ASUS ZenBook Flip UX360UA, Fleksibel dan Powerfull

ASUS ZenBook Flip UX360UA, Fleksibel dan Powerfull –  Setelah sebelumnya saya telah mereview notebook gaming terbaru dari ASUS yang bernama ROG G752VS, kali ini saya kembali akan mereview produk terbaru ASUS yang merupakan keluarga ZenBook bernama ZenBook Flip UX360UA.

Review ZenBook Flip UX360UA

Sama seperti sebelumnya, saya beruntung dapat melihat dan mendapatkan penjelasan tentang ASUS ZenBook Flip UX360UA ini secara langsung oleh tim ASUS.

***

Oke, lanjut ke review ASUS ZenBook Flip UX360UA

ZenBook Flip UX360UA ini pertama kali diluncurkan pada bulan September lau dalam acara Zenvolution 2016. Secara umum, ZenBook Flip UX360UA mengombinasikan kecanggihan sebuah ZenBook dengan kenyamanan dan fleksibilitas dari layar yang dapat diputar hingga 360°. ZenBook Flip ini memiliki desain yang ultra tipis serta stylish, dan nyaman dibawa seperti layaknya sebuah tablet, sangat cocok untuk digunakan di manapun Anda berada.

Secara performa, saya dapat katakan jika ZenBook Flip memiliki performa yang cukup powerfull karena didukung oleh Processor Intel Core. Selain itu, sebagai salah satu bagian dari keluarga ZenBook yang mengutamakan kemudahan dalam mobilitas kerja, maka ASUS ZenBook Flip ini sudah pasti memiliki ketahanan baterai yang maksimal yakni sanggup bertahan hingga 12 jam.

***

Sekarang saya coba memberikan review detail dari ASUS ZenBook Flip UX360UA. Silakan dibaca, jangan bosen karena penjelasannya cukup panjang. hehe


Review ASUS ZenBook Flip UX360UA


 

Desain Tipis, Penuh Gaya dan Canggih

Berbicara tentang desain, saya cukup kagum dengan apa yang diberikan oleh ASUS kepada ZenBook Flip ini. ASUS sendiri menganggap jika ZenBook Flip merupakan sebuah karya elegan yang tak lekang oleh waktu.

Review ZenBook Flip UX360UA

Sebagai salah satu produk premium, ZenBook Flip ini terbungkus dengan aluminium padat, yang diselimuti dengan sentuhan logam metal yang diasah hingga mencapai ketipisan hanya 13.9mm, serta berat hanya 1.3kg. (luar biasa tipis untuk ukuran sebuah perangkat notebook).

Untuk semakin memperlihatkan kesan premium dan kemewahannya, ZenBook Flip hadir dengan 2 pilihan warna yang memukau, yaitu Rose Gold yang canggih atau Mineral Grey yang cerdas.

 

Engsel Tangguh dan Spesial

Sebagai salah satu perangkat yang dapat diputar 360°, maka ZenBook Flip sudah pasti harus memiliki engsel yang tangguh dan kuat.

Review ZenBook Flip UX360UA

Menurut saya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan engsel yang ada pada ZenBook Flip ini. Selain telah diuji hingga 20.000 kali, engsel ini juga telah berhasil mendapatkan pengakuan dan penghargaan di Computex 2016 sebagai Best Choice Golden Award dam Computex d&i Award. Kalau sudah seperti ini, apa anda masih kurang yakin dengan ketangguhannya?

Review ZenBook Flip UX360UA

ASUS sendiri menamai engsel pada ZenBook Flip ini dengan Jewel Hinge yang juga dapat diartikan sebagai sebuah perhiasan.  Jewel Hinge menggunakan mekanisme multi-gear metal yang dibuat sangat presisi, sehingga dapat berputar sangat mulus tanpa tersendat dan menggenggam display dengan aman diberbagai sudut.

 

Layar Tajam Dan Nyaman Dilihat Dari Berbagai Sudut

Berbicara tentang layar, ZenBook Flip UX360UA memiliki ketajaman layar yang sangat baik dan cukup mumpuni.

Review ZenBook Flip UX360UA

Dengan ukuran layar sebesar 13.3 inci, ZenBook ini memiliki ketajaman layar Quad HD+ beresolusi 3200×1800 dengan kerapatan pixel 276 ppi. Panel layar tersebut memiliki tingkat refresh rate 60 Hz yang juga dilengkapi dengan panel IPS display. Panel layar itu memiliki fitur wide view atau bisa dilihat dengan cakupan pandangan yang luas dan memiliki sekitar 5,76 juta piksel warna. Atau bisa juga dikatakan 40 persen lebih tinggi dari panel layar miliki Apple Macbook 13 inci yang dilengkapi dengan Retina Display.

Selain itu, ZenBook Flip memiliki tingkat kecerahan layar 350cd/m2 yang berdampingan dengan panel IPS display sehingga akan membuat gambar yang muncul di layar terasa nyata dan hidup, dari berbagai sudut.

 

Performa Ngebut dan Dukungan Komponen Terbaik

Performa dari ASUS ZenBook Flup UX360UA dapat dikatakan sangat baik dan powefull. Dengan notebook ini kita dapat menjalankan semua aplikasi yang dipakai dengan sangat lancar, bahkan aplikasi desain grafis dan video editor sekalipun. Keren kan.. Hehe..

Review ZenBook Flip UX360UA

Rahasia dari performa yang powerfull dari ZenBook Flip ini rupanya berasal dari serangkaian komponen terbaik yang ada di dalamnya. Urusan dapur pacu, Notebook tipis ini didukung oleh prosesor intel Core i7 generasi terbaru yakni Intel Core i7-6500U. Selain itu ada RAM sebesar 8 GB dan storage berbasis SSD berukuran 512 GB yang semakin membuat ZenBook Flip mampu bekerja sangat cepat untuk mengolah komputasi apapun.

Detailnya, Prosesor Intel Core i7-6500U ini memiliki teknik fabrikasi 14 nm yang dapat di boost kecepatannya hingga 3,1 GHz. Jajaran prosesor ini juga merupakan salah satu jajaran chip hemat daya yang dibuat oleh Intel. Hal itu semakin dipertegas oleh nilai TDP-nya yang hanya 15 W. Ketika diatur pada konfigurasi tertinggi, konsumsi listriknya mencapai 25 W sementara konsumsi listrik terendahnya adalah 7,5 W.

Biar semakin yakin, silakan simak hasil dari berbagai software benchmark berikut.

Review ZenBook Flip UX360UA

 

Review ZenBook Flip UX360UA

 

Review ZenBook Flip UX360UA

 

Review ZenBook Flip UX360UA

 

Review ZenBook Flip UX360UA

 

Touchscreen ultra sensitif

Sebagai salah satu perangkat yang menggunakan teknologi layar sentuh, Zenbook Flip UX360UA dilengkapi dengan sensor sentuhan dengan standar yang paling tinggi, dimana dua kali lipat lebih sensitif dari pada teknologi touchscreen pada umumnya. Sensor tersebut diklaim mampu merespon dengan baik, bahkan ketika diameter daerah sentuhan hanya 5 mm. Padahal pada umumnya sensor yang ada di pasaran masih berkisar pada diameter 9mm. Luar biasa sensitif. Keren.

Review ZenBook Flip UX360UA

 

 

Konektivitas Tinggi dan Lengkap

Tidak seperti kebanyakan notebook tipis lainnya, ASUS memberikan konektivitas yang lengkap dan cocok untuk anda yang sering bekerja secara mobile. USB Type C, USB 3.0, HDMI dan slot SD Card tetap dihadirkan pada notebook ini. Dengan adanya konektivitas tersebut, anda akan sangat dimudahkan dalam menghubungkan seluruh perangkat yang Anda miliki saat ini dengan ZenBook Flip.

Review ZenBook Flip UX360UA

 

WiFi lebih baru, lebih cepat, lebih stabil

Sebagai perangkat yang portable, fitur WiFi menjadi sebuah keharusan. Terkait dengan WiFi, ZenBook Flip UX360UA ini dapat dikatakan cukup spesial karena menggunakan teknologi WiFi terbaru yakni 802.11a yang sangat cepat. Wi-Fi ini mampu mendulang kecepatan hingga 867 Mbps, yang notabene lebih cepat hingga 3 kali lipat dibanding dengan Wi-Fi generasi sebelumnya. Selain cepat, teknologi WiFi terbaru itu diklaim lebih bertenaga, serta mampu menjaga signal dengan stabil.

Sebagai pelengkap, ASUS juga menambahkan fitur bernama Intel Wireles Display yang akan membantu Anda menampilkan video, lagu, hingga streaming musik dan film dari ZenBook Flip ke monitor/TV lain yang kompatibel. Ini bermanfaat ketika Anda ingin melakukan presentasi atau multitasiking di layar yang lebih besar.

 

Keyboard Tipis dan Nyaman

ZenBook Flip UX360UA memiliki keyboard yang nyaman untuk digunakan. Selain itu keyboard ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti chicklet, backlight dan key travel. Dengan fitur-fitur yang diberikan oleh ASUS tersebut, mengetik menjadi lebih nyaman.

Review ZenBook Flip UX360UA

Uniknya, keyboard ZenBook Flip ini cukup tipis dan ringan namun tetap empuk jika ditekan. Hal tersebut disebabkan karena ZenBook Flip mampu mengoptimalkan elastisitas karet silica gel yang persis berada dibawah tombol keyboard.

 

Touchpad Intuitif dan Akurat

Selain Keyboard yang nyaman, ASUS ZenBook Flip UX360UA dilengkapi dengan touchpad empuk yang intuitif dan akurat. Keakuratan dari touchpad ini tidak lain karena memiliki teknologi yang mampu merespon sentuhan dan pergerakan tangan penggunanya dengan sangat baik.

Touchpad ZenBook Flip juga mendukung fitur yang bernama Smart Gesture dan Windows Gesture. Kedua fitur tersebut membuat touchpad ini semakin intuitif dan akan memudahkan penggunanya melakukan serangkaian pola gerakan khusus seperti mencubit, mendrag ataupun hanya mengklik.

Berikut ini beberapa fungsi yang dapat dilakukan dengan fitur smart gesture pada ASUS ZenBook Flip ini.

Review ZenBook Flip UX360UA

Suara Jernih dan Mantap

Jangan sepelekan ZenBook Flip untuk masalah audionya. Walaupun notebook ini dapat dikatakan cukup tipis, namun suara yang dihasilkan sangat jernih karena didukung oleh teknologi SonicMaster yang merupakan hasil kerjasama dari Tim ASUS Golden Ear yang berkolaborasi dengan Harman/Kardon.

Review ZenBook Flip UX360UA

 

Selain itu, peletakan dua buah speaker yang ada di bawah area palmrest membuat suara yang keluar dari notebook menjadi memantul dengan sempurna, tidak pecah dan terasa bulat.

Untuk semakin memaksimalkan audio yang ada pada ZenBook Flip, ASUS mendukungnya dengan aplikasi bernama AudioWizard. Melalui AudioWizard, pengguna dapat men-setting suara ke dalam lima buah mode, yakni music mode, movie mode, recording mode, gaming mode, speech mode, atau juga mematikannya. Pokonya suara jadi terdengar sempurna.

 

Baterai Kuat dan tahan Lama

ZenBook Flip UX360UA dirancang untuk pengguna yang punya gaya hidup begitu dinamis. Karena merupakan sebuah perangkat yang di desain untuk mobilitas tinggi, maka baterai menjadi salah satu hal yang cukup penting dan perlu diperhatikan.

Dengan dukungan dari baterai Lithium Polimer dengan 3 cell unit yang tertanam di dalamnya, notebook ini dapat dikatakan memiliki manajemen daya yang cukup baik. Secara umum, ASUS mengkalim jika ZenBook Flip dapat bertahan hingga 12 jam.

 

Harga

Nah terkait dengan harga ini sebenarnya dapat dikatakan cukup relatif. Di Indonesia, ASUS ZenBook Flip UX360UA dijual dalam 2 pilihan yaitu dengan prosesor Intel Core i5-6200U dan juga prosesor Intel Core i7-6500U.

Untuk ZenBook Flip dengan prosesor Intel Core i5-6200U dijual dengan harga sekitar Rp 15jutaan, sedangkan ZenBook Flip dengan prosesor Intel Core i7 dijual di kisaran harga Rp 17jutaan.

 

Video Review

Untuk semakin meyakinkan anda tentang ASUS ZenBook Flip UX360UA ini, silakan anda lihat video intoduction dari Tim ASUS berikut

 

 

Spesifikasi Lengkap

Main Spec. ZenBook Flip UX360UA
CPU Intel® Core™ i7-6500U Processor (4M Cache, up to 3.10 GHz) /

Intel® Core™ i5-6200U Processor (3M Cache, up to 2.80 GHz)

Operating System Windows 10 Home
Memory 8GB DDR3L 1866MHz SDRAM
Storage 512GB SATA3 M.2 SSD
Display 13.3″ (16:9) LED backlit QHD+ (3200×1800) Glare Touchscreen with 72% NTSC
Graphics Intel® HD Graphics 520
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 2x USB 3.0 ports, 1x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), 1x HDMI, 1x SD card reader, Volume up/down
Camera HD Web Camera
Connectivity Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Technology with Harman/Kardon

Battery 3 Cells 57 Whrs Polymer Battery
Dimension 32,3 x  x 22,0 x 1,39 cm
Weight 1,27Kg with Battery
Colors Grey, Rose Gold
Warranty 2 tahun garansi global

 

Kesimpulan

ZenBook Flip ini sangat direkomendasikan kepada semua pengguna yang membutuhkan produktifitas dalam segala kondisi, baik di dalam maupun di luar ruangan (mobilitas tinggi). Fleksibilitas dan juga keunggulan performa yang diberikan oleh ZenBook Flip UX360UA dapat membuat kerja anda semakin maksimal.

Adanya pilihan prosesor yang diberikan semakin membantu anda dalam menyesuaikan kebututuhan dengan budget yang anda miliki.

Walaupun harga yang diberikan dapat dikatakan cukup mahal, namun melihat segala keunggulan yang ditawarkan, saya rasa cukup sebanding dengan apa yang akan anda peroleh.

Jadi, apakah anda tertarik untuk memiliki ASUS ZenBook Flip UX360UA  ini?? Kalau saya sech tertarik.. hehe

Tags:

2 Responses

  1. author

    prima2 months ago

    harganya brapaan boss kok kayaknya tertarik nich bisa nop ke kantor hehehehe 🙂

    Reply
    • author
      Author

      Stephanus Christiono2 months ago

      Itu dibagian bawah ada keterangannya koq..

      Untuk yang seri Core i5 harga sekitar 15jutaan, kalo yang seri core i7 harga 17 jutaan.. 😀

      Reply

Leave a Reply