ASUS ROG G752VS, Notebook Gaming Dengan Grafis NVIDIA GTX1070

ASUS ROG G752VS, Notebook Gaming Dengan Grafis Nvidia GTX1070 – Teknologi grafis terbaru dari NVIDIA yang bernama Pascal memang belum lama dirilis, namun ASUS sangat cepat merespon kehadiran teknologi chip grafis terbaru tersebut dengan mengeluarkan notebook gaming ROG G752VS.

rog-g752vs

Sebagai informasi, notebook ASUS seri ROG (Republic of Gaming) sangat identik dengan yang namanya gaming. Spesifikasi gahar dengan dukungan teknologi grafis kelas tinggi pada produk ROG menjadikan ASUS sebagai salah satu vendor terbaik dalam segmen notebook gaming.

Sesuai dengan janji yang telah saya tuliskan pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan mencoba memberikan review tentang beberapa produk terbaru dari ASUS, salah satunya ASUS ROG G752VS. Kebetulan saya berkesempatan untuk melihat dan mendengarkan penjelasan dari tim ASUS tentang notebook gaming terbaru dari ASUS tersebut.

***

Oke, saatnya saya review ASUS ROG G752VS.

ASUS ROG G752VS merupakan notebook gaming terbaru dari seri ROG yang memiliki tampilan gahar dan spesifikasi tinggi. Kegaharan ROG G752VS dapat dilihat dari desain body yang terlihat sangat kokoh dengan balutan warna skema Armor Titanium dan Plasma Copper.

Secara umum, ROG G752VS didukung oleh kartu grafis NVIDIA GeForce GTX1070, salah satu teknologi grafis terbaru dari NVIDIA dengan arsitektur Pascal. Notebook ini juga didukung oleh Prosesor Intel® Core™ i7-6820HK Processor 8MB cache @ 2.7GHz, RAM sebesar 64GB DDR4, Storage SSD dan HDD 1 TB, serta panel display berukuran 17” dengan Ultra HD beresolusi  (3840X2160) .

Dengan spesifikasi tersebut, kita bisa dibayangkan bagaimana performa dari ASUS ROG G752VS. Pastinya sangat luar biasa dan memanjakan para gamers.

***

Agar semakin jelas, saya akan mencoba memberikan detail review ASUS ROG G752VS. Mohon tidak bosan ya, karena penjelasannya lumayan panjang. Hehe..

 

ASUS ROG G752VS

 

Performa Gahar dan Maksimal Dengan Prosesor Intel® Core™ i7-6820HK dan GPU NVIDIA GeForce GTX1070

Jika saya ditanya bagaimana performa notebook gaming ASUS ROG G752VS, maka saya akan menjawab luar biasa gila dan menjadi notebook terbaik yang pernah saya sentuh hingga saat ini.

Ini perform spesifikasi dari ROG G752VS.

Review ASUS ROG G752VS

Spesifikasi ROG G752VS

 
Prosesor terbaru generasi ke-6 Intel® Core™ i7-6820HK

ROG G752VS dibekali oleh Prosesor Intel® Core™ i7-6820HK Processor 8MB cache @ 2.7GHz yang merupakan prosesor terkini dari generasi ke-6 yang menggunakan arsitektur Skylake 14nm yang sangat kecil, Quad Core dan 8 threads. Prosesor ini membuat performa notebook ASUS ROG G752VS menjadi tidak tertandingi dan maksimal.

Review ASUS ROG G752VS

Spesifikasi Prosesor ASUS ROG G752VS

Selain itu, prosesor ini juga memberikan sebuah toolkit overclocking yang dapat diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. (bisa di overclock sampai 4GHz)

Ini salah satu hasil setelah ASUS ROG G752VS dioverclock.

Review ASUS ROG G752VS

Overclock ASUS ROG G752VS

 
 
GPU NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070

ROG G752VS didukung oleh kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070, salah satu teknologi grafis terbaru dari NVIDIA dengan arsitektur Pascal. GPU ini mampu memberikan inovasi dalam mengubah permainan dan juga telah siap untuk menjalankan program Virtual Reality (VR).

Dengan adanya dukungan dari kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070, ASUS menjamin jika penggunanya akan dapat menikmati pengalaman VR yang halus, latensi rendah, nyata dan bebas lag pastinya.

Review ASUS ROG G752VS

Game Performance NVIDIA GTX1070

NVIDIA juga mengklaim jika kekuatan dari chip grafis dengan arsitektur pascal cukup jauh lebih baik daripada chip grafis dengan arsitektur sebelumnya yang bernama Maxwell. Secara spesifik, NVIDIA menyebut jika kekuatan GTX™ 1070 2,5x kipat lebih baik dibandingna  dengan sang pendahulu GTX™ 970.

Review ASUS ROG G752VS

Spesifikasi NVIDIA GeForce GTX1070

 

Secara spesifikasi, GTX™ 1070 dibekali oleh spesifikasi yang lebih baik seperti jumlah CUDA Cores sebanyak 2048, VRAM sebesar 8 GB menggunakan dan memori speed mencapai 8 Gbps dan tingkat boost clock-nya mencapai 1645 MHz.

 

Desain Body Gahar Dan Elegan

ASUS ROG G752VS

Dari sisi desain, kesan gahar dan kokoh dari ROG G752VS langsung merasuki pikiran saya. Bagaimana tidak, Notebook berdimensi 385 x 255 x 32.4mm ini memiliki ketebalan kurang lebih 3 cm dan berbobot sekitar 4 kilogram. Ukuran yang menurut saya cukup bongsor dan berat untuk sebuah notebook. (jujur, saya baru pertama kali melihat notebook dengan ukuran sebesar ini. Hehe..)

Walaupun tampil cukup gahar, saya menilai desain ROG G752VS ini sangat elegan. Kombinasi warna silver-merah yang ditambah dengan penempatan logo dan nama brand Republic of Gamers yang ada pada body membuatnya semakin terlihat cantik. 

 

Layar Besar Berteknologi NVIDIA G-SYNC

Review ASUS ROG G752VS

Layar ASUS ROG G752VS

Dengan memiliki desain body berukuran besar, maka ROG G752VS sudah pasti memiliki layar yang cukup besar pula. Notebook ini memiliki bentang layar seluas 17.3 inci dengan panel beresolusi Ultra HD (UHD) (3840X2160).

Selain itu, ASUS juga melengkapi layar ROG G752VS dengan tingkat refresh rate 60 Hz dan teknologi NVIDIA G-SYNC untuk mengimbangi kartu grafis NVIDIA GeForce GTX1070 yang disematkan pada notebook gaming ini.

Sebagai informasi, NVIDIA G-SYNC adalah sebuah fitur yang berfungsi memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU.

 

Touchpad dan Keyboard Unggulan

 
Keyboard

Review ASUS ROG G752VS

Keyboard ASUS ROG G752VS

Karena ditujukan kepada para gamers, maka ROG G752VS diharuskan memiliki Touchpad dan Keyboard yang handal dan nyaman. Untuk itu ASUS merancang keyboard dengan dukungan fitur Anti Ghosting Keyboard yang memungkinkan penggunanya dapat menekan 30 tombol secara bersamaan tanpa ada gangguan.

Pada keyboard, ASUS juga memberikan efek beda pada tombol AWSD (kalau dicermati warnanya berbeda, dimana terdapat list merah). Menurut saya, efek perbedaan warna pada tombol favorit para gamers ini semakin mempercantik kegaharan ROG G752VS.

Review ASUS ROG G752VS

Keyboard ASUS ROG G752VS (AWSD button)

Selain adanya fitur Anti Ghosting dan list merah pada tombol AWSD, ASUS juga memberikan 5 tombol shortcut (M1, M2, M3, M4, M5) dan satu buah tombol tambahan untuk merekam permainan menggunakan software Xsplit Gamecaster yang sudah diberikan secara gratis seumur hidup untuk pembelian notebook di bagian numerik pad dengan logo ASUS Republic of Gamers.

Review ASUS ROG G752VS

Tambahan Tombol Shortcut Keyboard ASUS ROG G752VS


 
Touchpad

Review ASUS ROG G752VS

Touchpad ASUS ROG G752VS

Selain keyboard, touchpad yang ada pada ROG G752VS juga sangat nyaman dan dilengkapi dengan teknologi Smart-Gesture. Ukuran papan touchpad dibuat lebih luas yakni ukuran 12 cm x 7 cm. Lebih enaknya lagi, tombol yang ada di bawah touchpad terasa sangat empuk ketika ditekan. Benar-benar nyaman untuk digunakan.

 

Dukungan Sistem Pendingin Ekslusif Yang Efektif dan Efisien

Review ASUS ROG G752VS

Teknologi 3D Vapor Chamber ASUS ROG G752VS

ASUS ROG G752VS semakin terlihat ekslusif dengan adanya fitur 3D Vapor Chamber yang mampu menciptakan sebuah sistem pendingin yang efektif dan efisien untuk menurunkan suhu temperature GPU hingga 7°C. Yakin, ini keren sekali karena suhu dari notebook akan selalu dingin dan secara otomatis akan dapat memperpanjang umur dari notebook ini sendiri.

Jika ada yang bertanya kenapa bisa membuat suhu temperature GPU tetap dingin? Ternyata jawabannya tidak lain karena 3D Vapor Chamber diisi dengan cairan pendingin khusus yang ketika dipanaskan akan mengubah fase dari cairan menjadi gas dan kembali lagi secara terus menerus. (jika pernah lihat kontes overclocking, mungkin gambarannya seperti itu)

ASUS ROG G752VS

Selain adanya fitur  3D Vapor Chamber, ROG G752VS juga dilengkapi dengan fitur yang bernama Anti Dust Thermal Tunnel. Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk membuang debu dan kotoran yang mungkin  menumpuk pada kipas. Dengan adanya fitur ekslusif pada ROG G752VS, maka dapat dipastikan jika performa dari notebook ini tetap baik dan terjaga.

 

Ruang Penyimpanan Dan Dukungan RAM Yang Besar

 

Ruang Penyimpanan

Sebagai sebuah Notebook Gaming, ASUS ROG G752VS sudah pasti diwajibkan memiliki ruang penyimpanan yang lega dan besar.

Melihat kebutuhan tersebut, ASUS memberikan ruang penyimpanan sebesar 2TB kepada ROG G752VS. Eits tunggu dulu, jangan hanya puas melihat kapasitasnya yang 2TB. Untuk memaksimalkan kinerja notebook, ruang penyimpanan ROG G752VS dibagi menjadi 3 storage yaitu 1 storage berjenis HDD berkapasitas 1TB, dan 2 storage jenis SSD berukuran 512GB.

 

RAM

Review ASUS ROG G752VS

Slot RAM ASUS ROG G752VS

ROG G752VS memiliki 4 slot DDR4, dengan memori RAM 64GB DDR4 dan berjalan pada 2400MHz, 12,5% lebih tinggi dari kecepatan DDR4 pada umumnya.

Sebagaimana informasi, DDR4 memiliki bandwith 20% lebih besar dan efisiensi tenaga 30% lebih tinggi dari memori DDR3.

Gimana? Masih merasa kurang lega? Kalau iya berarti anda sangat kebangetan.. Hehe..

 

Didukung Sonic Studio dan Sonic Radar Khusus

Sebagai notebook gaming, audio dengan kualitas yang baik sudah menjadi keharusan. Tidak ingin mengecewakan penggunanya, ASUS mengembangkan fitur Sonic Studio dan Sonic Radar khusus ROG G752VS.

Review ASUS ROG G752VS

Spaker yang ada pada ASUS ROG G752VS

Sonic Studio akan membuat suara audio gaming memiliki kualitas yang tinggi dan mampu meningkatkan streaming dan perekaman suara yang sempurna dan mengurangi tingkat kebisingan.

Sedangkan Sonic Radar akan membantu gamers untuk mendeteksi musuh melalui sebuah on-screen overlay yang menunjukkan posisi relative dari tembakan, langkah kaki dan efek suara. Dengan adanya fitur ini, kemungkinan menang para gamers sepertinya bisa menjadi semakin besar. Hehe..

 

Konektivitas Tinggi

ASUS ROG G752VS
Sebagai salah satu notebook Premium dari ASUS, ROG G752VS dibekali oleh Teknologi Intel® Thunderbolt™ onboard yang mampu memberikan kecepatan transmisi data hingga 40Gbits/detik atau empat kali lebih cepat daripada bandwith dari USB 3.1. Selain itu, Notebook ini juga memberikan anda keduanya Intel Thunderbolt dan USB 3.1 Type-C untuk meningkatkan kompabilitas dengan berbagai perangkat yang dimiliki.

 

Baterai

Baterai menjadi salah satu hal penting untuk semua notebook, apalagi untuk sebuah notebook Gaming seperti ASUS ROG G752VS. Agar membuat para gamers tetap nyaman memainkan game, ASUS menyematkan baterai 8Cells 90 Wh kepada ROG G752VS.

 

Hasil Benchmark

Agar semakin meyakinkan para gamers dengan kekuatan dari notebook ini, saya mencoba memberikan beberapa hasil benchmark ASUS ROG G752VS. Silakan untuk dinilai sendiri ya.. hehe

 

Review ASUS ROG G752VS

 

Review ASUS ROG G752VS

 

Review ASUS ROG G752VS

Review ASUS ROG G752VS

 

Video Review

Jika masih ada yang kurang yakin dengan spesifikasi dan review dari notebook gaming termahal ROG G752VS ini, silakan lihat video yang direview oleh om Matthew Moniz berikut:


 

Spesifikasi Lengkap

Main Spec. ROG G752VS (G-SYNC)
CPU Intel® Core™ i7-6820HK Processor 8MB cache @ 2.7GHz (3.6 GHz Turbo, overclock up to 4GHz)
Operating System Windows 10
Memory 64GB 2133MHz DDR4 up to 2400MHz
Storage 1TB HDD 7200rpm, 512GB*2 SSD
Optic Drive Super-Multi DVD
Display 17.3” UHD (1920 x 1080) IPS panel with NVIDIA G-SYNC
Graphics NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB DDR5
Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 2 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera HD Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac or 802.11 b/g/n (WiDi), BT 4.0 support
Audio Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster
Dimension 385 x 255 x 32.4mm
Battery 8Cells 90 Wh
Accessory ROG Bagpack, ROG Gaming Mouse, ROG Headset
MSRP Rp59.299.000
Warranty 2 years full global warranty

 

Kesimpulan

Jika anda merupakan salah seorang yang terbiasa menggunakan sebuah notebook untuk keperluan standar seperti mengetik dan melakukan hal-hal dasar dengan perangkat notebook, maka notebook ini kurang cocok dan dirasa terlalu mewah dan mahal.

Dengan harga yang dapat dikatakan cukup mahal yaitu sekitar Rp 59.299.000, Notebook ASUS ROG G752VS ini sangat direkomendasikan bagi para gamers, khususnya bagi yang menginginkan kenyamanan dan  performa maksimal saat memainkan game.

Namun jika anda ingin dikatakan sebagai seorang gamers sejati, rasanya harga yang ditawarkan tidak akan menjadi masalah. Performa, prestise dan value lain yang akan di dapatkan rasanya akan membuat harga dari ASUS ROG G752VS sebanding.

Jadi, apakah anda tertarik untuk memiliki Notebook Gaming ASUS ROG G752VS ini??

Tags:

One Response

  1. Stephanus Christiono | ASUS ZenBook Flip UX360UA, Fleksibel dan Powerfull1 month ago

    […] –  Setelah sebelumnya saya telah mereview notebook gaming terbaru dari ASUS yang bernama ROG G752VS, kali ini saya kembali akan mereview produk terbaru ASUS yang merupakan keluarga ZenBook […]

    Reply

Leave a Reply