Hari ini tepat tanggal 14 Februari 2017, satu tanggal yang sering kali dikatakan sebagai “hari kasih sayang” atau bahasa gaulnya “Valentine day”.

Ngomong-ngomong soal valentine day, saya merasa jika hari kasih sayang ini sering kali menimbulkan sensasi tersendiri. Karena banyak menimbulkan sensasi, maka saya ingin mengatakan jika hari valentine ini cukup unik dan sering kali memberikan bekas dan kenangan bagi banyak orang.

Sebelum saya membahas mengenai keunikan dari hari valentine, saya ingin mencoba untuk kembali membuka sejarah tentang hari valentine yang akhirnya bisa diperingati setiap tanggal 14 Februari. Saya yakin banyak yang belum tahu juga, apalagi adik-adik SMP yang baru saja menginjak masa puber dimana mereka biasanya bagi-bagi coklat buat teman-teman satu kelas bahkan satu sekolahan. Wkwk..

KOSOVO-THEME-LOVE : News Photo

Sejarah Valentine Day

Sejarah tentang hari valentine ini sebenarnya cukup beragam. Saya akan memberikan salah satu sejarah yang pernah saya baca dan kali ini saya sunting dari Wikipedia.

Berdasarkan apa yang tertulis dari Wikipedia, Hari Valentine sangat erat hubungannya dengan peringatan hari raya santo Valentinus, salah satu “martir” dalam gereja.

Dalam catatan yang saya peroleh tersebut dikatakan jika terdapat cinta romantis pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris pertengahan ternama Geoffrey Chaucer pada abad ke-14.

Pada zaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari ini dan memanggil pasangan mereka “Valentine” mereka. Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad ke-14 konon merupakan bagian dari koleksi pernaskahan British Library di London. Kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai santo Valentinus diciptakan pada zaman ini.

Kalo melihat dari sejarah yang di atas, sebenarnya cukup terkait erat dengan Gereja dan budaya Barat. Hal tersebut pula yang membuat banyak pihak yang melarang bahkan mengharamkan hari valentine. Namun bagi saya, semua tetap dikembalikan kepada kepercayaan dan keyakinan masing-masing karena semua tanggal yang ada dari 1 Januari hingga 31 Desember seharusnya menjadi hari kasih sayang. Hehe.

Keunikan Hari Valentine

Setelah membahas sedikit tentang sejarah, saya ingin sedikit mengulas tentang beberapa keunikan yang ada pada hari valentine. (ini berdasarkan pribadi, boleh beda pendapat dan tidak setuju)

Identik dengan Coklat

Jujur ya, hingga saya menuliskan artikel ini, saya sendiri sebenarnya tidak tahu kenapa hari valentine identik dengan coklat. Wkwk..

VALENTINE'S DAY : Stock Photo

Karena saya belum tahu, maka akhirnya saya mencari tahu. Ternyata coklat yang ada di hari valentine ini tidak lepas dari kecerdikan Richard Cadbury yang melakukan inovasi pada tahun 1861, dimana ia bersama perusahaan yang bernama Cadbury Brother mulai memproduksi coklat batang di dalam kotak yang dihias gambar cupid berbentuk hati sebagai hadiah di tanggal 14 Februari. Setelah apa yang dilakukan oleh Cadbury tersebut, coklat menjadi hadiah bagi para pasangan kekasih untuk mengekspresikan rasa cinta mereka.

Selain apa yang dilakukan oelh Cadbury, rupanya Cokelat juga mampu mempengaruhi perasaan bahagia seseorang. Hal tersebut tidak lain disebabkan karena coklat memiliki kandungan Theobromine yang mampu meningkatkan aliran darah serta meningkatkan hormon serotonin (hormon yang mempengaruhi perasaan bahagia seseorang.

Identik dengan Bunga Mawar

Selain identik dengan coklat, Hari Valentine juga identik dengan bunga mawar. Kenapa coba?

Red rose : Stock Photo

Ehm, rupanya karena cinta identik dengan yang namanya warna merah muda. Padahal bunga mawar kan warnanya merah ya?? (keliatan banget ngarangnya.. wkwk)

Jadi gini, berdasarkan sejarah bunga mawar yang pernah saya baca juga, ternyata pada awalnya bunga cantik yang memiliki tangkai berduri tersebut dipercaya berwarna merah muda serta putih. Namun setelah berjalannya waktu, berkembang menjadi warna merah karena telah dilakukan hasil pembuahan kombinasi sebagian.

Selain itu, menurut bangsa Persia kuno, bunga mawar sering dipakai sebagai lambang cinta serta dipercaya sebagai simbol semangat yang indah. Karena hari Valentine merupakan hari kasih sayang, maka sangat wajar jika bunga mawar sering kali diidentikan sebagai hadiah dan bagian dari hari perayaan hari tersebut.

Waktu yang spesial untuk mengungkapkan perasaan cinta

Jika kamu ditanya kapan waktu yang spesial untuk mengungkapkan perasaan cinta kepada kekasih, kira-kira kamu bilang pada saat hari valentine ga ya?

Red alarm clock with couple heart of love on wooden background : Stock Photo

Menurut saya, ada beberapa orang yang berpandangan jika tanggal 14 Februari merupakan salah satu tanggal spesial yang ada dari total 365 hari dalam setahun. Pandangan tersebut tidak salah, karena bagi saya itulah keunikan hari Valentine.

Tidak sedikit orang memanfaatkan tanggal 14 Februari untuk mengungkapkan perasaan cinta kepada pasangan mereka. Bahkan bagi yang belum memiliki pasangan/kekasih, tanggal 14 Februari ini juga sering kali dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk menyatakan perasaan cinta kepada gebetan yang diharapkan nantinya dapat naik status menjadi pacar.

Bagi yang sudah memiliki pasangan, biasanya tanggal 14 Februari sering dijadikan sebagai salah satu waktu yang tepat untuk menunjukkan keromantisan yang kadarnya lebih dari biasanya.

Tanggal dimana Pak Antasari nembak mantan (khusus 14 Februari 2017)

Menurut saya, ini merupakan keunikan dari hari Valentine yang kondisional, karena spesial pada tanggal 14 Februari 2017 dan hanya terjadi di Indonesia. haha..

INDONESIA-POLITICS-CORRUPTION : News Photo

Jadi gini ceritanya, hari ini Indonesia geger karena tanggal 14 Februari 2017 pagi tiba-tiba pak mantan ketua KPK yang baru saja bebas dari Lembaga Permasyarakatan Tangerang akibat kasus yang pernah menimpanya datang ke Bareskrim Polri untuk berbicara tentang dugaan kriminalisasi kepada dirinya.

Dalam aduan yang dilakukan pak Antasari tadi pagi, beberapa nama besar yang ada di negeri ini ikut terbawa-bawa termasuk dengan sang mantan (baca: mantan presiden SBY). Secara lebih jelas, pak Antasari bahkan memohon kepada pak SBY untuk jujur karena menurut mantan ketua KPK tersebut Bapak SBY mengetahui kasus yang menimpanya.

“Untuk itu saya mohon kepada Bapak SBY jujur, beliau tahu perkara saya ini. Cerita, apa yang beliau alami dan beliau perbuat,” ujar Antasari seperti dikutip dari Kompas (14/2/2017).

Peristiwa pak antasari yang menembak langsung pak SBY lewat penyataannya di hari kasih sayang ini secara otomatis membuat netizen heboh.  Bahkan selang beberapa waktu setelah ungkapan dari pak Antasari, mantan presiden Indonesia yang cukup senang curhat di Twitter ini langsung memberikan jawaban dan tanggapan. (luar biasa menarik dan keren)

Sebagaimana biasanya, setelah memberikan ciutan dan curhatannya di linimasa Twitter, Pak SBY melanjutkan jawaban atas tembakan yang diberikan oleh pak Antasari melalui konferensi pers di kediamannya.

Sayang, pak Antasari harus kecewa karena tembakan di hari kasih sayang kepada mantan akhirnya di tolak. Dari sini saya semakin tahu jika mengungkapkan cinta dan rasa sayang kepada mantan itu memang tidak semulus kulit Yoona SNSD. Terus berjuang ya pak Antasari, masih banyak mantan-mantan yang bisa di tembak kok..

 

Selamat hari valentine ya.

Salam sayang dari saya untuk para pembaca dan pengunjung Stephanus Christiono [dot] com.

Facebooktwittergoogle_plus
error: