Akhirnya Sampai Juga Ke Umbul Ponggok, Wisata Air Di Kabupaten Klaten

Setelah beberapa kali gagal sampai ke objek wisata air yang namanya Umbul Ponggok, akhirnya weekend kali ini (17/09/2016) kami bisa merasakan dinginnya berenang dan menyelam di kolam mata air pegunungan di kabupaten Klaten tersebut.

Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Sesuai dengan namanya, Umbul Ponggok merupakan salah satu mata air yang berada di desa Ponggok, tepatnya di kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Melihat potensi wisata yang cukup bagus, maka beberapa tahun lalu pemerintah dan warga desa mengubah fungsinya menjadi tempat permandian umum.

Lokasi Umbul Ponggok ini cukup mudah untuk ditemukan karena tepat berada di pinggir jalan raya beraspal. Jika kita pergi dari arah Yogyakarta, maka kita cukup mengikuti jalur Jogja-Solo hingga menemukan GOR Klaten. Dari arah GOR Klaten kita ikuti jalur utama ke arah Karanganom dan ke arah desa Ponggok Polanharjo pastinya. (Kalo ga tau bisa tanya orang ato ga pake GPS) hehe..

Ketika sampai dan akan masuk ke dalam area Umbul Ponggok, kita akan diwajibkan untuk membeli pangsit ikan nila.. kalo ga percaya coba aja.. haha.. Maksudnya, kita akan diminta beli tiket masuk umbul ponggok seharga Rp. 15.000, tapi dapat bonus pangsit ikan nila..

pangsit ikan nila

Mas Adhi dengan pangsit ikan nila umbul ponggok

Udah masuk ke dalam Umbul Ponggok tapi ga nyemplung ke kolam raksasa berisi ikan rasanya kurang afdol. Bagi yang takut karena ngerasa ga bisa renang, kita ga perlu takut karena ada tempat persewaan alat snorkling kok.

Nah, untuk urusan sewa-sewa yang satu ini ada biaya lagi. Buat sewa pelampung, kita dikenakan biaya Rp. 7000, kacamata selam dan kaki katak @Rp. 13.000. Selain siapkan uang, jangan lupa bawa E-KTP/SIM yang masih berlaku karena syarat sewa alat-alat tersebut harus menggunakan kartu identitas.

Persewaan alat selam

Persewaan alat selam

syarat-sewa-umbul-ponggok

Harap bawa identitas

Udah nyempung kolam tapi kita belum foto underwater rasanya juga sayang banget dan seperti ada yang kurang. Nah, urusan ini kita juga bisa beli pelindung smartphone untuk foto bawah air atau sewa kamera bawah air. Kalo yang mau sewa kamera bawah air, jangan lupa siapin uang minimal Rp. 60.000 (durasi 30 menit) dan Rp 100.000 (durasi 1 jam).

Dari pengalaman saya nyemplung di kolam umbul ponggok, kolamnya cukup jernih tapi dingin. Selain itu kedalaman kolam cukup bervariasi. Kalau yang pinggir kolam sepertinya cuma sekitar 1 meteran dalamnya, tapi kalau di bagian tengah katanya bisa sampai 2-3 meter.

Nyemplung di Umbul Ponggok

Nyemplung di Umbul Ponggok

Foto underwater di umbul ponggok

Foto underwater di umbul ponggok

Di dalam kolam banyak sekali ikan nila yang berwarna-warni dan cukup besar. Nah, karena ada ikannya yang besar ini Aileen (anak wedok) yang biasanya seneng banget nyemplung kolam akhirnya minder dan ketakutan. Katanya takut dimakan ikan.. wkwkwk..

Rupanya pengelola umbul ponggok sudah mengantisipasi kemungkinan apa yang dialami oleh Aileen dan anak-anak lainnya. Mereka telah menyediakan kolam renang berukuran kecil untuk anak-anak di salah satu sudut umbul ponggok, lengkap dengan dua prosotan.

Kolam renang anak Umbul Ponggok

Kolam renang anak Umbul Ponggok

Tau ada prosotan, Aileen langsung narik saya ke sana. Beruntung ada kolam renang kecil yang aman dari ikan. Aileen dan kakak sepupunya Rafael akhirnya bisa puas main air dan berenang dengan aman. Di sisi lain itu orang tuanya juga bisa puas nyelem sama renang di kolam ikan.. haha..

Aileen - rafael - ayah renang di kolam renang umbul ponggok

Aileen – rafael – ayah renang di kolam renang umbul ponggok

Nah, itu sedikit cerita dari kita tentang wisata air Umbul Ponggok. Bagi orang-orang yang ilmu renang sama snorklingnya cetek kaya saya, kolam umbul ponggok cukup bagus buat dicoba. Sekalian buat belajar sebelum terjun snorkling ke laut.

Foto bareng kami di Umbul Ponggok

Foto bareng kami di Umbul Ponggok

Selamat liburan..

Tags:

2 Responses

  1. author

    tomi2 months ago

    hahaha.. aku yo wes ping pisan ndono min.. tapi malah ra reti nek ono kolam anak..
    penak tenan neng umbul ponggok

    Reply

Leave a Reply