Antara Refleksi dan Evaluasi

Jika anda ditanya mengenai apa itu refleksi, apa jawaban anda?? Apakah anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah ?? Saya rasa jawabannya relatif.

Bagi saya sendiri, refleksi merupakan sesuatu yang seringkali terasa bias secara pengertian. Namun saya menyadari jika refleksi itu cukup penting untuk dapat memulai suatu hal yang baru dan menuju ke arah yang lebih baik dari diri kita masing-masing.

Jika dilihat dari kata refleksi, maka kita akan lebih mudah untuk mengkaitkannya dengan cermin. Namun benarkah ketika kita melihat cermin, kita berarti telah melakukan refleksi. Saya rasa juga belum sepenuhnya kita melakukan refleksi.

Nah, kalo gitu refleksi itu apa??

Jika anda seorang filsafat, seorang pendoa, maupun seorang yang sering melakukan meditasi, mungkin anda akan lebih mudah menjawab pengertian refleksi tersebut. Namun lagi-lagi sayang, saya bukan salah satu orang dari ketiga tipe tersebut.

Ketika saya mencoba untuk mencari tau apa itu refleksi, kadang saya merasa seringkali terhubung dengan apa yang dinamakan dengan evaluasi. Kenapa?? Saya sendiri kurang mengerti.

Suatu saat ketika sedang berdiskusi mengenai refleksi, orang lain lebih sering mengatakan apa yang saya lakukan itu suatu evaluasi. Ehm.. ya sekali lagi saya perlu mengatakan jika pengertian refleksi itu relatif.

Trus evaluasi itu apa??

Lagi-lagi pertanyaan yang susah buat saya. Saya bukan orang yang cukup berbakat untuk menjawab pertanyaan berat dari seorang yang mengerti filsafat. Hehe..

Saya cuma dapat sedikit mengandaikan jika evaluasi itu sebagai catatan dari apa yang telah saya lakukan untuk dapat saya nilai dan perbaiki dikemudian hari.

Mau benar atau tidak jawaban dari saya, saya anggap semuanya itu benar. Haha.. kenapa semuanya benar?? Karena saya menulis tanpa dasar yang kuat, hanya dari pemikiran yang belum jelas alias ngalor-ngidul.

Trus jika anda saya tanya, tulisan saya ini termasuk dari refleksi atau evaluasi?? Mungkin anda dan saya sendiri tetap akan bingung untuk menjawabnya.

Dan entah siapa yang dapat menilai. Yang pasti saya sendiri belum mengetahui jawaban dan perbedaan dari keduanya secara jelas. Jadi semua jawaban mengenai evaluasi dan refleksi yang ditanyakan kepada saya pasti benar semua.

#edisiGalau #wolesAja #gaUsahDiPikirBerat

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply