIN LAMPION

Lampion Batoer Hill Resort & Resto
Lampion Batoer Hill Resort & Resto
Lampion Batoer Hill Resort & Resto
Lampion Batoer Hill Resort

PENGEMBANGAN BELUM USAI

Berhubung Batoer Hill Resort ini merupakan resort baru di jogja, maka pengembangan tempat ini juga masih akan terus dilakukan. Menurut Pak Win, ke depan masih akan banyak hal menarik yang akan hadir dan pastinya berbeda dengan yang lain.

Flying Fox dengan dua tali pengait, kolam renang air panas, tempat bermain paintball menjadi beberapa hal yang akan dapat dirasakan oleh para tamu. Di samping itu, spot-spot baru untuk berkemah dan melakukan pre-wedding atau bahkan acara wedding party pun sangat mungkin untuk hadir di tempat ini.

Menarik untuk ditunggu.

Look deep into nature, and then you will understand everything better.” — Albert Einstein

VLOGKU DI BATOER HILL RESORT & RESTO

INFO KONTAK & LOKASI

PETA LOKASI

Desa Batur Dusun Putat, Patuk, Gunung Kidul, DIY 55862

Email

batoerhillresort@gmail.com

Facebook

@batoerhillresort

Twitter

@BatoerResort

Instagram

@batoerhillresort

Phone

+62 812-2544-3716

Gimana? Masih belum tertarik datang ke tempat yang kece ini? Datang ke tempat ini bukan berarti kita harus makan dan menginap ya, sekedar untuk foto-foto atau renang juga boleh.

Jika anda suka dengan artikel ini, silakan bagikan dengan cara menekan tombol di bawah.

Facebooktwittergoogle_plus
error: