Asyiknya Merencanakan Liburan Terbaik Bareng Sun Life Financial

Hari Minggu (25/9/2016) yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara “Seminar & Exhibition RoadShow” di House Of Balcony Plaza Ambarukmo Yogyakarta bersama dengan Sun Life Financial dan juga Travel Blogger. Walaupun acaranya berupa seminar namun suasananya sangat seru dan menarik, bahkan jauh dari kata membosankan karena acaranya cukup santai dan lebih banyak hadir cerita dan tips untuk merencanakan liburan.

Sun Life Financial

Kumpul Bareng SunLife Financial

Karena dijadwalkan mulai pada pukul 12.00 WIB, acara ini diawali dengan makan siang (sambil menunggu teman-teman blogger dan media lain datang).  Setelah para peserta undangan (blogger/media) hadir dan selesai menyantap makan siang, mbak MC (Master of Ceremonies) pun akhirnya maju ke depan untuk membuka acara.

Sebagai tuan rumah yang mensponsori acara Seminar & Exhibition Roadshow ini, acara dibuka oleh sedikit penjelasan tentang Sun Life Financial oleh bapak Kaiser Simanungkalit selaku Head of Branding and Communication dari Sun Life Financial Indonesia. Dengan gaya bicara yang cukup santai dan mudah dipahami, Pak Kaiser menjelaskan tentang pentingnya asuransi dan menekankan jika asuransi itu bukanlah produk, melainkan lebih kepada perencanaan.

Sun Life Financial

Pak Kaiser Simanungkalit, Head of Branding and Communication dari Sun Life Financial Indonesia

Setelah pak Kaiser selesai memberikan sedikit pengantar tentang asuransi Sun Life Financial, acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang Bright Advisor oleh Senior Manager, Digital and Social Media Marketing dari Sun Life Financial, Akhmad Farabie.

Dalam penjelasannya, Pak Farabie mengatakan jika Bright Advisor merupakan sebuah portal online yang mudah dan cepat dalam mengakses informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Karena merupakan portal online, maka Bright Advisor dapat diakses melalui alamat website https://www.brightadvisor.co.id/

Sun Life Financial

Senior Manager, Digital and Social Media Marketing dari Sun Life Financial, Akhmad Farabie.

Menurut saya, salah satu fitur yang sangat menarik dari Bright Advisor adalah adanya fasilitas yang bernama Bright Calculator. Dengan menggunakan fasilitas Bright Calculator ini, kita dapat mensimulasikan besarnya dana yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan finansial misalnya rencana sekolah anak atau rencana liburan.

Selain belajar tentang Asuransi Sun Life Financial dan Bright Advisor, dalam acara ini juga turut mengundang dua orang narasumber kece dan senang plesir yakni Donna Imelda (Dosen, Travel Writer dan Co-Founder Indonesia Corners) dan Atanasia Rian (Travel Blogger). Mereka berdua berbagi ilmu dan pengalaman tentang perencanaan keuangan untuk berlibur.

Sun Life Financial

Donna Imelda (Dosen, Travel Writer, Co Founder Indonesia Corners)

Dalam sharing yang dibawakan oleh Mbak Donna Imelda, narasumber kece ini menjelaskan tentang pentingnya sebuah perencanaan saat akan melakukan liburan. Menurut mbak Donna ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan liburan, yakni:

  1. Tempat Tujuan (Dalam Kota/Luar Kota atau Dalam Negeri/Luar Negeri)
  2. Gaya Liburan  (Koper Traveler atau Backpacker)
  3. Solo Travel / Family Trip
  4. Jadwal Liburan (High Season atau Low Season)
  5. Budgeting

Nah, khusus untuk budgeting diperlukan perencanaan yang lebih karena menurut mbak Donna dalam melakukan sebuah perjalanan/liburan kita perlu menganggarkan biaya tranportasi, penginapan, makanan, rekreasi, belanja dan biaya tidak terduga. Intinya, setiap perjalanan/liburan pasti membutuhkan dana, walaupun dana tersebut tidak terlalu besar.

Karena membicarakan liburan sangat mengasikan, akhirnya tidak terasa sesi sharing dari mbak donna selesai juga. Jika melihat dari acara yang direncanakan masih akan ada satu sesi sharing dari mbak Atanasia Rian dan kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan bagi-bagi hadiah sebelum akhirnya acara diakhiri dengan foto-foto bareng. Hehe.

Sun Life Financial

Rizki Ananta Putra

Sebelum sesi sharing dari mbak Atanasia Rian, rupanya masih ada snack break. Sambil menikmati snack, kami dihibur oleh penampilan dari komika asal Jakarta yang kalah pamor dari adiknya yang bernama Rizki Ananta Putra (kakaknya Fico @ficocacola, Runner Up SUCI 3). Tidak disangka, walaupun kalah lucu dari adiknya, banyolan dan lawakan dari Rizki ternyata cukup oke juga dan membuat suasana semakin seru dan asyik.

Karena sempat ngefans dengan Fico, akhirnya saya mencoba foto bareng sama komika kakak-beradik tersebut (bukti kalo pernah ketemu Fico). Haha..

Sun Life Financial

Foto Bareng Fico – Rizki

Setelah Rizki Ananta Putra selesai melakukan openmic, kini giliran mbak Rian yang memberikan sharing dan tips untuk merencanakan liburan. Secara umum banyak hal yang hampir mirip seperti yang diungkapkan oleh mbak donna sebelumnya terkait perencanaan liburan. Walaupun demikian, mbak rian lebih fokus kepada tips untuk melakukan liburan dengan tipe Solo Traveling.

Sun Life Financial

Atanasia Rian, Travel Blogger

Menurut mbak rian, dalam melakukan solo traveling terdapat 6 langkah yang harus diperhatikan. Langkah-langkah tersebut meliputi :

  1. Planning
  2. Budgeting
  3. Browsing tiket murah
  4. Menyusun itinerary
  5. Packing
  6. Time To Go

Selepas sesi yang diberikan oleh mbak Rian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sekaligus dengan ada kuis live tweet. Banyak pertanyaan menarik dan membuka pandangan saya tentang pentingnya sebuah perencanaan, walaupun itu hanya merupakan perencanaan untuk liburan.

Akhirnya acara ditutup dengan foto bareng dengan para pembicara dan juga undangan. (kali ini saya ada di nomor tiga dari kanan bawah)

Sun Life Financial

Foto bareng

Terima kasih Sun Life Financial yang sudah mengundang saya untuk dapat ikut belajar bersama di acara  “Seminar & Exhibition RoadShow”. 

Sering-sering aja untuk adain acara di Jogja kaya gini. Siapa tau nanti saya benar-benar bisa wujudkan liburan terbaik bersama Sun Life Financial untuk menuju Indonesia #LebihBaik.

Tags:

One Response

  1. Stephanus Christiono | Tokopedia MeetUp Sanata Dharma: Yang Muda, Yang Berkarya2 months ago

    […] satu bulan terakhir saya mengikuti beberapa event seperti Ngobrol Bareng Blogger DIY dan BCA dan Talkshow bareng Sunlife Financial, satu event kembali saya lewati pada hari Sabtu (15/10/2016) lalu. Kali ini event yang saya ikuti […]

    Reply

Leave a Reply