20 Alasan Memilih ASUS ZenFone 3, Built For Photography

20 Alasan Memilih ASUS ZenFone 3, Built For Photography – Jika anda ditanya tentang oleh seseorang tentang smartphone terbaik untuk photography saat ini, anda seharusnya tidak boleh melupakan salah satu smartphone terbaru dari ASUS yang bernama ASUS ZenFone 3.

Review Asus ZenFone 3

ASUS baru saja memperkenalkan salah satu smartphone terbarunya yang bernama ZenFone 3 dalam gelaran Zenvolution 2016 pada bulan september lalu di Bali. Dengan mengambil tag line “Bulit for Photography“, ASUS ZenFone 3 berhasil memikat hati para penggunanya. Bahkan banyak yang mengatakan hasil foto dari smartphone terbaru ASUS tersebut benar-benar bisa disandingkan dengan hasil dari kamera DSLR/Mirrorless.

Terus selain mengandalkan fitur fotografinya, masih banyak sekali fitur lain yang membuat anda harus memilih ASUS ZenFone 3 sebagai smartphone andalan.

Berikut ini 20 alasan memilih ASUS ZenFone 3:

1. Menggunakan Teknologi Sensor Sony IMX298 Yang Mumpuni

Ibarat retina mata, sensor adalah bagian penting dalam kamera smartphone. Sempurna atau tidaknya warna dari cahaya yang ditangkap bergantung salah satunya terhadap sensor.

Review ASUS ZenFone 3

ZenFone 3 mempunyai sensor Sony IMX298* 16 Megapixel (back Illuminated) yang lebih sensitif terhadap cahaya. Selain itu, sensor yang digunakan oleh ZenFone 3 memiliki teknologi DTI (Deep Trench Isolation) yang memungkinkan jatuh cahaya tidak bocor ke pixel di sebelahnya.

 

2. Mampu Menghasilkan Foto dengan Resolusi Tinggi

Resolusi tinggi cukup banyak membantu seseorang yang senang mencetak hasil sebuah foto. Dengan resolusi, membuat penggunanya leluasa untuk melakukan cropping foto yang telah diambil.

ASUS ZenFone 3 mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi tersebut. Bahkan dengan teknologi PixelMaster yang ada pada smartphone ZenFone 3, Pixel foto yang dihasilkan bisa menjadi 4X lebih tinggi dari yang mampu dihasilkan sensor (total 64MP).

 

3. Lensa Dengan Lapisan Kaca Safir dan Apertur F/2.0

Seperti Sensor, Lensa juga tidak kalah penting bagi sebuah perangkat foto. Lensa bagus akan berpengaruh pada reproduksi warna, ketajaman dan distorsi gambar.

Review ZenFone 3

Zenfone 3 dibekali lensa Largan 6 elemen dengan apertur (bukaan) f/2.0. Dengan bukaan lensa seperti itu, untuk mendapatkan efek blur atau biasa dikenal dengan sebutan bokeh akan menjadi lebih mudah.

Selain itu, lensa Asus ZenFone 3 dilapisi kaca safir (Saphire Glass) yang membuatnya tidak mudah tergores saat bersentuhan dengan benda keras.

 

4. Didukung Teknologi Optical Image Stabilizer 4 Axis

Idealnya sebuah kamera memiliki teknologi untuk menstabilkan gambar dan meminimalkan goncangan sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih  bagus.

Review ASUS ZenFone 3

Asus ZenFone 3 mendukung fitur Image Stabilizer tersebut karena lensa belakang ZenFone 3 mempunyai teknologi yang bernama Optical Image Stabilizer 4 axis. Dengan teknologi tersebut, kamera mampu mengkompensasi getaran dari 8 arah.

Selain itu, teknologi image stabilizer yang ada pada ASUS ZenFone 3 ini juga mampu meningkatkan kecepatan rana kamera.

 

5. Menggunakan Teknologi Autofokus Terbaru

Fokus otomatis dengan teknologi terkini penting untuk memastikan seluruh momen instan dapat terekam dengan baik. Untuk memanjakan penggunanya, ASUS Zenfone 3 dilengkapi dengan teknologi autofocus terbaru yang bernama Tri Tech Auto Fokus.

Review Asus ZenFone 3

Selain teknologi Tri Tech Auto Focus, ASUS juga memambahkan teknologi laser fokus baru secepat 0.03 detik, Phase detection autofocus seperti yang digunakan pada kamera DSLR dan Continous autofocus untuk mengunci objek yang bergerak saat di foto.

Dengan adanya teknologi autofocus tersebut, pengguna ZenFone 3 dapat dipastikan akan mampu mendapatkan gambar yang lebih baik lagi.

 

6. Teknologi Real Time HDR Dan HDR Pro

Keterbatasaan sensor kamera smartphone harus dikompensasi dengan kemampuan rentang dinamis yang tinggi (High Dynamic Range).

Review ZenFone 3

Oleh karena itu ZenFone 3 dilengkapi dengan teknologi real time HDR dan HDR Pro yang membantu mengambil gambar dengan latar yang sangat terang (backlight). Hebatnya lagi, teknologi HDR Pro di ZenFone 3 mampu meningkatkan kecerahan foto sampai 4x. Apa kurang mantap itu?? hehe

 

7. Dilengkapi Dual LED Real Tone Flash

Untuk mendapatkan warna kulit (skin tone) yang alami, seorang fotografer biasanya menggunakan lampu flash dan biasanya berwarna putih. Namun hal berbeda justru diberikan oleh ASUS ZenFone 3. Smartphone terbaru ASUS ini justru dilengkapi dengan Dual LED Real Tone flash agar skin tone manusia terlihat lebih alami. Simple dan cukup mudah bukan?

 

8. Mendukung Fitur Manual Mode

Mode manual sering kali dibutuhkan oleh seorang fotografer untuk dapat mengambil gambar sesuai dengan keinginannya. Dengan adanya mode manual, membuat kreasi foto menjadi lebih fleksibel dan menyenangkan. Begitu pula dengan ASUS ZenFone 3.

ZenFone 3 dilengkapi dengan fitur manual mode layaknya sebuah kamera DSLR, dimana dengan menggunakan mode manual ini anda dapat mengubah nilai White Balance sesuai dengan kondisi pencahayaan, menyesuaikan fokus sesuai dengan jarak dan kondisi objek saat pemotretan dan mengatur nilai ISO dan kecepatan rana untuk mendapatkan tingkat pencahayan yang sesuai.

 

9. Slow Speed Hingga 32 detik

Fitur Slow Speed biasanya dimiliki oleh kamera yang mendukung mode manual. Dengan menggunakan fitur slow speed, seseorang bisa mendapatkan gambar air menjadi sangat halus seperti kapas atau juga mendapatkan foto dengan banyak garis yang wow seperti berikut.

Review ZenFone 3

ZenFone 3 juga rupanya sangat baik dalam menghasilkan gambar dengan mode Slow Speed, bahkan slow speed pada ZenFone 3 dapat digunakan hingga 32 detik. Menurut saya ini benar-benar luar biasa.

 

10. Dilengkapi fitur Low Light Mode Untuk Kondisi Cahaya Minim

Ketika kita sedang berada di tengah kondisi minim cahaya, ada kalanya kita ingin memotret sebuah momen dan berharap tetap mendapatkan gambar yang bagus namun tanpa menggunakan bantuan flash. Beberapa cara dapat digunakan dalam kondisi seperti ini, salah satunya dengan melakukan pengaturan ulang terhadap kamera.

Review ZenFone 3

ZenFone 3 memiliki mode Low Light yang sudah pastinya akan membantu pengguna awam mendapatkan gambar bagus di cahaya minim tanpa harus ribet dengan settingan kamera. Hebatnya lagi, smartphone terbaru dari ASUS ini mampu mengambil foto dengan baik di objek yang hanya diterangi oleh 1 cahaya lilin dan meningkatkan cahayanya hingga 400%.

 

11. Layar Luas Beresolusi Tinggi

Layar pada smartphone sering kali menjadi masalah tersendiri. Ukuran layar yang besar kadang tidak diimbangi dengan tingkat kerapatan pixel yang cukup sehingga membuat gambar terlihat kurang begitu tajam.

Hal berbeda justru ditunjukkan ZenFone 3. Smartphone terbaru ASUS ini justru telah menghadirkan layar dengan berkualitas IPS dengan ukuran layar sebesar 5.2 inci mendukung resolusi FullHD atau (1920×1080) dengan kerapatan pixel 424 ppi.

Dengan layar FullHD ini, ZenFone 3 sangat asik untuk diajak memainkan game. Kecerahan layar 600nits yang dimilikinya akan membuat grafis pada game terlihat sangat detail dan efek yang dihasilkan mendekati sempurna. Ditambah lagi warna yang dihasilkan oleh layar juga pas.

 

12. PixelMaster 3.0 dengan Banyak Fitur Efek

Prinsip kamera smartphone yang simple dan instan membuat ketersediaan aplikasi pendukung kamera menjadi penting. Saya rasa ASUS cukup jeli dengan hal yang satu ini. ASUS ZenFone 3 dibekali dengan aplikasi kamera yang beragam dan dapat semakin mempercantik foto yang telah ditangkap oleh kamera.

Aplikasi yang paling berjasa membuat foto anda semakin cantik di ZenFone 3 adalah ASUS PixelMaster 3.0.

Jika anda sebelumnya telah menggunakan smartphone ASUS, mungkin anda tidak akan asing dengan aplikasi yang bernama PixelMaster. Aplikasi PixelMaster sendiri merupakan aplikasi yang membawa banyak fitur. Namun untuk PixelMaster 3.0, ASUS menghadirkan fitur-fitur baru dengan beragam mode pemotretan.

Review ASUS ZenFone 3

Review ASUS ZenFone 3

Beberapa mode yang ada pada aplikasi PixelMaster meliputi Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse.

 

13. Desain berbeda dan lebih cantik dari seri sebelumnya

Jika desain ZenFone sebelumnya terlihat seperti kurang inovatif dan terlalu monoton, maka anda perlu bergembira dengan hadirnya ASUS ZenFone 3. Smartphone terbaru dari ASUS ini mengalai perubahan desain yang sangat banyak dan membuatnya menjadi lebih cantik dari seri sebelumnya.

Review ZenFone 3

Secara umum, ZenFone 3 dibalut dengan 6.16 mm slim metal frame dan 2.1 mm slim bezel. Selain itu sekarang screen to body ratio dari ASUS Zenfone 3 sudah lebih baik dari sebelumnya yaitu di angka 77.3%. Kesan mewah juga secara langsung muncul karena perpaduan bahan-bahan pendukungnya menyatu sempurna dan terlihat kokoh.

Review ZenFone 3

Layar ZenFone 3 dengan curva glass 2.5D

Untuk melindungi layar dari goresan, ZenFone 3 dilapisi oleh kaca berteknologi 2.5D Curve Glass. Kaca ini bukanlah kaca biasa, tetapi ini adalah kaca buatan Corning yakni Gorilla Glass 3. Seperti diketahui, Corning Gorilla adalah lapisan kaca yang sudah terkenal dengan kekuatan anti baretnya.

Di bagian belakang, ASUS juga melapisi smartphone ini dengan balutan kaca yang sama dengan bagian depan. Benar-benar terlihat cukup aman dan meninggalkan kesan yang premium.

Perbedaan lain yang ada pada desain ZenFone 3 dengn seri sebelumnya adalah terdapat fingerprint yang bentuknya lonjong yang berfungsi sebagai pengunci/pembuka smartphone. Di atas fingerprint itu terdapat kamera utama yang didampingi oleh laser autofocus dan LED. Desainnya benar-benar menyatu banget dan terlihat sempurna.

Review Asus ZenFone 3

Berbicara mengenai frame, ASUS menggunakan metal frame yang terbuat dari bahan aluminium alloy. Bahan ini adalah bahan yang cukup kuat dan merupakan bahan yang dipakai untuk pembuatan badan pesawat tempur, sehingga sudah pasti dapat melindungi smartphone dari kerusakan usai jatuh dari ketinggian.

Dengan desain yang cukup banyak berbeda ini, ZenFone 3 memberikan 4 pilihan warna seperti MOONLIGHT WHITE, SHIMMER GOLD, AQUA BLUE dan SAPPHIRE BLACK. Banyaknya pilihan warna tersebut semakin membuat ZenFone 3 tampil cantik dan terkesan sebagai salah satu smartphone premium walaupun sebenarnya berada di level menengah.

Review Asus ZenFone 3

 

14. Didukung Prosesor Octa Core Snapdragon 625 64-bit 2.0Ghz dan Adreno 560

Sebagai salah satu bagian terpenting dari suatu smartphone, ASUS memboyong prosesor Qualcomm Snapdragon 625 64-bit yang memiliki kecepatan hingga 2GHz dengan 8 inti di dalamnya sebagai otak dari ZenFone 3. Dengan prosesor ini, ZenFone 3 sudah lebih dari cukup untuk diajak bermain game dan VR.

Review ZenFone 3

Belum selesai sampai di situ, ASUS juga memperkuat sisi grafis ZenFone 3 dengan chipset Adreno 506 berkecepatan 650MHz. Bahkan game seperti Final Fantasy, Sim City dan beberapa game VR dapat berjalan dengan lancar dan tanpa glitch.

 

15. Menggunakan Desain Fin Field Effect Transistor untuk efisiensi daya

Supaya dapat dipakai lebih lama, smartphone harus memiliki komponen yang efisien dalam mengkonsumsi daya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ZenFone 3 dibangun dengan pabrikasi 14nm dan menggunakan desain revolusioner Fin Field Effect Transistor. Dengan menggunakan desain ini, prosesor yang digunakan akan mempunyai 35% konsumsi daya yang lebih efisien.

efisiensi-daya

Menurut saya penggunaan desain ini merupakan salah satu langkah yang cerdas dari ASUS untuk ZenFone 3.

 

16. Mendukung Koneksi 4G Dan 3G Secara Bersamaan

Mungkin sudah banyak smartphone yang memiliki slot dual SIM Card, namun nyatanya masih sangat sedikit yang mampu mendukung jaringan 4G dan 3G secara bersamaan.

Review ZenFone 3

ASUS Zenfone 3 sendiri telah mendukung 4G LTE di kedua slot SIM di mana hanya salah satu yang bisa menggunakan 4G sisanya menjadi 2G/3G. Dengan dukungan konektivitas 3G di secondary SIM, Anda juga sudah bisa menggunakan jaringan 3G untuk kualitas telpon yang lebih jernih.

Karena menggunakan LTE Category 7, maka konektivitas ASUS ZenFone 3 diyakini mampu mencapai kecepatan maksimum 300Mbps.

 

17. Audio didukung SonicMaster dan teknologi NoiseZero Talk

Siapa yang tidak mengenal teknologi SonicMaster? Teknologi yang sudah biasa hadir pada perangkat notebook ASUS tersebut kini hadir di perangkat smartphone ZenFone 3.

Review Asus ZenFone 3

Dengan adanya dukungan dari SonicMaster dan sertifikasi High-Res Audio, suara yang dihadirkan oleh ZenFone 3 akan terdengar lebih baik dan jernih. Selain itu, ASUS ZenFone 3 dibangun oleh kontruksi 5 magnet speaker canggih yang mampu memberikan kinerja suara 40% lebih baik.

Untuk keperluan perekaman suara, ZenFone 3 juga dibekali oleh teknologi yang bernama NoiseZero Talk. Dengan teknologi ini, anda dapat menghilangkan suara latar yang berisik dengan mudah.

Jika anda masih ingin mendengarkan suara yang lebih mendalam, pasangkan headphone kompatibel favorit Anda atau earbuds dan nikmati pengalaman kualitas audio High-Res kemana pun Anda pergi dengan ZenFone 3 studio-grade 24-bit/192kHz, pemutaran ini 4x lebih baik dari kualitas CD!

 

18. Mampu Merekam Video Berkualitas 4K

Sebagai salah satu smartphone kelas menengah, ASUS ZenFone 3 rupanya telah dibekali dengan kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 4K, dimana fitur tersebut biasanya hanya hadir di smartphone kelas atas dengan harga yang lebih tinggi.

Review ZenFone 3

Selain mampu merekam video berkualitas 4K, ZenFone 3 juga mampu merekam video hingga 60mps (format Full HD). Dengan kemampuannya tersebut, anda yang sangat senang membuat video pendek pasti akan sangat terbantu.

 

19. Dilengkapi dengan Video Stabilizer

Selain dilengkapi dengan Image Stabilizer untuk mendapatkan gambar foto yang lebih baik, ZenFone 3 rupanya juga dibekali dengan teknologi Video Stabilizer yang bernama Electronic Image Stabilizer yang membantu menstabilkan gambar saat merekam video.

Review ASUS ZenFone 3

Dengan adanya fitur ini, merekam video menjadi lebih mudah dan tidak lagi memerlukan alat khusus atau pasca produksi khusus untuk menstabilkan foto yang berguncang.

 

20. Antarmuka ZenUI 3.0 dengan penambahan Intelegensi

Hardware yang luar biasa menuntut software spektakuler. Atas dasar tersebut ASUS memberikan antarmuka baru lewat ZenUI 3.0.

Review ASUS ZenFone 3

Tampilan Baru Interface ZenFone 3

ZenUI 3.0 tersebut berfungsi untuk meningkatkan interface standar dengan cara yang unik seperti mencerahkan outlook Anda, meningkatkan produktivitas, dan membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih menyenangkan. Anda dapat melihat informasi cuaca dengan animasi real-time, atau memeriksa waktu dengan jam widget yang stylish. ZenUI 3.0 bukan hanya sebuah interface – ia adalah sahabat yang menyertai Anda di manapun.

Jika anda salah seorang yang senang menggunakan temapada smartphone, maka ZenFone 3 adalah pilihan yang tepat karena terdapat ratusan tema yang dapat anda pilih untuk membuat smartphone menjadi lebih hidup dan berwarna.

Kalau masih kurang yakin dengan yang diberikan oleh ASUS ZenFone 3, anda bisa lihat beberapa hasil benchmark berikut:

Review ASUS ZenFone 3

Benchmark ZenFone 3

 

Harga

Untuk mendapatkan smartphone ASUS ZenFone 3 ini, anda cukup merogoh dana sekitar 3-4 jutaan. Harga tersebut dapat dikatakan cukup sesuai dengan performa dan hasil yang diberikan.

 

Video Review

Mau tau lebih tentang seberapa kerennya ASUS ZenFone 3? Silakan saksikan video berikut:


 

Spesifikasi ASUS ZenFone 3

 

Model ASUS ZenFone 3 ZE520KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625 octa core 64-bit 2GHz
GPU Adreno 506 650MHz
RAM 4GB / 3GB RAM
Storage 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 64GB)
Connectivity WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 26 (850), 28 (700), 39 (1900), 40 (2300), Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display 5.2” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  Corning Gorilla Glass 3 display
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery 3.000 mAh / 2600 mAh non removable
Main Camera 16MP Sony Exmor RS™ IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera 8MP, f/2.0, 1080p
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension 146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight 144g
Warna Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold

 

Kesimpulan

Smartphone ini merupakan smartphone kelas menegah yang mampu memberikan kesan premium. Selain itu dengan spesifikasi kamera yang gahar mampu memberikan pengalaman fotografi yang sejatinya kita bisa dapatkan di smartphone kelas atas. Jika budget kita tak banyak namun ingin memiliki smartphone premium, ASUS ZenFone 3 ZE520KL merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan.

Tags:

Leave a Reply