Setelah pada bulan Februari 2017 lalu saya membeli kamera Canon G7X mark I untuk menggantikan posisi Sony Nex 5 yang sudah 5 tahun setia menemani perjalanan hidup saya, maka pada minggu ini (tepatnya tanggal 15 Maret 2017) saya mencoba untuk melengkapi Canon G7X dengan sarung kulit biar lebih aman. hehe..

Sebenarnya saya sudah memiliki sarung kamera untuk G7X, namun karena beberapa hal maka saya dan istri saya memutuskan untuk melengkapinya dengan sarung kulit. Yang pasti alasan utama kami membeli leather case ini bukan cuma untuk mempercantik si Canon G7X, namun lebih untuk melindungi body camera dan juga membuat kamera terasa lebih kokoh dan berat saat di pegang. (sebelumnya istri saya bilang jika kurang nyaman di pegang karena terlalu ringan G7Xnya.. secara dibandingin sama pegangan Sony Nex 5.. pasti kerasa ringan.. haha)

 

Awal Pencarian

Pencarian sarung kulit Canon G7X Mark I yang saya miliki saat ini sebenarnya cukup panjang dan hampir berlangsung selama 1 bulan. Bahkan saya sempat berfikir untuk tidak akan mencari aksesoris tambahan untuk kamera baru saya tersebut. Namun karena saya dan istri saya merasa perlu, maka mau tidak mau saya melanjutkan pencarian untuk leather case Canon G7X.

Oke, setelah berdiskusi untuk mencari leather case canon G7X, akhirnya saya lanjut surfing dan searching di beberapa toko online. Jujur, saya sebenarnya lebih suka belanja online soalnya, khususnya di tokopedia dan bukalapak. hehe..

Tokopedia MeetUp University - IKIS (15-10-2016)

Setelah cari-cari di beberapa toko online, saya merasa jika leather case Canon G7X Mark I yang saya miliki merupakan salah satu produk yang sulit ditemukan. Kenapa?? Karena sejak kehadiran Canon G7X Mark II di tahun 2016 lalu, Canon G7X Mark I menjadi tergeser keberadaannya dan akhirnya menjadikannya sebagai salah satu produk Canon yang langka di pasaran.

Kelangkaan dari produk Canon G7X mark I cukup membuat saya kesulitan mencari leather casenya. Saya sempat menemukan leather case Canon G7X yang kami inginkan, namun ternyata barangnya harus dikirim dari Luar Negeri dan diperlukan estimasi waktu yang cukup lama untuk bisa kami terima dan gunakan.

Beberapa kali mencoba mencari, akhirnya saya menemukan satu lapak dengan nama Koolit. Kebetulan lapak tersebut ada memiliki stok leather case Canon G7X Mark I yang bisa langsung dikirim via ekspedisi.

Tanpa pikir panjang, akhirnya saya menanyakan dan meyakinkan kembali kepada istri saya apakah masih mau untuk membeli leather case Canon G7X. Dan akhirnya ia mengatakan mau.

Karena sudah ada deal dengan istri, akhirnya saya PM lah si penjual dan melakukan beberapa negosiasi.

 

Proses Transaksi

Proses transaksi pembelian leather case Canon G7X mark I ini dapat saya bilang cukup cepat. Saya hanya menanyakan beberapa hal utama kepada penjual seperti apakah barang ready stock, harga masih bisa nego dan juga kelengkapan dari produk.

Sebagai informasi, leather case untuk canon G7X mark I yang dijual oleh Koolit.co ada tiga pilihan warna yaitu Chestnut Brown, Onyx Black dan Windsor Tan. Selain tiga pilihan warna yang diberikan, kita juga akan mendapatkan kelengkapan berupa 1 half dan full case kulit serta 1 strap kulit.

Melihat beberapa pilihan tersebut, akhirnya kami memilih untuk membeli leather case dengan warna Chestnut Brown. Pilihan warna tersebut kami pilih karena berada di tengah-tengah. Tidak terlalu gelap seperti Onyx Black dan juga tidak terlalu terang seperti Windsor Tan.

Setelah kami memilih dan setuju dengan apa yang diberikan oleh penjual akhirnya kami kami melanjutkan proses transaksi online dengan melakukan pembayaran.

 

Barang Sampai Di Tangan

Setelah melakukan proses order, maka kami cuma tinggal menunggu barang dikirim oleh penjual dan juga didistribusikan oleh kurir (saya pilih pakai JNE Reg).

Sesuai dengan estimasi waktu pengiriman lewat ekspedisi JNE Reg, akhirnya Leather Case Canon G7X Mark I sampai di tangan kami pada hari Sabtu (18/03/2017) siang.

Dapat barang baru yang cukup langka membuat saya menjadi tidak sabar untuk membuka paket kirimannya. Haha.. Karena cukup excited dengan barang pesanan yang sudah sampai, saya tidak membuang banyak waktu untuk membukanya.

Walaupun ingin segera melihat leather case Canon G7X yang kami beli, saya tetap berusaha untuk mengabadikannya dalam bentuk Vlog. Oh iya, Vlog tentang Unboxing Leather Case Canon G7X bisa di lihat di Channel YouTube saya ya.. hehe

 

Sedikit Review

Setelah barang kami terima, saya mencoba untuk memberikan sedikit review. Berikut ini ulasannya.

Packing

Menurut saya, Packing yang dilakukan oleh Koolit cukup baik dan sangat rapih. Walaupun dari luar dibungkus oleh kertas kado warna coklat biasa, namun ketika kita buka, kita akan menemukan sebuah kotak lagi yang dibungkus rapih dengan plastik. Sebagai tambahan info, kotak yang dibungkus tersebut terlihat seperti kotak Smartphone Xiaomi dengan tambahan logo Toko Koolit dan informasi toko. (pokoknya kesan positif saya dapat dari cara Koolit.co packing produknya)

Kelengkapan

Setelah saya buka kotak kemasan, saya akhirnya menemukan isinya yang berupa 1 Camera Bag Leather Case Canon G7X Mark I berwarna Chestnut Brown, dan 1 strap. (sudah itu saja, tidak ada yang namanya kartu garansi pokoknya.. haha)

Leather Case Canon G7X - Box Package

Intinya, kelengkapannya sesuai dengan apa yang tertulis pada informasi produk yang saya pesan sebelumnya.

Tampilan Fisik

Secara tampilan fisik, leather case ini terlihat cukup kokoh dan juga solid. Pada bagian depan, terlihat sedikit menonjol untuk tempat lensa.

Leather Case Canon G7X - Front

Di Bagian bawah, terdapat dua kancing dan 1 mounting untuk tripod yang cukup keren dengan warna sedikit emas membuat leather case ini terlihat semakin keren dan gagah.

Leather Case Canon G7X - bottom

Di kedua sisi leather case, terdapat tempat untuk mengkaitkan strap.

Leather Case Canon G7X - Side

Sedangkan jika kita melihat bagian belakang, sepintas kita akan terlihat seperti dompet.

Leather Case Canon G7X-Back

Puas dengan tampilan awal dari leather case, selanjutnya saya membuka kancing camera bagnya. Di sana saya menemukan Half Case dan juga strap. Jika sudah dibuka semua maka akan terlihat seperti berikut:

Leather Case Canon G7X - Strap

Karena leather case ini memang diproduksi untuk Canon G7X Mark I, maka ada sedikit perbedaan dengan Canon G7X Mark II. Walaupun menurut saya, sekilas perbedaannya hanya terdapat di bagian depan half case. Di mana half case Canon G7X Mark I rata, tidak ada tonjolan seperti yang ada pada Canon G7X Mark II..

Itu menurut saya lho ya.. karena saya belum pernah pegang yang Mark II (belum punya kameranya juga soalnya.. hehe)

 

Kesimpulan

Menurut saya, leather case ini cukup baik secara kualitas. Terlihat kokoh dan solid. Setelah dicoba untuk dipasang dengan body camera, terlihat sedikit kurang presisi (sedikit sekali), tapi bukan berarti tidak cocok ya..

Leather case yang menempel di Body Canon G7X yang kami miliki ini ternyata sesuai dengan ekspektasi sebelumnya, dimana akan mempu melindungi body dan juga membuat kamera terasa lebih berat. Selain itu, kamera terlihat semakin ganteng.. wkwk..

Walaupun demikian, leather case Canon G7X ini memiliki beberapa kekurangan (menurut pendapat pribadi):

  • Ribet kalo mau foto karena harus copot full case dulu
  • Jika mau ganti Baterai, kita harus lepas dulu half casenya

Sepertinya cuma dua hal tersebut kekurangan yang ada di Leather Case Canon G7X Mark I.. Selebihnya “OK”.

Kalo ada yang mau cari leather case untuk kamera seperti saya, silakan coba tanya dan cek akunnya Koolit saja. Siapa tau stoknya tersedia.. Penjualnya bisa dipercaya dan pelayanannya cukup oke.. hehe..

 

***

@stchristiono | 2017

***

error: Content is protected !!