Aileen and The Itsy Bitsy Spider

Tidak terasa usia anak pertama kami Aileen sudah 2 tahun 6 bulan. Sekitar dua bulan sebelum ini, Aileen baru saja naik kelas dari yang dulunya hanya DayCare menjadi PlayGroup.

Sejak masuk kelas PlayGroup, perkembangan Aileen terasa semakin cepat dan kami sebagai orang tuanya seringkali dibuat kewalahan karena harus bisa mengikuti hal-hal baru yang di dapat Aileen di kelas. Salah satu hal yang cukup membuat kami berjuang keras untuk dapat mengimbangi Aileen di kelasnya adalah soal lagu-lagu baru yang sering dinyanyikannya.

Ada banyak cerita tentang lagu-lagu yang sering dinyanyikan oleh Aileen. Aileen sekarang sudah cukup fasih nyanyi lagu jawa seperti cublak-cublak suweng, gundul-gundul pacul dan padang bulan. Selain itu ada juga lagu gereja yang dia hapal dan sukai seperti Srengenge Nyunar, We Are In The Train Of Love dan Happy Yayaya.

Untuk beberapa lagu yang baru saja saya sebut sepertinya tidak terlalu sulit bagi kami karena mungkin sudah sering kami dengar sebelumnya. Namun masalah datang ketika Aileen mulai nyanyi lagu-lagu baru yang telinga kami sendiri merasa asing. Bukan cuma asing yang kadang-kadang terjadi, tapi kami harus mencoba untuk menerka dan menebak sebenarnya Aileen sedang nyanyi lagu apa.

Contoh lagu yang membuat kami cukup menguras pikiran kami adalah lagu “The Itsy Bitsy Spider“. Ada beberapa cerita lucu tentang lagu The Itsy Bitsy Spider bagi kami dan juga Aileen.

Pertama, kami sepertinya baru pertama kali mendengar lagu itu ketika tantenya Aileen yang bernama Rani mengajarkan dan menyanyikannya pada saat liburan di Bandung pada perjalanan menuju Dusun Bambu Lembang.

Pada saat itu, kami masih ingat betul jika Aileen terlihat diam dan terkesan hanya memperhatikan gerakan tangan tantenya ketika menyanyi. Namun hal mengejutkan datang ketika beberapa hari setelahnya dan kami sudah kembali ke Jogja. Aileen tiba-tiba nyanyi lagu itu dan menirukan gerakan tangan tantenya dulu.

Dengan nada yang cukup jelas, namun hanya kata kata wisi wisi saja yang cukup jelas terucap. Dari situ kami kaget dan berbisik hingga menebak jika lagu itu pasti Aileen dapat dari kelas PlayGroup.

Tanpa perlu kroscek ke gurunya, kami berinisiatif untuk mencari lagu dengan lirik wisi wisi tersebut. Setelah mencoba dan menebak-nebak sambil meminta Aileen untuk menyanyikannya berulang-ulang, akhirnya kami menemukan lagu yang dimaksud dan dinyanyikan Aileen. Ya, lagu itu rupanya berjudul  The Itsy Bitsy Spider.

Lagu The Itsy Bitsy Spider sebenarnya memiliki lirik yang tidak terlalu sulit untuk dihapal. Namun, karena kami sendiri jarang mendengar lagu itu maka perlu beberapa kali mencoba untuk menghapalnya.

Untuk yang mau belajar menghapal lagu The Itsy Bitsy Spider seperti kami, ini liriknya:

The itsy bitsy spider climbed up the waterspout

Down came the rain and washed the spider out

Out came the sun and dried up all the rain

And the itsy bitsy spider climbed up the spout again

Kedua, Lagu The Itsy Bitsy Spider rupanya telah menjadi lagu favorit Aileen saat ini mengalahkan lagu fenomenal cublak-cublak suweng yang sering dinyanyikannya. Saking favoritnya, setiap malam sebelum dia tidur, aileen selalu meminta saya untuk membukakan video lagu tersebut untuk dilihat berulang-ulang sampai dia akhirnya nyerah dan tidur dengan sendirinya.

Haha.. anak jaman sekarang lagu pengantar tidurnya keren amat ya..

***

Menurut saya, ada pelajaran yang sebenarnya Aileen berikan kepada kami.

  1. Kami harus selalu mengikuti perkembangan Anak
  2. Aileen selalu meminta kami untuk terus belajar dan kreatif
  3. Sesibuk-sibuknya kita tetep harus selalu menyisakan waktu untuk main, bernyanyi, bercerita, mendengarkan cerita anak bahkan membuat video bareng sama keluarga

Terus berkembang ya kakak Aileen, semoga selalu menjadi anak yang oke dan menyenangkan. Jangan lupa adek Keenan disayang, jangan dinakalin terus ya.. 😁

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply